STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN SEKOLAH WALISONGO BEKASI DALAM MENARIK MINAT PESERTA DIDIK BARU

Dewi Ambarsari

Abstract


Strategi komunikasi pemasaran bagi lembaga non komersial seperti sekolah merupakan hal penting karena dengan komunikasi pemasaran, sekolah dapat menginformasikan kepada masyarakat tentang produk-produk atau program yang ada di sekolah untuk meningkatkan minat masyarakat, sehingga masyarakat dalam hal ini calon peserta didik secara langsung dapat mengetahui berbagai informasi ata program yang dimiliki sekolah.

Ukuran keberhasilan strategi komunikasi pemasaran dapat dilihat dari tingkat kesadaran dan hasrat masyarakat terhadap produk atau program yang ditawarkan sampai pada tindakan seseorang mengambil keputusan atau merekomendasikan kepada orang lain.

Masalah yang dibahas pada penelitian ini adalah Bagaimana Strategi Komunikasi Pemasaran Sekolah Walisongo Bekasi dalam Menarik Minat Peserta Didik Baru. Pertanyaan ini muncul karena peneliti melihat bahwa Sekolah Walisongo Bekasi yang berdiri sejak tahun 1992 dan terletak pada lokasi strategis dengan total luas tanah 1,2 ha ini mempunyai peserta didik dari tingkat TK hingga SMK di Tahun Ajaran 2022/2023 hanya 294 siswa.

Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui bagaimana strategi komunikasi pemasaran yang digunakan Sekolah Walisongo Bekasi dalam menarik minat peserta didik baru dengan menggunakan Analisis STOP-SIT, yang merupakan syarat mutlak keberadaan suatu strategi komunikasi pemasaran, yaitu Segmentation, Targeting, Objectives, Positioning, Sequance of tool, Intergrating dan Tools.

Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui pengamatan, wawancara mendalam, serta dokumentasi. Narasumber dari penelitian ini adalah Humas dan tim PPDB Sekolah Walisongo Bekasi. Penelitian ini berlangsung dari bulan Juni sampai Juli 2023.

Hasil penelitian yang diperoleh tentang strategi komunikasi pemasaran Sekolah Walisong Bekasi berdasarkan pada Analisis STOP-SIT adalah Sekolah Walisongo Bekasi belum menjalankan tujuh unsur yang ada. Dari tujuh unsur yang merupakan syarat mutlak keberadaan suatu strategi komunikasi pemasaran, Sekolah Walisongo hanya menjalankan 3 unsur yaitu targeting, sequence of Tools dan tools serta belum mengelola media social secara maksimal terutama Website.

Luaran penelitian yang ditargetkan yaitu Publikasi Jurnal pada Jurnal Ilmu Ekonomi dan Sosial (JIES). Penelitian ini diharapkan bermanfaat dalam kajian Ilmu Komunikasi serta dapat memberikan masukan bagi Sekolah Walisongo Bekasi dalam melakukan strategi komunikasi pemasaran. 


Keywords


Komunikasi Pemasaran, Strategi Komunikasi Pemasaran, Analisis STOP-SIT, Minat, Peserta Didik

Full Text:

PDF

References


Ahmad Susanto. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia.

Alfansyur, A. and Mariyani. 2020 ‘Seni mengelola data: penerapan triangulasi teknik, sumber dan waktu pada penelitian pendidikan sosial’, Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Sejarah, 5(2), pp. 146–150.

Anang Firmansyah. 2019. Komunikasi Pemasaran. IKAPI

Assauri, S. 2013. Manajemen Pemasaran; Dasar, Konsep dan Strategi. Jakarta: PT. Grafindo Persada

Arifin Zainal. 2014. Penelitian Pendidikan (Metode Paradigma Baru). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Djali. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Djamarah Bahri Syaiful. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Dr. Redi Panuju, M.Si. 2019. Komunikasi Pemasaran. Prenadamedia Group

Ibrahim. 2015. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Penerbit Alfabeta

Ilham Prisgunanto. 2006. Komunikasi Pemasaran, Strategi dan Taktik. Ghalia Indonesia

Ismawati, dkk. 2017. Manajemen dan Strategi Komunikasi Pemasaran. Zahir Publishing

Kennedy, John. E; R Dermawan Soemanagara., 2006. Marketing Communication - Taktik dan Strategi. Jakarta. PT Buana Ilmu Populer (kelompok Gramedia)

Kriyanto, R. 2006. Teknik Praktis Riset Komunikasi. 1st edn. Jakarta: Kencana.

Kotler, Philip & Gary Amstrong. 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran Edisi 13 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. 2016. Marketing Management, (16thEdition). New Jersey: Prentice Hall Published.

Limakrisna, N & Wiihelmus S, H. 2012. Manajemen Pemasaran: Teori dan Aplikasi dalam Bisnis. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Makmun Khairani, 2014. Psikologi Belajar. Yogyakarta: Aswaja Pressindo

Moleong, Lexy J. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung:PT Remaja Rosdakarya.

Muhibbinsyah. 2010. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nata Abuddin. 2010. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Prenada Media Group

Opan Arifudin, S.Pd, M.Pd, dkk. 2020. Manajemen Pemasaran Pendidikan. Penerbit: Widina.

Paul Peter, Jerry C. Olson, 2010. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran, Jakarta: Salemba Baru.

Sugiono. 2020. Memahami Penelitian Kualitatif. 6th edn. Bandung: Alfabeta.

Tasnim, dkk. 2021. Komunikasi Pemasaran. Yayasan Kita Menulis.

Tohirin. 2016. Metode Penelitian Kualitatif dalam Pendidikan dan Bimbingan Konseling. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Wahimurni. 2017. Pemaparan Metode Penelitian Kualitatif. UIN Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan

Winarni, E. W., & Kusumaningtyas, R. A. 2018. Teori dan Praktik Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R & D (1st ed.). Bumi Aksara.

Yusuf, Z, A. 2015. Manajemen Komunikasi (Filosofi, Konsep, dan Aplikasi) Bandung: Pustaka Setia.

Internet:

Afifah Riana, Pertimbangan dalam Memilih Sekolah Untuk Anak. http://edukasi.kompas.com/amp/read/2013/01/18/08280233/pilihsekolahyangtepat.apa.saja.pertimbangannya. Diakses pada hari Jumat, Selasa, 10 Januari 2023

Republik Indonesia, Undang- undang Republik Indonesia No.14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen & Undang-undang Republik Indonesia No 20 Tahun 2003 tentang siskdinas, (Bandung: Permana, 2006)




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/jies.v12i1.21854

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmu Ekonomi dan Sosial (JIES)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmu Ekonomi dan Sosial (JIES)
Editorial Office:
Pusat Penelitian Universitas Mercu Buana Jakarta, Gedung D Lantai 1,
Jalan Meruya Selatan No. 01, Kembangan, Jakarta Barat 11650.
Phone 021-5840816 Extention 3451 Fax. 021-5840813.
Homepage : http://www.mercubuana.ac.id Email : [email protected]

Portal ISSNPrint ISSN: 2301-9263
Online ISSN: 2621-0371

 

Creative Commons License
Jurnal Ilmu Ekonomi dan Sosial (JIES) and the article sare licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web
Analytics Made Easy - StatCounter
View My Stats

 

The journal was indexed by: