Implementasi Web Augmented Reality Sebagai Alternatif Edukasi Sistem Tata Surya Menggunakan Google Model Viewer dan Javascipt

Prio Pambudi, Oky Dwi Nurhayati, Agung Budi Prasetijo

Abstract


Augmented Reality merupakan teknologi yang menempatkan suatu gambar visual dari grafis komputer ke dunia nyata. Saat ini Augmented Reality banyak digunakan dalam berbagai bidang, salah satunya yaitu bidang pendidikan sebagai alternatif media pembelajaran. Berdasarkan penelitian, didapatkan hasil dengan kelayakan penggunaan Augmented Reality sebagai media pembelajaran sebesar 93,8% dalam kondisi valid. Salah satu pelajaran yang dirasa tepat untuk menerapkan teknologi Augmented Reality sebagai alternatif edukasi adalah mata pelajaran sains yaitu pada lingkup pengenalan Tata Surya. Berdasarkan latar belakang tersebut, didapatkan solusi untuk membuat Web Augmented Reality. Tujuan dari pembuatan Web Augmented Reality ini adalah untuk memberikan pembelajaran Tata Surya terhadap Siswa SD N 1 Baleraksa. Web Augmented Reality ini dibangun menggunakan bahasa pemrograman Javascript dan dikembangkan menggunakan metode Scrum. Metode pengembangan Scrum memiliki tiga tahap utama yaitu Perencanaan, Development, dan Project Closure. Web Augmented Reality diuji menggunakan 2 metode yaitu pengujian kotak hitam (blackbox), serta pra-uji dan pasca-uji. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan hasil pengujian kotak hitam seluruh fungsi berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Pada pengujian pra-uji dan pasca-uji mendapatkan nilai pra-uji sebesar 46.5 dan nilai pasca-uji sebesar 67.8, sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan Web Augmented Reality mampu memberikan pengaruh dalam
meningkatkan pemahaman siswa mengenai Tata Surya.


Keywords


Augmented Reality; Solar System; Agile Method

Full Text:

PDF

References


R. E. Saputro and D. I. S. Saputra, “Pengembangan Media Pembelajaran Mengenal Organ Pencernaan Manusia Menggunakan Teknologi Augmented Reality,” J. Buana Inform., vol. 6, no. 2, pp. 153– 162, 2015, doi: 10.24002/jbi.v6i2.404.

S. Balandin, I. Oliver, S. Boldyrev, A. Smirnov, N. Shilov, and A. Kashevnik, “Multimedia services on top of M3 Smart Spaces,” Proc. - 2010 IEEE Reg. 8 Int. Conf. Comput. Technol. Electr. Electron. Eng. Sib., vol. 13, no. 2, pp. 728–732, 2010, doi: 10.1109/SIBIRCON.2010.5555154.

T. P. R. N. Hapsari and A. Wulandari, “Analisis Kelayakan Buku Ajar Milenial Berbasis Augmented Reality (AR) sebagai Media Pembelajaran Teks Prosedur di Magelang,” Diglosia J. Kaji. Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, vol. 3, no. 4, pp. 351– 364, 2020, doi: 10.30872/diglosia.v3i4.125.

W. P. Putra and I. G. A. O. Negara, “Pengembangan Multimedia Sistem Tata Surya pada Muatan IPA,” Mimb. Ilmu, vol. 26, no. 1, p. 108, 2021, doi: 10.23887/mi.v26i1.32183.

I. Haryadi, Rudi; Rosiana, “Pengaruh sistem pembelajaran daring terhadap motivasi dan kualitas belajar siswa,” Bimbing. Konseling, vol. 11, no. 2, pp. 136–141, 2020, [Online]. Available: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJBK/index

Haida Dafitri, Arief Budiman, and Fakhrana Nadhila, “Peranan Teknologi Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran,” J. Sist. Inf., vol. 04, no. 02, pp. 1–10, 2020.

T. A. Ananda, N. Safriadi, and A. S. Sukamto, “Penerapan Augmented Reality Sebagai Planet-Planet Di Tata Surya,” J. Sist. dan Teknol. Inf., vol. 1, no. 1, pp. 1–6, 2015.

A. Wirfs-Brock and B. Eich, “JavaScript: The first 20 years,” Proc. ACM Program. Lang., vol. 4, no. HOPL, 2020, doi: 10.1145/3386327.

S. Al-Saqqa, S. Sawalha, and H. Abdelnabi, “Agile software development: Methodologies and trends,” Int. J. Interact. Mob. Technol., vol. 14, no. 11, pp. 246–270, 2020, doi: 10.3991/ijim.v14i11.13269. H. Vu-Ngoc et al., “Quality of flow diagram in systematic review and/or meta-analysis,” PLoS One, vol. 13, no. 6, pp. 1–16, 2018, doi: 10.1371/journal.pone.0195955.

S. Sabharwal, P. Kaur, and R. Sibal, “Empirical and Theoretical Validation of a Use Case Diagram Complexity Metric,” Int. J. Inf. Technol. Comput. Sci., vol. 9, no. 11, pp. 35–47, 2017, doi: 10.5815/ijitcs.2017.11.04.

R. Roth, “User Interface and User Experience (UI/UX) Design,” Geogr. Inf. Sci. Technol. Body Knowl., vol. 2017, no. Q2, 2017, doi: 10.22224/gistbok/2017.2.5.

M. A. T. Pratama and A. T. Cahyadi, “Effect of User Interface and User Experience on Application Sales,” IOP Conf. Ser. Mater. Sci. Eng., vol. 879, no. 1, 2020, doi: 10.1088/1757-899X/879/1/012133.

H. Danial and Ismiyati, “Bumi Kita dalam Tata Surya,” pp. 1–44, 2020, [Online]. Available: https://emodul.kemdikbud.go.id/A-IPA-16/A-IPA-16.pdf

M. Andarwati, F. Amrullah, E. Thamrin, and A. R. Muslikh, “An Analysis of Point of Sales (POS) Information Systems in SMEswith The Black Box Testing and PIECES Method,” Artic. IOSR J. Bus. Manag., vol. 22, no. 9, pp. 20–25, 2020, doi: 10.9790/487X-2209052025.

T. G. M. Rabail Alam, “Comparative Analysis Between Pre-test/Post-test Model and Post-test-only Model in Achieving the Learning Outcomes,” Pakistan J. Ophthalmol., vol. 35, no. 1, pp. 4–8, 2019, doi: 10.36351/pjo.v35i1.855




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/jitkom.2023.v7i1.009

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmu Teknik dan Komputer

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Jurnal Ilmu Teknik dan Komputer
Alamat Redaksi :
Pusat Penelitian Universitas Mercu Buana Jakarta,
Gedung D Lantai 1, Jalan Meruya Selatan No. 01, Kembangan, Jakarta Barat 11650.
Telepon 021-5840816 Pesawat 3451 Fax. 021-5840813.
Homepage : http://www.mercubuana.ac.id Email : [email protected]
P-ISSN 2548-740X
E-ISSN 2621-1491

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Web Analytics Made Easy - StatCounter
View My Stats