Pengaruh E-Service Quality, Kepercayaan dan Persepsi Resiko terhadap Keputusan Pembelian Menggunakan Gopay

Mohammad Dino Aulianto Putra, Yennida Parmariza

Abstract


Kemajuan teknologi yang sangat pesat dekade ini menuntut semua perusahaan harus terus-menerus menciptakan inovasi baru agar tetap dapat bertahan. Salah satu contoh financial technology yang sedang marak digunakan saat ini adalah penggunaan dompet digital Gopay sebagai salah satu terobosan fintech dari PT. Aplikasi Karya Anak Bangsa. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah e-service quality, faktor kepercayaan dan persepsi resiko berpengaruh terhadap keputusan pembelian menggunakan Gopay. Penelitian ini menggunakan desain analisis kausal dengan metode penelitian kuantitatif. Alat uji statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan Structural Equation Modeling (SEM) dengan alat analisis Partial Least Square (PLS) versi 3.0 dengan melibatkan sebanyak 105 responden sebagai sampel yg terdiri dari pengguna Gopay pada komunitas mahasiswa Universitas Mercu Buana, Meruya, Jakarta. Jumlah sampel sebanyak 105 orang awalnya adalah 100 responden yg kemudian ditambahkan beberapa sampel dengan mengikuti pendapat Sugiyono (2012) yang menyatakan bahwa 100 orang responden telah bisa memenuhi konsep keterwakilan jika populasi bersifat sang at luas dan tidak diketahui secara pasti. Metode pengambilan sampel menggunakan non-probability sampling dengan teknik purposive sampling  dengan kriteria responden 1) responden mengetahui tentang Gopay; 2) responden sudah menggunakan aplikasi Gopay lebih dari dua kali. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-service quality dan persepsi resiko berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan variable kepercayaan  berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap keputusan pembelian menggunakan aplikasi Gopay.

Keywords


e-service quality; trust; perceived of risk

Full Text:

PDF

References


Firdausya, C. P., & Oktini, D. R. (2019). Pengaruh E-Service Quality Terhadap Keputusan Pembelian (Studi kasus Go-Jek di Bandung). Jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Bandung Vol.5 No. 1

Ghozali, Imam, Hengky Latan. (2015). Konsep, Teknik, Aplikasi Menggunakan Smart PLS 3.0 Untuk Penelitian Empiris. BP Undip. Semarang

Imam Fakhrukh Rozi (2017) The Effect E-Service Quality On Purchasing Decision an online train tickets. (Consumer buyer train tickets online KAI Company, Gubeng Surabaya). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 1(1)

Iswara, Danu (2016). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, Kualitas Informasi, Dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Pembelian, Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Nitisusastro, Mulyadi (2012). Perilaku Konsumen. Alfabeta. Bandung. Swastha, Basu dan Irawan. 2002. Manajemen Pemasaran Modern. Penerbit Liberty, Yogyakarta.

Prasetyo, H. D., & Purbawati, D. (2017). Pengaruh E-Service Quality Dan E- Security Seals Terhadap E-Satisfaction melalui Keputusan Pembelian Konsumen E-Commerce (Studi Kasus pada Konsumen Lazada Indonesia). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 6(1), 164-173.

Tjiptono, Fandy. (2014) Pemasaran Jasa – Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Andi Offset, Yogyakarta

Wong, David. (2017). Pengaruh Ability, Benevolence dan Integrity Terhadap Trust, serta Implikasinya Terhadap Partisipasi Pelanggan E-Commerce: Studi Kasus Pada Pelanggan E-Commerce di UBM. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT. 2. 155-168. 10.36226/jrmb.v2i2.46.

Yosifa, Maria (2016) Hubungan Antara Dimensi-dimensi Persepsi Risiko Berbelanja Online dan Niat Membeli Produk Fashion Pada Wanita Dewasa Awal.




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/jdm.v4i2.12951

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Doktor Manajemen (JDM)



JDM (Jurnal Doktor Manajemen)
P-ISSN: 2622-5352
E-ISSN:2622-9285
Universitas Mercu Buana Program Doktor Manajemen, Gedung Internasional dan Program Pascasarjana Lt.2-3.
Jl. Meruya Selatan No.1, Kembangan, Jakarta Barat 11650

The Journal is Indexed and Journal List Title by:

width= 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats