PERANCANGAN BUSINESS INTELLIGENCE DENGAN KONSEP DATA WAREHOUSE OLAP UNTUK MENGETAHUI KEMAMPUAN MAHASISWA PADA JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA MERCU BUANA JAKARTA

Agit Muhammad

Abstract


OLAP merupakan suatu metode yang dapat melakukan analisis terhadap data yang terdapat didalam media pemyimpanan (database) yang nantinya akan dibuat menjadi multidimensional yang dapat memberikan laporan yang menjadi keinginan user. Dengan menyajikan data yang multidimensi, OLAP dapat memberikan data yang lebih mudah untuk disajikan dan dianalisis. Hasil dari OLAP akan memberikan hasil yang lebih strategis dan juga taktis dalam dunia Pendidikan khususnya Lembaga Pendidikan disalah satu Universitas swasta yaitu Universitas Mercu Buana Jakarta sehingga dapat menganalisa mahasiswa dari aplikasi ini agar Lembaga Pendidikan dapat memberikan keputusan yang lebih cepat dan tentusaja akurat.
Di sini perancangan konsep bisnis intelejen dianggap sangat tepat dalam mengumpulkan informasi yang terkait dengan kemampuan pada setiap mahasiswa di jurusan Teknik informatika universitas mercu buana Jakarta. Dalam pelaksanaannya system yang dibangun ini akan mengumpulkan beragam informasi tentang mahasiswa mulai dari nilai, matakuliah, dan nilai smester, termasuk minat dan bakat dalam UKM yang diikuti oleh setiap mahasiswa dan dimasukan kedalam database.
Ide untuk mengembangkan rancangan bisnis intelejen dengan menggunakan OLAP berangkat dari tulisan yang dibuat oleh I G N Alit Widana P pada program studi Teknik informatika Fakultas IKST. Universitas Dhyana Pura. Badung Bali, berjudul Aplikasi Bisnis Intelejen Dengan Konsep OLAP Pada Jurusan Teknik Informatika UPN Veteran Yogyakarta yang diterbitkan pada jurnal Teknologi Informasi dan Komputer Volume 1, nomor 1 Januari 2015.
Yang berbeda dari kajian yang dilakukan di sini adalah selain studi kasusnya di Universitas Mercu Buana juga menambahkan informasi tentang keterlibatan mahasiswa dalam kegiatan UKM untuk mengetahui minat dan bakat mahasiswa. Disini kami juga focus mengembangkan data warehouse sebagai tempat pengumpulan data dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir.

Keywords


OLAP; Business Intelligence; database

Full Text:

PDF

References


Hakim, Dimara Kusuma. (2011). Implementasi Online Analytical Processing (Olap) Pada Studi Kasus Sistem Informasi Manajemen Perijinan Menggunakan Alat Bantu Microsoft Business Intelligence Development Studio. Techno. [email protected].

I G N Alit Widana P. (2015). Aplikasi Busines Intelligence Dengan Konsep Olap Pada Jurusan Teknik Informatika Upn ”Veteran” Yogyakarta. Jurnal Teknologi Informasi dan Komputer, [email protected].

Khotimah Khusnul & Sriyanto. (2016). Perancangan Dan Implementasi Data Warehouse Untuk Mendukung Sistem Akademik. Jurnal TIM Darmajaya, [email protected].

Meza Silvana., Ricky Akbar., Derisma. (2017). Pengembangan Model Business Intelligence Manajemen Rumah Sakit untuk Peningkatan Mutu Pelayanan. Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika (JEPIN). [email protected].

Syarli., Rosmawati Tamin., Akhmad Qashlim. (2018). Perancangan Business Intelligence System Pada Gudang Farmasi Dinas Kesehatan Kabupaten Mamasa. Jurnal Keteknikan dan Sains (JUTEKS). [email protected].


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmu Teknik dan Komputer

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Jurnal Ilmu Teknik dan Komputer
Alamat Redaksi :
Pusat Penelitian Universitas Mercu Buana Jakarta,
Gedung D Lantai 1, Jalan Meruya Selatan No. 01, Kembangan, Jakarta Barat 11650.
Telepon 021-5840816 Pesawat 3451 Fax. 021-5840813.
Homepage : http://www.mercubuana.ac.id Email : [email protected]
P-ISSN 2548-740X
E-ISSN 2621-1491

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Web Analytics Made Easy - StatCounter
View My Stats