Analisis Pengaruh Kalibrasi Pompa Injeksi Tipe Inline dan Injektor Motor Diesel Terhadap Volume dan Tekanan Penginjeksian

Rinasa Agistya Anugrah

Abstract


Pemakaian Motor Diesel dalam jangka waktu tertentu akan menurunkan performa mesinnya sehingga perlu dilakukan perawatan berkala. Metode dalam perawatan berkala Motor Diesel diantaranya dengan kalibrasi pompa injeksi dan injektor. Kalibrasi pompa injeksi dan injektor dilakukan untuk mendapatkan bentuk pengabutan (atomisasi) bahan bakar yang baik. Indikator kualitas pengabutan bahan bakar dapat ditinjau dari volume dan tekanan penginjeksian yang sesuai dengan standard atau tidak. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kalibrasi pompa injeksi tipe inline dan injektor pada Motor Diesel 6 silinder terhadap volume dan tekanan penginjeksian. Metode kalibrasi yang pertama adalah menghubungkan pompa injeksi pada alat kalibrasi dan menghubungkan porosnya pada motor penggerak dengan putaran 1100 rpm. Kedua, mengaktifkan saklar AC dan DC agar solenoid aktif dan membuka katup sehingga bahan bakar dapat mengalir, hal ini dilakukan selama 1 menit. Langkah selanjutnya adalah memeriksa tekanan penginjeksian dan volume bahan bakar yang keluar lalu dibandingkan dengan standarnya. Untuk mendapatkan hasil yang sesuai standard maka dilakukan penyetelan aliran bahan bakar dengan memutar fuel load adjusting screw pada pompa injeksi setiap 90° dan adjusting screw pada injector. Hasil dari pengujian setelah dilakukan kalibrasi diperoleh hasil yang sesuai standard yaitu tekanan penginjeksian 22 MPa atau 3200 psi dan volume penginjeksian rata-rata 13,5 cc.


Keywords


Motor Diesel, pompa injeksi inline, injektor, kalibrasi, volume dan tekanan penginjeksian

References


Ashari, A., Wahab, A., & Marlina, E. (2016). Pengaruh Variasi Tekanan Injektor Dan Putaran Terhadap Performa Dan Gas Buang Pada Motor Diesel. Jurnal Teknik Mesin UNISMA, 6(1), 1–6. http://riset.unisma.ac.id/index.php/jts/article/view/655

Bejger, A., & Drzewieniecki, J. B. (2020). A new method of identifying the limit condition of injection pump wear in self-ignition engines. Energies, 13(7). https://doi.org/10.3390/en13071601

McAllister, S., Chen, J.-Y., & Fernandez-Pello, C. (2011). Fundamentals of Combustion Processes (F. F. Ling (ed.)). Springer. https://doi.org/10.1007/978-1-4419-7943-8

PT. Toyota Astra Motor. 1980. Toyota Diesel Engine, Service Training Information. Japan: Toyota Motor Sales CO.LTD, Japan

Pulkrabek, W. W. (2013). Engineering Fundamentals of the Internal Combustion Engine. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9). Prentice Hall. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Syahyuniar, R. (2017). Kalibrasi Pompa Injeksi Tipe Distributor dalam Persamaan Aliran Bahan Bakar Terhadap Konsumsi Tiap Silinder Engine Diesel. Jurnal Elemen, 4, 61–69.

Tarigan, K., Hasballah, & Malau, B. D. (2020). Pengaruh Kalibrasi Pompa Injeksi Sebaris Pada Mesin Diesel Terhadap Emisi Gas Buang dan Konsumsi Bahan Bakar. Jurnal Teknologi Energi Uda, 9, 62–73.




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/jtm.v10i1.10192

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Teknik Mesin

Jurnal Teknik Mesin (JTM)
Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Mercu Buana
Jl. Meruya Selatan No. 01, Kembangan, Jakarta Barat 11650, Indonesia
Email: [email protected]
Telp.: 021-5840815/ 021-5840816 (Hunting)
Fax.: 021-5871335

JTM is indexed by the following abstracting and indexing services:

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats