Optimasi Penempatan Gardu Distribusi Sisip CS3 Menggunakan Metode Buffering Gardu Pada Mapping Jaringan Pelanggan di PT PLN (Persero) UID Banten UP3 Cikupa

Prihatini Utami, Badaruddin Badaruddin

Abstract


Permasalahan listrik yang sering dialami oleh pelanggan yang terletak di ujung jaringan yaitu tegangan yang diterima relatif lebih rendah. Jatuh tegangan mengakibatkan peralatan listrik milik pelanggan tidak dapat difungsikan dengan maksimal hingga menyebabkan kerusakan pada peralatan listrik. Pada penelitian ini gardu yang mengalami jatuh tegangan adalah Gardu Distribusi CS3 yang melayani konsumen umum wilayah PT. PLN (Persero) UP3 Cikupa, tepatnya di Kp Solear Ds. Solear. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dilakukan pembangunan gardu sisip dengan menggunakan metode buffering sehingga dapat direncanakan lokasi yang tepat untuk pemasangan gardu sisip dan wilayah jangkauan gardu. Berdasarkan hasil penelitian menggunakan metode buffering didapatkan prosentase jatuh tegangan sebelum pemasangan gardu sisip sebesar 28.8% untuk phasa R, 30.9% untuk phasa S, 29.4% untuk phasa T. Setelah dilakukan pemasangan gardu sisip nilai jatuh tegangan menjadi 3.2% untuk phasa R, 1.8% untuk phasa S, dan 1.8% untuk phasa T.  


Keywords


Gardu distribusi; gardu sisip; jatuh tegangan; metode buffering

Full Text:

PDF

References


S. Azzahra, O. Handayani and S. Auliya. “Studi Perbaikan Jatuh Tegangan dan Rugi Daya pada Jaringan Tegangan Rendah dengan Pembangunan Gardu Sisip Tipe Portal.” Jurnal. Sekolah Tinggi Teknik PLN. Jakarta, (2019)

Kelompok Pembakuan Bidang Transmisi dengan Surat Keputusan Direksi Perusahaan Umum Listrik Negara: Standar Perusahaan Listrik Negara Tegangan – tegangan Standar SPLN I : 1995. PT Perusahaan Listrik Negara (Persero). Jakarta, 1995.

Kelompok Kerja Standar Kontruksi Disribusi Jaringan Tenaga Listrik dan Pusat Penelitian Sains dan Teknologi Universitas Indonesia: Standar Konstruksi Gardu Distribusi dan Gardu Hubung Tenaga Listrik. PT Perusahaan Listrik Negara (Persero). Jakarta, 2010.

D. Kurniawan, “Analisis Perbaikan Tegangan Ujung Dengan Membangun Gardu Sisip di PT PLN (Persero) Area Serpong”. Universitas Mercu Buana Jakarta, 2017.

K. Naim. “Analisa Rugi Daya Dan Jatuh Tegangan Pada Sistem Distribusi Tegangan Rendah Area BTN Hamzy Dan BTN Antara.” Jurnal Politeknik Negeri Ujung Pandang Makasar. 2016

E. K. Prahasta, “Sistem Informasi Geografis Konsep-konsep Dasar”. Bandung, 2009




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/jte.2020.v11i3.007

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Teknologi Elektro

Publisher Address:
Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax: +62215871335
Email: [email protected]
Website of Electrical Engineering
http://teknikelektro.ft.mercubuana.ac.id

p-ISSN : 2086-9479
e-ISSN : 2621-8534
Jurnal URL : http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/jte
Jurnal DOI: 10.22441/jte

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.

Web
Analytics Made Easy - StatCounter
View My Stats

The Journal is indexed by: