Penerbitan Surat Rekomendasi Pembelian BBM Jenis Tertentu secara online sebagai bentuk digitalisasi Pelayanan Publik di UPTD TPI Kota Probolinggo

Citra Dwitasari, Satunggale Kurniawan

Abstract


Pelayanan publik merupakan bagian dari kewajiban pemerintah dalam memenuhi hak-hak warganya. Dengan kemajuan teknologi yang semakin canggih dan berkembang, Pemerintah dituntut untuk melakukan inovasi dalam pemberian pelayaan kepada publik. Salah satu bentuk inovasinya yaitu digitalisasi Pelayanan Publik yang telah dilakukan berupa Pelayanan Penerbitan Surat Rekomendasi Pembelian BBM Jenis Tertentu secara online. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan gambaran umum mengenai Penerapan digitalisasi Pelayanan Publik melalui Penerbitan Surat Rekomendasi Pembelian BBM Jenis Tertentu secara online pada Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Probolinggo melalui UPTD TPI Kota Probolinggo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif  kualitatif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Probolinggo telah menerapkan digitalisasi PelayananPublik yaitu Penerbitan Surat Rekomendasi Pembelian BBM Jenis Tertentu secara online. Digitalisasi ini merupakan salah satu bentuk inovasi dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik.

 


Keywords


Surat Rekomendasi, Digitalisasi, Pelayanan Publik

References


Lovelock, H. Christopher. 1992. Managing Service : Marketing, Operations and Humn Resource, New Jessery : Prentice Hal, Englewood Cliffs

Hardiyansyah, 2011. Kualitas Pelayanan Publik Konsep, Dimensi, Indikator, dan Implementasinya. Yogyakarta : Gava media

Nurrahman, Dimas, Ma’sum dan Ino. 2021. Pemanfaatan Website sebagai bentuk Digitalisasi Pelayanan Publik di Kabupaten Garut. Jurnal Teknologi dan Komunikasi Pemerintahan Vol. 3, No.1

https://www.goodnewsfromindonesia.id/2022/02/05/upaya-digitalisasi-layanan-publik-dalam-sektor-pemerintahan

Peraturan Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2023

Undang-undang Nomor 25 Tentang Pelayanan Publik




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/jies.v12i3.24660

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmu Ekonomi dan Sosial (JIES)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Ilmu Ekonomi dan Sosial (JIES)
Editorial Office:
Pusat Penelitian Universitas Mercu Buana Jakarta, Gedung D Lantai 1,
Jalan Meruya Selatan No. 01, Kembangan, Jakarta Barat 11650.
Phone 021-5840816 Extention 3451 Fax. 021-5840813.
Homepage : http://www.mercubuana.ac.id Email : [email protected]

Portal ISSNPrint ISSN: 2301-9263
Online ISSN: 2621-0371

 

Creative Commons License
Jurnal Ilmu Ekonomi dan Sosial (JIES) and the article sare licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web
Analytics Made Easy - StatCounter
View My Stats

 

The journal was indexed by: