Analisis Sentimen Masyarakat Terhadap Kondisi Perekonomian di Indonesia Pada Masa Pandemi 2020

Krisna Abhi Padhana

Abstract


Masyarakat Indonesia banyak yang memperbincangkan isu ekonomi Indonesia pada masa pandemi Covid-19 2020 di media sosial. Salah satu isu yang diperbincangkan yaitu mengenai resesi Indonesia dimana sudah ada masyarakat yang memperbincangkan hal ini di media sosial sebelum Indonesia mengalami resesi. Masyarakat yang khawatir dan membahas isu ekonomi ini lebih cenderung untuk menuangkan opini negatif di media sosial. Untuk itu dibuat analisis sentimen data opini publik mengenai ekonomi Indonesia di media sosial khususnya twitter. Sehingga dapat diklasifikasikan sentimen setiap opini dan mempermudah mendeteksi isu ekonomi yang ada pada kumpulan opini publik yang bersentimen negatif. Dan dapat dianalisa dan dijadikan acuan oleh pihak yang memerlukan apakah memerlukan penanganan atau tidak. Klasifikasi sentimen pada penelitian ini dibuat menggunakan algoritma Naïve Bayes, Support Vector Machine, dan K-Nearest Neighbor dengan menggunakan metode cross validation 10 fold dengan 3 skenario random percentage split. Dari hasil evaluasi dari ketiga model tersebut diketahui bahwa algoritma Support Vector Machine dengan percentage split 90:10 memiliki kinerja paling baik yang menghasilkan akurasi sebesar 95,53%.

Full Text:

PDF

References


Andika, L. A., Azizah, P. A. N., & Respatiwulan, R. (2019). Analisis Sentimen Masyarakat terhadap Hasil Quick Count Pemilihan Presiden Indonesia 2019 pada Media Sosial Twitter Menggunakan Metode Naive Bayes Classifier. Indonesian Journal of Applied Statistics, 2(1), 34. https://doi.org/10.13057/ijas.v2i1.29998

Febrianti, Y. M., Indriati, I., & Widodo, A. W. (2018). Analisis Sentimen Pada Ulasan “Lazada ” Berbahasa Indonesia Menggunakan K-Nearest Neighbor ( K-NN ) Dengan Perbaikan Kata Menggunakan Jaro Winkler Distance. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 2(10), 3689–3698. http://j-ptiik.ub.ac.id

Kusuma, H. (2020). Indonesia Resmi Resesi! Ekonomi Kuartal III-2020 Minus 3,49%. https://finance.detik.com

Lengkong, N. C., Safitri, O., Machsus, S., Putra, Y. R., Syahadati, A., & Nooraeni, R. (2021). Analisis Sentimen Penerapan Psbb Di Dki Jakarta Dan Dampaknya Terhadap Pergerakan Ihsg. Jurnal Teknoinfo, 15(1), 20. https://doi.org/10.33365/jti.v15i1.866

Luqyana, W. A., Cholissodin, I., & Perdana, R. S. (2018). Analisis Sentimen Cyberbullying Pada Komentar Instagram dengan Metode Klasifikasi Support Vector Machine. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer (J-PTIIK) Universitas Brawijaya, 2(11), 4704–4713.

Oyebode, O., & Orji, R. (2019). Social Media and Sentiment Analysis: The Nigeria Presidential Election 2019. 2019 IEEE 10th Annual Information Technology, Electronics and Mobile Communication Conference, IEMCON 2019, October, 140–146. https://doi.org/10.1109/IEMCON.2019.8936139

Pajri, D., Umaidah, Y., & Padilah, T. N. (2020). K-Nearest Neighbor Berbasis Particle Swarm Optimization untuk Analisis Sentimen Terhadap Tokopedia. Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi, 6(2), 242–253. https://doi.org/10.28932/jutisi.v6i2.2658

Perekonomian, K. K. B. (2016). Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian. https://www.ekon.go.id/

Pravina, A. M., Cholissodin, I., & Adikara, P. P. (2019). Analisis Sentimen Tentang Opini Maskapai Penerbangan pada Dokumen Twitter Menggunakan Algoritme Support Vector Machine ( SVM ). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer (J-PTIIK) Universitas Brawijaya, 3(3), 2789–2797.

Pujianto, U. (2016). Strategi Resampling Berbasis Centroid Untuk Menangani Lunak. Teknno, 25(Maret), 1–6.

Ruz, G. A., Henríquez, P. A., & Mascareño, A. (2020). Sentiment analysis of Twitter data during critical events through Bayesian networks classifiers. Future Generation Computer Systems, 106(January), 92–104. https://doi.org/10.1016/j.future.2020.01.005

Sadikin, M., & Alfiandi, F. (2018). Comparative Study of Classification Method on Customer Candidate Data to Predict its Potential Risk. International Journal of Electrical and Computer Engineering (IJECE), 8(6), 4763. https://doi.org/10.11591/ijece.v8i6.pp4763-4771

Ulfah, A. N., & Anam, M. K. (2020). Analisis Sentimen Hate Speech Pada Portal Berita Online Menggunakan Support Vector Machine (SVM). JATISI (Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi), 7(1), 1–10. https://doi.org/10.35957/jatisi.v7i1.196

Wibowo, A. T., & Fitrianah, D. (2018). a K-Nearest Algorithm Based Application To Predict Snmptn Acceptance for High School. International Research Journal of Computer Science (IRJCS), 5(01), 9–20. https://doi.org/10.26562/IRJCS.2018.JACS10083

Wijanarto, W., & Brilianti, S. P. (2020). Peningkatan Performa Analisis Sentimen Dengan Resampling dan Hyperparameter pada Ulasan Aplikasi BNI Mobile. Jurnal Eksplora Informatika, 9(2), 140–153. https://doi.org/10.30864/eksplora.v9i2.333

Wisnu, H., Afif, M., & Ruldevyani, Y. (2020). Sentiment analysis on customer satisfaction of digital payment in Indonesia: A comparative study using KNN and Naïve Bayes. Journal of Physics: Conference Series, 1444(1), 0–10. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1444/1/012034

Yamali, F. R., & Putri, R. N. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Ekonomi Indonesia. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 4(2), 384. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v4i2.179


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmu Teknik dan Komputer

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Jurnal Ilmu Teknik dan Komputer
Alamat Redaksi :
Pusat Penelitian Universitas Mercu Buana Jakarta,
Gedung D Lantai 1, Jalan Meruya Selatan No. 01, Kembangan, Jakarta Barat 11650.
Telepon 021-5840816 Pesawat 3451 Fax. 021-5840813.
Homepage : http://www.mercubuana.ac.id Email : [email protected]
P-ISSN 2548-740X
E-ISSN 2621-1491

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Web Analytics Made Easy - StatCounter
View My Stats