Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Mediasi (Studi Pasar Desa di Kabupaten Bantul)
Abstract
Artikel yang berjudul Pengaruh Kulaitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Kepuasan Konsumen sebagai Variabel Mediasi (Studi Pada Konsumen Pasar Desa di Kabupaten Bantul) bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas konsumen melalui mediasi kepuasan konsumen. Objek penelitian ini adalah konsumen pasar desa yang berada di Kabupaten Bantul. Sampel dalam penelitian ini adalah 200 konsumen pasar desa, yang diharapkan dapat mewakili populasi konsumen pasar desa yang berada di Kabupaten Bantul. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen, kepuasan konsumen berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen dan kepuasan konsumen memediasi pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas konsumen.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustin , I., Budiantono, B., & Hastuti, T. (2021). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Yang Dimediasi Kepuasan Konsumen Ahass Tawangsari Motor Lawang. The 2nd Widyagama National Conference on Economics and Business. Malang.
Arianty, R., Zulfikry, A., & Sukarno. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan Mobile Banking terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah Bank BUMN di Makassar. Jurnal Maksipreneur, 11(2), 269-283.
Griffin. (2005). Customer Loyalty. Jakarta: Erlangga.
Hidayat, D. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Yang Dimediasi Oleh Kepuasan Pelanggan. JIM, 3(1), 27-40.
Kotler, P., & Amstrong. (2018). Prinsip-Prinsip Marketing. Jakarta: Salemba Empat.
Kurniasari, N., & Ernawati, N. (2012). Pengaruh Kepuasan Pelanggan, Kepercayaan dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Laundry Kencling Semarang. Jurnal Mahasiswa Q-Man, 1(3), 57-68.
Muktiono. (2014). Pengaruh Kualitas Pelayanan Inti dan Kualitas Pelayanan Periferal terhadap Kepuasan Pelanggan serta Dampaknya terhadap Minat Word Of Mouth pada Bengkel PT. Nasmoco Gombel Semarang. Semarang: Diponegoro Jurnal of Management.
Rizal, H., & Abdi. (2017). Analisis Perbedaan Persepsi Konsumen Terhadap Merek Aplikasi Pesan Instan Whatsapp dan Line Berdasarkan Citra Merek, Fitur, Desain, dan Kelompok Acuan. Diponegoro Journal of Management, 6(4), 1-14.
Sangadi, M., & Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Penerbit Andy.
Subandi. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Yang Domediasi Kepuasan Mahasiswa. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Aktual, 19(1), 40-53.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alphabet.
Tjiptono, F. (2016). Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta: Penerbit Andy.
Tjiptono, F., & Candra, G. (2017). Pemasaran Strategik. Yogyakarta: Penerbit Andy.
Utami, C. (2006). Manajemen Ritel dan Implementasi Ritel Modern. Jakarta: Salemba Empat.
Wulandari, R. (2019). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada PT Smartfren Telecom Tbk Cabang Sukabumi. Jurnal EKONOMAK, 5(3), 1-17
DOI: http://dx.doi.org/10.22441/jies.v12i2.24456
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmu Ekonomi dan Sosial (JIES)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Ilmu Ekonomi dan Sosial (JIES)
Editorial Office:
Pusat Penelitian Universitas Mercu Buana Jakarta, Gedung D Lantai 1,
Jalan Meruya Selatan No. 01, Kembangan, Jakarta Barat 11650.
Phone 021-5840816 Extention 3451 Fax. 021-5840813.
Homepage : http://www.mercubuana.ac.id Email : [email protected]
Print ISSN: 2301-9263 | |
Online ISSN: 2621-0371 |
Jurnal Ilmu Ekonomi dan Sosial (JIES) and the article sare licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.