Penerapan Algoritma AES 256 Database MySQL Pada Aplikasi Berbasis Web

Bimo Prakoso

Abstract


Seiring berkembangnya teknologi informasi dalam keseharian khususnya masyarakat Indonesia dan di dunia pada umumnya. Perubahan besar dan signifikan yang terjadi pada saat pandemi Covid-19 membuat perilaku masyarakat yang sering berinteraksi secara tatap muka kini lebih memilih untuk berkomunikasi secara virtual. Sejalan dengan dinamika tersebut, banyak instansi pemerintahan pun menerapkan layanan-layanan digital dimana pelayanan publik kini bisa dilakukan secara elektronik. Kebocoran data di Indonesia yang kerap terjadi tak luput dari semakin berkembangnya teknologi digital yang secara tidak langsung di pelopori oleh pandemi Covid-19 yang membuat banyak pihak ingin mendapatkan keuntungan dari data pengguna. Penelitian ini dimaksudkan untuk menambah keamanan dari segi basis data yang dienkripsi menggunakan metode algoritma AES 256 pada aplikasi web Penilaian Kinerja Pegawai. Perbedaan dengan penelitian terkait sebelumnya adalah terletak pada penggunaan metode AES. Jika pada penelitian sebelumnya dibuat enkripsi AES pada URL aplikasi web agar tidak dapat dibobol peretas dari URL yang terlihat di browser menggunakan software sniffer seperti wireshark, penulis meletakkan algoritma AES pada sisi basis data agar saat terjadi kebocoran data, walaupun peretas bisa melihat isi basis data namun tetap tidak dapat menggunakan data pengguna karena telah ter-enkripsi.


Keywords


Algoritma, AES 256, Database, Aplikasi, PHP.

Full Text:

PDF

References


R. Andriyanto, Khairijal and D. Satria, "Penerapan Kriptografi AES Class Untuk Pengamanan URL WEBSITE Dari Serangan SQL INJECTION," in UNITEK. Vol.13. No.1 , Januari – Juli, 2020.

M. Fathur, "TANGGUNG JAWAB TOKOPEDIA TERHADAP KEBOCORAN DATA PRIBADI KONSUMEN," in NCOLS, 2020.

A. Prihantini, Master Bahasa Indonesia, Yogyakarta: PT Bentang Pustaka, 2015.

R. S. N. Aswita, I. Gunawan, Z. M. Nasution, Sumarno and H. S. Tambunan, "“IMPLEMENTASI ALGORITMA AES DAN RC4 TERHADAP KEAMANAN DATA PRODUK BENIH SAYURAN DI PT. EWINDO”," in Jurnal Sosial Sains Vol. 1 No. 6, 2021, pp. Volume 1, Nomor 6 , Juni 2021.

A. I. Suranta and D. V. S. Y. Sakti, "Penerapan Algoritma AES (Advance Encryption Standart) 128 untuk Enkripsi Dokumen di PT. Gunung Geulis Elok Abadi," in SKANIKA: Sistem Komputer dan Teknik Informatika, Volume 5, Nomor 1,, Januari 2022, pp. 1-10.

D. M. O. Wibowo, E. D. Astuti and H. Sibyan, "IMPLEMENTASI ALGORITMA ADVANCED ENCRYPTION STANDARD (AES) UNTUK KEAMANAN QR-CODE SEBAGAI DIGITAL SIGNATURE PADA APLIKASI E-SURAT," in Journal of Economic, Business and Engineering (JEBE) Vol. 3, No. 1, 2021.

N. I. Wibowo, T. A. Maulana and N. Aini, "Perbandingan Algoritma Klasifikasi Sentimen Twitter Terhadap Insiden Kebocoran Data Tokopedia," in JISKa, Vol. 6, No. 2, MEI,, 2021, pp. 120-129.

A. Nugrahantoro, A. Fadlil and I. Riadi, "Optimasi Keamanan Informasi Menggunakan Algoritma Advanced Encryption Standard (AES) Mode Chiper Block Chaining (CBC)," in JURNAL ILMIAH FIFO, http://dx.doi.org/10.22441/, 2020.

J. Allan, J. Andjarwirawan and L. P. Dewi, "Implementasi Algoritma AES, ElGamal, dan SHA3 untuk Keamanan File Digital," in PETRA Vol 9, No 2, https://publication.petra.ac.id/ index.php/teknik-informatika/article/ view/11431/0, 2021.

R. Priambudi, Jayanta and C. Nugrahaeni, "Penerapan Algoritma Kriptografi AES (Advanced Encryption Standard) dan Algoritma Kompresi RLE (Run Length Encoding) Untuk Pengamanan File Dokumen," in Jurnal Format Volume 11 Nomor 1 Tahun, 2022.

Khoiruddin and Ubaidi, "ANALISA TRAFFIC JARINGAN MENGGUNAKAN SQUID PROXY SERVER UNTUK PENINGKATAN PERFORMA AKSES INTERNET DI UNIVERSITAS MADURA," in Jurnal Insand Comtech, Vol. 6, No. 2,, 2020.

K. I. Santoso and W. Priyoatmoko, "PENGAMANAN DATA MySQL PADA E-COMMERCE DENGAN ALGORITMA AES 256," in Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia, 1 Nopember 2019.

Irfan Kurnia Nurhareza and Siswanto Siswanto, “PENERAPAN ALGORITMA KRIPTOGRAFI AES 256 UNTUK MENGAMANKAN DOKUMEN BERBASIS WEB PADA KELURAHAN BELENDUNG”, in Seminar Nasional Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi (SENAFTI), 6 September 2022.

U Salamah, A Purnomo, “APLIKASI SIMPAN PINJAM KOPERASI PADA PT. PRIMANTARA BERBASIS MOBILE MENGGUNAKAN ALGORITMA FIFO”, Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer), 8 Maret 2020.

B Komala, A Kodar, “MODEL RESERVASI MASSAGE BERBASIS WEBSITE MENGGUNAKAN ALGORITMA FIFO DENGAN METODE SCRUM”, Jurnal Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi, 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/jitkom.2023.v7i1.001

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Ilmu Teknik dan Komputer

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Jurnal Ilmu Teknik dan Komputer
Alamat Redaksi :
Pusat Penelitian Universitas Mercu Buana Jakarta,
Gedung D Lantai 1, Jalan Meruya Selatan No. 01, Kembangan, Jakarta Barat 11650.
Telepon 021-5840816 Pesawat 3451 Fax. 021-5840813.
Homepage : http://www.mercubuana.ac.id Email : [email protected]
P-ISSN 2548-740X
E-ISSN 2621-1491

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Web Analytics Made Easy - StatCounter
View My Stats