PENGARUH LEVERAGE, ORIENTASI EKSPOR, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN DALAM INDUSTRI BARANG KONSUMSI DI INDONESIA

Putri Andari Ferranti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu tentang hubungan antara profitabilitas perusahaan dengan tingkat leverage, orientasi ekspor, dan ukuran perusahaan pada perusahaan-perusahaan dalam sektor industri barang konsumsi di pasar modal Indonesia. Metode yang digunakan adalah analisa deskripsi, uji-t, dan regresi berganda. Hasil yang ditemukan secara garis besar mendukung teori pecking order, dimana perusahaan lebih memilih mengambil sumber dana internal terlebih dahulu ketika profitabilitas mencukupi, diindikasikan dengan pengaruh negatif tingkat leverage kepada profitabilitas perusahaan. Orientasi ekspor perusahaan memiliki bukti lemah dalam memperkuat hubungan ini.


Keywords


Leverage; profitabilitas; ekspor; ukuran perusahaan

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.22441/jimb.v6i3.9283

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax: +62215871335

ISSN: 2460-8424
E-ISSN: 2655-7274


http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/jimb

This journal is indexed by:

   

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Web
Analytics Made Easy - StatCounter
View My Stats