Pengaruh Total Arus Kas, Komponen Arus Kas Dan Modal Terhadap Laba Bersih Pada Pt. Daya Eika Samudra Medan Periode 2014-2018

Ferawati Ferawati

Abstract


Laporan arus kas merupakan hal yang penting bagi setiap perusahaan didalam persaingan bisnis untuk mempertahankan perusahaannya. Laporan arus kas menyediakan informasi mengenai jumlah kas yang tersedia dalam perusahaan dan penggunaan informasi dalam analisa laporan laba rugi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui arus kas, komponen arus kas dan modal terhadap laba bersih pada PT. Daya Eika Samudra. Penelitian ini dilakukan pada PT. Daya Eika Samudra. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian penelitian deskriptif dan kuantitatif . Metodologi penelitian yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel bebas yaitu total arus kas, komponen arus kas dan modal berpengaruh dan terhadap laba bersih pada PT. Daya Eika Samudra Medan. Pengujian koefisien determinasi yang di sesuaikan ( Adjusted R Square ) diperoleh nilai sebesar 0,230 artinya variabel total arus kas, komponen arus kas, modal berpengaruh sebesar 23% terhadap laba bersih dan 77% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak digunakan dalam penelitian.

Keywords


Arus Kas; Modal; Laba Bersih

References


Badriyah, Hurriyah. 2015. Buku Pintar Akuntansi Dasar Untuk Orang Awam Otodidak Tanpa Guru Disertai Study Kasus. Jakarta : HB

Fitrah, Eva. 2014. Panduan Praktis Step by Step Menyusun Laporan Keuangan Dengan Praktis Secara Otodidak. Jakarta Timur : Laskar Aksara.

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23. Edisi Kesembilan. Cetakan Kesembilan. Jakarta : Universitas Diponegoro.

Halim, Abdul. 2015. Manajemen Keuangan Bisnis Konsep dan Aplikasinya. Edisi Pertama. Jakarta : Mitra Wacana Media

Harahap, Sofyan Sayfri. 2018. Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan Keuangan. Edisi Pertama. Cetakan Keempat belas. Jakarta : PT Rajagrafindo Persada.

Harmono. 2014. Manajemen Keuangan Berbasis Balanced Scorecard Pendekatan, Teori, Kasus dam Riset Bisnis. Edisi Kesatu. Cetakan Ketiga. Jakarta : Bumi Aksara.

Hery. 2016. Financial Ratio for Business Analisis Keuangan Untuk Menilai Kondisi Finansial dan Kinerja Perusahaan. Jakarta : PT Grasindo.

Jumingan. 2014. Analisis Laporan Keuangan. Cetakan Kelima. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Kasmir. 2014. Analisis Laporan Keuangan. Edisi Pertama. Cetakan Ketujuh. Jakarta : Rajagrafindo Persada.

Morissan. 2014. Metode Penelitian Survei. Cetakan Kedua. Jakarta : Kencana.

Riyanto, Bambang. 2016. Dasar-dasar Pembelanjaan Perusahaan. Edisi Keempat. Cetakan Kelimabelas. Yogyakarta : BPFE Yogyakarta.

Sanusi, Anwar. 2014. Metodologi Penelitian Bisnis. Cetakan Keempat. Jakarta : Salemba Empat.

Utari, Dewi; Ari Purwanti dan Darsono Prawironegoro. 2014. Manajemen Keuangan Kajian Praktik dan Teori Dalam Mengelola Keuangan Organisasi Perusahaan. Edisi Revisi. Jakarta : Mitra Wacana Media.

Wahyudiono. 2014. Mudah Membaca Laporan Keuangan. Cetakan Pertama. Jakarta Timur : Perum Bukit Permai.

Wind, Ajeng. 2014. Buku Saku Akuntansi Edisi Paling Lengkap Secara Otodidak. Cetakan Pretama. Jakarta : Laskar Aksara




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/jies.v9i1.11471

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JURNAL ILMU EKONOMI DAN SOSIAL (JIES)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmu Ekonomi dan Sosial (JIES)
Editorial Office:
Pusat Penelitian Universitas Mercu Buana Jakarta, Gedung D Lantai 1,
Jalan Meruya Selatan No. 01, Kembangan, Jakarta Barat 11650.
Phone 021-5840816 Extention 3451 Fax. 021-5840813.
Homepage : http://www.mercubuana.ac.id Email : [email protected]

Portal ISSNPrint ISSN: 2301-9263
Online ISSN: 2621-0371

 

Creative Commons License
Jurnal Ilmu Ekonomi dan Sosial (JIES) and the article sare licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web
Analytics Made Easy - StatCounter
View My Stats

 

The journal was indexed by: