ANALISIS RASIO PROFITABILITAS DAN RASIO LIKUIDITAS DALAM MENGUKUR KINERJA KEUANGAN PT. GUDANG GARAM TBK PERIODE 2014-2018

Listiawati Listiawati, Erni Kurniasari

Abstract


Kinerja keuangan merupakan salah satu alat ukur yang dapat menilai keberhasilan perusahaan dalam menghasilkan laba. Pengukuran kinerja keuangan menggunakan Rasio Profitabilitas dengan alat ukur profit margin, return on asset dan return on equity sedangkan Rasio Likuiditas diukur menggunakan current ratio dan quick ratio.

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui rasio profitabilitas dilihat dari Profit Margin, Return On Asset, dan Return On Equity serta rasio likuiditas dilihat dari Current Ratio dan Quick Ratio. Menganalisis kinerja keuangan yang diukur dengan rasio profitabilitas dan rasio likuiditas berdasarkan pendapat Kasmir. Jenis penelitian yang dilakukan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang didasarkan pada asumsi, pengumpulan data dan desain penelitian bersifat fleksifel atau dapat berubah. Sumber data yang diambil yaitu data sekunder dan dokumentasi dan teknik pengumpulan data dengan cara observasi, dokumen, dan triangulasi. Prosedur analisis data dengan analisis laporan keuangan PT.GUDANG GARAM TBK. Berdasarkan pendapat Kasmir. Untuk pemeriksaan keabsahan data penulis menggunak antrian gulasi dan kredibilitas.

Hasil penelitian pengukuran kinerja keuangan PT. GUDANG GARAM TBK.dilihat dari rasio profitabilitas dan rasio likuditas, serta berdasarkan pendapat Kasmir periode 2014-2018 dapat dikatakan sebagai perusahaan yang kurang baik karena nilai rata-rata perhitungan kinerja keuangan selama lima tahun dibawah nilai standar ukur.

Kesimpulan dari penelitian ini bahwa rasio profitabilitas dan rasio likuiditas dibawah nilai standar ukur sehingga perusahaan agar kinerja profitabilitas dapat meningkat salah satu cara yang bisa dilakukan perusahaan adalah dengan meminimalisir pengeluaran perusahaan, mengurangi beban yang tidak diperlukan, dan menunda investasi baru. Sedangkan untuk menjaga likuiditas perusahaan perlu meningkatkan arus kas.


Keywords


Pengukuran Kinerja Keuangan, Rasio profitabilitas dan Rasio likuiditas

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.22441/jimb.v6i1.7778

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis



Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax: +62215871335

ISSN: 2460-8424
E-ISSN: 2655-7274


http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/jimb

This journal is indexed by:

   

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Web
Analytics Made Easy - StatCounter
View My Stats