ANALISIS STUDI KONSUMSI ENERGI SISTEM TATA UDARA PASSIVE CHILLED BEAM DAN ACTIVE CHILLED BEAM PADA GEDUNG PERKANTORAN DI INDONESIA

Ikhsan Inayaturrakhman, Andi Firdaus Sudarma

Abstract


Salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam perencanaan sistem tata udara adalah tingkat konsumsi energi karena sistem tata udara merupakan penyumbang energi terbesar pada bangunan. Beberapa alternatif dihasilkan dari perkembangan teknologi sistem tata udara bisa menjadi pilihan untuk mendapatkan sistem tata udara yang optimal dan efisien dalam hal konsumsi energi, salah satunya adalah Chilled Beam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem tata udara yang paling efisien antara sistem Passive Chilled Beam dan Active Chilled Beam dibandingkan dengan standar nilai Intensitas Konsumsi Energi (IKE) gedung efisien di Indonesia. Analisis metode kuantitatif digunakan untuk mendapatkan nilai konsumsi energi pada kedua sistem tata udara dengan menentukan kriteria kondisi ruangan, melakukan perhitungan beban dan seleksi chilled beam dihasilkan beban pendinginan sebesar 753.14 kW. Berdasarkan pemakaian pada jam operasional kantor (08.00 – 17.00) = 9 jam maka didapatkan hasilnya bahwa sistem Active Chilled Beam memiliki nilai Intensitas Konsumsi Energi (IKE) yang lebih efisien yaitu sebesar 74.86 kWh/m2.tahun dibandingkan dengan sistem Passive Chilled Beam dengan konsumsi energi 98.04 kWh/m2.tahun.


Keywords


Sistem tata udara, chilled beam, passive chilled beam, active chilled beam, efisiensi energi, intensitas konsumsi energi.

References


Gunawan, Buku Pedoman Energi Efisiensi untuk Desain Bangunan Gedung di Indonesia, Energy Efficiency and Conservation Clearing House, Jakarta: Direktorat Jenderal Energi Terbarukan dan Konservasi Energi dan Sumber Daya Mineral Indonesia, 2012.

Belimo, "Chilled Beam," 17 April 2022. [Online]. Available: https://www.belimo.com/se/en_GB/energy-valve/hvac-applications/chilled-beam.html.

ASHRAE, Handbook Fundamental I-P Edition, Atlanta: ASHRAE, 2017.

ASHRAE and REHVA, Active and Passive Beam Application Design Guide, Atlanta: ASHRAE, 2015.

BPPT & UNDP, "Benchmark Specific Energy Consumption di Bangunan Komersial," Balai Besar Teknologi Konsumsi Energi, Tangerang Selatan, 2020.

GBCI, Panduan Teknis Perangkat Penilaian Bangunan Hijau Bangunan Baru, Jakarta: Green Building Council Indonesia, 2018.

Industries Limited Price, "Engineering Guide - Active & Passive Chilled Beam," Price, p. 5, 2011.

L. Haider, "Performance evaluation of active chilled beam systems for office buildings," A literature review Sustainable Energy Technologies and Assessments, vol. 52, p. 10, 2022.




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/jtm.v12i1.16305

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Teknik Mesin

Jurnal Teknik Mesin (JTM)
Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Mercu Buana
Jl. Meruya Selatan No. 01, Kembangan, Jakarta Barat 11650, Indonesia
Email: [email protected]
Telp.: 021-5840815/ 021-5840816 (Hunting)
Fax.: 021-5871335

JTM is indexed by the following abstracting and indexing services:

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats