Analisis system suspensi roda belakang pada kendaraan roda tiga e-niaga geni biru

Kangsa Efit s

Abstract


Kenyamanan dan keamanan dari pengendara kendaraan dapat ditentukan dari kestabilan dan Laju kendaraan. Kestabilan dari laju kendaraan E-Niaga Geni Biru salah satunya ditentukan oleh ketepatan dari pemilihan dan perancangan sistem suspensi yang dipasang pada roda depan dan roda belakang. Namun dalam perkembangannya tidak semua sistem suspensi mampu memberikan kenyamanan dan kestabilan yang optimal. Dalam hal ini analisis kenyamanan dalam berkendaran difokuskan pada kemampuan sistem suspensi dalam menstabilkan guncangan. Data  hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan memperhitungkan kondisi jalan bergelombang beban yang diangkut 90 kg serta kecepatan yang sudah ditentukan (20 km/jam, 30 km/jam, dan 40 km/jam) pada kendaraan E-Niaga Geni Biru menunjukkan tingkat kestabilan dan kenyamanan dari kendaraan E-Niaga Geni Biru tersebut masih tergolong normal, karena tidak melebihi dari batas maksimum area kerja Suspensi yang digunakan, yaitu sebesar 90 mm. Dari hasil penelitian didapatkan defleksi pegas tertinggi sebesar 45,60 mm dengan kondisi jalan bergelombang, dan dengan beban 90 kg, serta kecepatan yang digunakan 40 km/jam. Data hasil penelitian didapatkan dengan bantuan alat khusus pengukur defleksi pegas yaitu sensor Ultrasonik SRF-04. Dari hasil penelitian juga ditemukan bahwa tingkat defleksi pegas tinggi ketika berada pada kondisi jalan yang bergelombang, serta semakin tinggi juga tingkat defleksi pegas ketika beban dinaikkan.

Keywords


Suspensi, Pegas daun, Kendaraan listrik, Shock Absober, Sensor Ultrasonik SRF-04.

Full Text:

PDF

References


Corespondence, E. (2021). Uji Kerja Dinamis Sistem Suspensi Pada Kendaraan Atv.

(2), 67–70.

Diploma, P., Disusun, T., & Nim, A. F. (2019). Analisa toe in toe out pada mobil listrik

killowatt (kw) laporan tugas akhir.

Disusun, T. A., Nim, N., Akbar, I., & Saputra, S. (2020). Analisis Uji Tekan Pada

Suspensi Mobil Listrik.

Ismail. (2020). Perancangan Sepeda Manual Menjadi Sepeda Listrik Menggunakan

Komponen Penggerak Motor Listrik, Baterai Dan Kontroler.

Mulyono. (2007). Uji Kinerja Dinamis Sitem Suspensi dan Analisis Stabilitas Micro

Car. https://lib.unnes.ac.id/

Raksodewanto, A. A. (2020). Membandingkan mobil listrik dengan mobil

konvensional. Institut Teknologi Indonesia, 89–92.

Romney & Steinbart. (2018). Bab Ii Landasan Teori. Journal of Chemical Information

and Modeling, 53(9), 8–24.

Said, F. A., Adiluhung, H., & Pujiraharjo, Y. (2022). Perancangan Sepeda Motor

Listrik Untuk Masyarakat Urban Diperkotaan ( Designing Electric Motors For Urban Communites In Engineering ). 9(1), 491–507.

Herlambang A, F, 2017. Rancang Bangun Mobil Listrik Dengan Differential Untuk

Pengujian Slalom. Tugas Akhir, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Harapan

Bersama, Tegal.

Wiyono Y, P, A, dkk., 2018. Sistem Transmisi Otomatis Dengan Metode

Continuosly Variable Transmision Pada Mobil Listrik. Universitas Telkom

Bandung. E-proceeding of Engineering Vol. 05, No. 03, ISSN : 2355-9365.

Usman Mukhamad Khumaidi dan Syarifudin, 2016. Rancang Bangun Suspensi

Belakang Tipe Swing Arm Pada Mobil Listrik Tuxuci 2.0 Politeknik Harapan

Bersama. Politeknik Harapan Bersama. Jurnal Nozzle, Vol. 5, No. 2

Simanullang, S. D. S. (2019). Pengaruh Berat Beban Terhadap Efisiensi Motor

Pada Rancang Bangun Sepeda Motor Listrik Menggunakan Motor BLDC 3

KW. Elektro, Departemen Teknik Teknik, Fakultas Utara, Universitas

Sumatera.

Suparyadi, Andriana. (2017). Tugas Akhir Analisis Perhitungan Kekuatan Pegas

Daun Pada Isuzu Panther Grand Touring TBR 541 Tahun 2005. Bandung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Journal of New Energies and Manufacturing

INDEXED IN


Publisher Address:
Universitas Mercu Buana
Program Studi Teknik Mesin
Jl. Meruya Selatan No. 1, Jakarta 11650, Indonesia
Phone/Fax. (+6221) 5871335
Email [email protected]
Homepage http://teknikmesin.ft.mercubuana.ac.id/

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.