Penerapan Total Quality Management Pada Koperasi di Era Industri 4.0

Terbian Fauzan Sudrajat

Abstract


bahwa di tengah revolusi industri 4.0 koperasi masih bertahan, namun tidak dapat bersaing dengan badan usaha lainnya, padahal koperasi merupakan salah satu tonggak perekonomian bangsa Indonesia yang dapat memperbaiki keadaan perekonomian Indonesia. Agar dapat bertahan koperasi harus melakukan proses adaptasi dengan digitalisasi industri tersebut dengan menerapkan Total Quality Management dimana seluruh kegiatan dalam koperasi dilakuan secara sistematis dengan tujuan untuk mengutamakan kebutuhan anggota, dengan pengelolaan terhadap seluruh sistem dan kegiatan dalam koperasi secara menyeluruh.


Keywords


cooperatives; industrial revolution 4.0; total quality management

Full Text:

PDF

References


BPS. (2020). Jumlah Koperasi Aktif Menurut Provinsi (Unit), 2018-2020. Badan Pusat Statistik Republik Indonesia. https://www.bps.go.id/indicator/13/760/1/jumlah-koperasi-aktif-menurut-provinsi.html

Budiarto, M. B., Humaedi, S., Apsari, N., & Raharjo, S. T. (2017). Penguatan Kelembagaan Koperasi bagi Petani Kopi dan Tembakau di Desa Genteng Kecamatan Sukasari Kabupaten Sumedang. Jurnal Penelitian Dan PKM, 4(2), 129–389.

Charantimath, P. M. (2017). Total Quality Management. Pearson India Education Service Pvt. Ltd.

DPR-RI. (1992). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 1992 Tentang Perkoperasian.

Goetsch, D. L., & Davis, S. B. (2016). Quality Management for Organizational Excellence: Introduction to Total Quality. Pearson Education Inc.

Hamdan. (2018). Industri 4.0: Pengaruh Revolusi Industri pada Kewirausahaan Demi Kemandirian Ekonomi. Jurnal Nusamba, 3(2), 1–8.

Helmina, U., & Aji, A. W. (2020). Penerapan Total Quality Management terhadap Dampak Kinerja Manajerial dan Laba Perusahaan pada UMKM Yogyakarta. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 7(1), 10–15.

Isna, Z. A., Sugihardjo, & Lestari, E. (2020). Persepsi Anggota terhadap Unit Usaha Susu Koperasi Unit Desa (KUD) Cepogo Kecamatan Cepogo Kabupaten. Agricore, 5(2), 183–194.

Lasi, H., Fettke, P., Kemper, H. G., Feld, T., & Hoffmann, M. (2014). Industri 4.0. Business & Information Systems Engineering, 6(4), 239–242.

Morra, R., Arman, H., & Mousa, S. (2017). The Fourth Industrial Revolution (Industry 4.0): A Socil Innovation Perspective. Technology Innovation Management Review, 7(11), 12–21.

Muller, J. M., Maier, L., Veile, J., & Voigt, K.-I. (2017). Cooperation Strategies among SMEs for Implementing Industry 4.0. Hamburg International Conference of Logistics 23, 301–318.

Mumtaha, H. A., & Khoiri, H. A. (2019). Analisis Dampak Perkembangan Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0 pada Perilaku Masyarakat Ekonomi (E-Commerce). Pilar Teknologi: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Teknik, 4(2).

Ridhuan, S. (2019). Koperasi Era Millennial dalam Perspektif Ketahanan Nasional. Jurnal Ekonomi, 10(1), 28–36.

Rustidja, E. S., Untari, U., Karyani, T., & Risti, N. (2017). Pengaruh Citra Layanan Koperasi terhadap Partisipasi Anggota. Jurnal Agribisnis Dan Sosial Ekonomi Pertanian, 2(2), 291–357.

Santosa, P. B. (2004). Eksistensi Koperasi: Peluang dan Tantangan di Era Pasar Global. Dinamika Pembangunan, 1(2), 111–112.

Sawitri, D. (2019). Revolusi Industri 4.0: Big Data Menjawab Tantangan Revolusi Industri 4.0. Jurnal Ilmiah Maksitek, 4(3), 1–9.

Schwab, K. (2016). The Fourth Industrial Revolution. World Economic Forum.

Sil, M., & Kassiavera, S. (2018). Analisis Total Quality Management terhadap Kinerja Manajerial pada Usaha Mikro, Kecil dan Menengah dalam Era Globalisasi. The National Conferences Management and Business, 208–221.

Soetjitro, P. (2010). Instrumen Total Quality Management (TQM) sebagai Pilihan Alat Pengendalian. Value Added, 6(2), 49–61.

Sujarwo, & Listiawati, R. (2018). Pengembangan Bisnis Koperasi Kampus (Era Milenial dan Revolusi Industri Ke-4.0). Mitra Akademia, 1(2), 1–6.

Sumantri, B. A., & Permana, E. P. (2017). Manajemen Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM): Perkembangan, Teori dan Praktek. Fakultas Ekonomi Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Suryokumoro, H., & Ula, H. (2020). Menelaah Koperasi Era Onimbus Law. Mulawarman Law Review, 5(2), 80–96.

Syahza, A., & Indrawati, H. (2010). Pemberdayaan Koperasi Berbasis Agribisnis di Daerah Pedesaan. Sosiohumaniora, 12(3), 207–220.

Toar, A. R., Pangemanan, S. S., & Sabijono, H. (2016). Penerapan Total Quality Management untuk Meningkatkan Kinerja Manajerial pada PT. PLN (Persero) Cabang Manado. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 16(4), 509–520.

Venkateshwarlu, N., Ashish, A., & Kulshershtha, M. (2011).

Implementation of TQM: A Case Study in an Auto Company. Asia-Pasific Business Review, 7(2), 74–82.




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/jies.v10i2.12326

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmu Ekonomi dan Sosial (JIES)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmu Ekonomi dan Sosial (JIES)
Editorial Office:
Pusat Penelitian Universitas Mercu Buana Jakarta, Gedung D Lantai 1,
Jalan Meruya Selatan No. 01, Kembangan, Jakarta Barat 11650.
Phone 021-5840816 Extention 3451 Fax. 021-5840813.
Homepage : http://www.mercubuana.ac.id Email : [email protected]

Portal ISSNPrint ISSN: 2301-9263
Online ISSN: 2621-0371

 

Creative Commons License
Jurnal Ilmu Ekonomi dan Sosial (JIES) and the article sare licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web
Analytics Made Easy - StatCounter
View My Stats

 

The journal was indexed by: