TEKNIK PENYUSUNAN RANCANGAN KOMUNIKASI BISNIS BAGI PENGEMBANGAN UMKM (PEMBIBINGAN CARA MEMBUAT PROPOSAL BISNIS UMKM YANG POTENSIAL UNTUK DIDANAI PADA KELOMPOK MASYARAKAT KECAMATAN PONDOK KELAPA KABUPATEN BENGKULU TENGAH)
Lisa Adhrianti, Yuliati Yuliati
Abstract
Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan aspek potensial untuk menujang kesejahteraan dan menghidupkan perekonomian masyarakat terlebih untuk wilayah kecamatan desa Pondok Kelapa Kabupaten Bengkulu Tengah yang masih belum banyak menghasilkan produk unggulan khas sementara secara geografis di Pondok Kelapa terdapat beberapa objek wisata unggulan Bengkulu seperti pantai Sungai Suci, Taman Wahana Surya, dan Istana Kerajaan Balai Buntar, yang dapat menunjang produk pengembangan UMKM. Usaha kecil rumahan dari warga masyarakat dapat membantu perekonomiam masyarakat sehingga perlu dipersiapkan berbagai hal untuk dapat mengatasi pemasalahan yang terkait dengan bantuan modal atau ide-ide usaha, sehingga pembekalan tentang cara membuat dan mengembangkan ide melalui proposal komunikasi bisnis yang berpeluang besar untuk didanai merupakan hal yang penting untuk diberikan. Manfaat proposal komunikasi bisnis adalah untuk membantu wirausahawan agar dapat berpikir kritis dan objektif atas bidang usaha yang akan dimasukinya, atau dapat dikatakan bahwa proposal usaha merupakan dokumen tertulis yang berisi mengenai usaha baru yang sedang direncanakan oleh masyarakat desa Pondok Kelapa yang berasal dari berbagai daerah yang berbeda-beda, sehingga diharapkan ide tentang usaha yang akan dijalani menjadi beragam. Hasil Pengabdian ini menunjukkan bahwa kesadaran masyarakat terhadap kewirausahaan sudah cukup baik dengan pengamatan bahwa seluruh peserta merupakan ibu-ibu rumah tangga yang telah memiliki bisnis sendiri di area Sungai Suci Bengkulu, serta tingkat pengetahuan dan pemahaman pentingnya kewirausahaan juga sudah sangat disadari oleh peserta sehingga menjadi modal dalam pengembangan usaha.
Keywords
Pengembangan UMKM; Komunikasi Bisnis; Pariwisata Bengkulu
References
Guffrey, Mary Ellen & Dana Loewy. 2013. Business Communication: Process and Product. South Western : Cengage Learning.
Purwanto, Djoko. 2006. Komunikasi Bisnis. Jakarta : Erlangga
Soeryanto Soegoto, Eddy. 2009. “Enterpreneurship: Menjadi Pebisnis Ulung, Jakarta: Kompas Gramedia.
Thoby Mutis. 1995. Kewirausahaan yang Berproses. Jakarta : Grasindo
Sumber Online :
https://bengkuluekspress.com/jumlah-ukm-terus-meningkat/, diakses tanggal 30 Maret 2019, pukul 20.00 wib.
http://internetmarketing.co.id/peran-umkm-bagi-perekonomian-indonesia/, diakses tanggal 30 Maret 2019 pukul 20.30 wib.
DOI:
http://dx.doi.org/10.22441/jam.v6i1.8789
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jurnal Abdi Masyarakat (JAM)
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indexing by :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
.
Jurnal Abdi Masyarakat
Pusat Pengabdian Pada Masyarakat
Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax: +62215871335
p-ISSN: 2460-352X
Online-ISSN: 2686-5623
http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/jam