Pemilihan Aplikasi Jasa Transportasi Daring Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW)

Tissa Maharani

Abstract


Dalam beberapa kurun waktu terakhir, jasa transportasi daring mulai banyak bermunculan, namun hanya beberapa jasa transportasi saja yang dapat bertahan lama. GoJek dan Grab merupakan dua jasa transportasi daring teratas di Indonesia. Tentunya ada kriteria yang membuat dua merek ini bertahan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pemilihan aplikasi GoJek dan Grab berdasarkan 107 responden yang menggunakan aplikasi jasa transportasi daring menggunakan metode SAW (Simple Additive Weighting) dengan empat kriteria, yaitu cara penggunaan aplikasi, kualitas aplikasi, citra merek dan kepercayaan pengguna terhadap merek. Hasil dari penelitian ini berdasarkan perhitungan rangking akhir yang didapat, untuk kriteria cara penggunaan aplikasi sebesar 0.27 atau 27% oleh GoJek dan 0.212 atau 21% oleh Grab, untuk kriteria kualitas sebesar 0.3399 atau 33% oleh GoJek dan 0.236 atau 23% oleh Grab, untuk kriteria citra merek sebesar 0.1 atau 10% oleh GoJek dan 0.0637 atau 6,3% oleh Grab, dan untuk kriteria kepercayaan pengguna terhadap merek sebesar 0.29 atau 29% oleh GoJek dan 0.2044 atau 20% oleh Grab. Terlihat dari rangking akhir, kriteria kualitas aplikasi paling berpengaruh dalam pemilihan aplikasi jasa transportasi daring.  Total akhir rangking diperoleh GoJek sebagai aplikasi jasa transportasi daring paling banyak digunakan, sebesar 0.9999 atau 99% dari 107 responden.


Keywords


Jasa Transportasi Daring;Pemilihan Aplikasi;Simple Additive Weighting

Full Text:

PDF

References


Hatmaji, T.D. (2018). Sistem Pendukung Pengambilan Keputusan Pemilihan Gitar Elektrik Dengan Metode SAW (Simple Additive Weighting) Jurusan Teknik Informatika Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Oktaviani. N, Merlina, N dan Nurmalasari. (2018). “Pemilihan Jasa Pengiriman Terbaik Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW)”. Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi, Volume 6, Nomor 4.

Pawestri, D. (2013). Perbandingan Penggunaan Metode AHP Dan Metode SAW Untuk Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Paket Layanan Internet Jurusan Informatika. Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Setiawan, M.R. (2016). Analisis Pengaruh Service Quality Dan Perceived Usefullnes Terhadap Brand Image Serta Dampaknya Pada Brand Trust, Studi Kasus Go-Jek di DKI Jakarta Jurusan Manajemen UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Sukerti, N.K. (2018). “Sistem Pendukung Keputusan Menggunakan Simple Additive Weighting Method (SAW) Dalam Merekomendasikan Objek Wisata Di Pulau Nusa Penida”. Seminar Nasional Royal, STMIK Royal – AMIK Royal, hal 93-98.

Veronika, G. (2020). “Penerapan Sistem Pendukung Keputusan Dalam Menentukan E-Commerce Terbaik Dengan Menggunakan Metode SAW”. Jurnal Media Informatika Budidarma, Volume 4, Nomor 1, hal. 225-228.


Refbacks



Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmu Teknik dan Komputer

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Jurnal Ilmu Teknik dan Komputer
Alamat Redaksi :
Pusat Penelitian Universitas Mercu Buana Jakarta,
Gedung D Lantai 1, Jalan Meruya Selatan No. 01, Kembangan, Jakarta Barat 11650.
Telepon 021-5840816 Pesawat 3451 Fax. 021-5840813.
Homepage : http://www.mercubuana.ac.id Email : [email protected]
P-ISSN 2548-740X
E-ISSN 2621-1491

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Web Analytics Made Easy - StatCounter
View My Stats