MEMBENTUK KINERJA KARYAWAN DENGAN MEMINIMALKAN PERILAKU MENGELUH KARYAWAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh perilaku komplain, komitmen karyawan dan kecerdasan emosi terhadap kinerja karyawan pada PT. PGN MAS. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Objek penelitian ini adalah 75 karyawan PT. PGN MAS. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Model Persamaan Struktural Komponen atau Varians dengan alat analisis Smart-PLS. Hasil penelitian menunjukkan perilaku mengeluh yang berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Komitmen karyawan yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Kecerdasan emosional yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan.
Keywords
Perilaku Mengeluh, Komitmen Karyawan, Kecerdasan Emosional, Kinerja Karyawan.
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.22441/jimb.v5i2.6843
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis
Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax: +62215871335
ISSN: 2460-8424
E-ISSN: 2655-7274
http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/jimb
This journal is indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.