Analisa Perencanaan Perawatan Untuk Mengurangi Biaya Downtime Pada Unit Mesin Produksi Air Bersih Menggunakan Metode Age Replacement Di Perumda Air Minum Tirta Terubuk Bengkalis

Syahrul Azizi, Akmal Indra

Abstract


Proses produksi sebuah pengolahan air bersih merupakan unsur penting yang harus beroprasi secara stabil untuk memperoleh hasil yang maksimal, hal ini membutuhkan dukungan dari mesin-mesin atau peralatan yang bekerja secara optimal. Sehingga dibutuhkan kegiatan pemeliharaan mesin secara optimal dan terencana. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian yang bersifat statistika deskriptif, menggunakan metode age replacement. Dengan mengambil objek penelitian peralatan mesin-mesin produksi. Berdasarkan analisa yang telah dilakukan untuk menentukan jadwal preventive pada proses produksi air bersih maka dapat ditentukan interval waktu 4 hari untuk proses intake, 30 hari untuk proses flokulasi, 30 hari untuk proses sedimentasi dan 6 hari untuk proses distribusi, penentuan interval waktu ini dipengaruhi oleh banyaknya penggantian dan waktu yang dibutuhkan untuk perbaikan. Perbandingan minimasi downtime yang telah diperoleh dari proses pengolahan data yaitu sebesar 0.00629 atau 5% untuk proses intake, 0.00122   atau 1 % untuk proses flokulasi, 0.00147 atau 1% untuk proses distribusi, dan 0.00469 atau 7% untuk proses distribusi.  


Keywords


Age Replacement,downtime, optimal perencanaan perawatan dan preventive maintenance

References


DAFTAR PUSTAKA

Abbas, S. Bahtiar ; Steven, Edi Christian, Harry; Sumanto, Tedy. 2009.

“Penjadwalan preventive maintenance mesin B. Flute pada PT. AMW “Universitas Bina Nusantara Jakarta

Assauri 2008, p134. “Perawatan/ Maintenance merupakan/ kegiatan untuk memelihara atau menjaga fasilitas atau peralatan pabrik dengan mengadakan perbaikan atau penyesuaian atau penggantian yang diperlukan supaya tercipta suatu keadaan.

Corder, A. S 1998, p1.” Pengertian Perawatan adalah suatu kombinasi dari berbagai tindakan yang dilakukan untuk menjaga suatu barang, atau mempe rbaikinya sampai suatu kondisi yang bisa diterima.

Djunaidil, Much; Bakdiyono, Eko.”Minimasi biaya perawatan dengan menggunakan metode Maintenance policy. ” Jurnal ilmiah teknik industri. (2012). 207.

Maryulina, Asnelly. 2010 Analis Pemeliharaan Mesin Produksi Pada PT. P&P Bangkinang di Desa Simalinyang. ”Universita Islam Negri Sulthan Syarif Kasim RIAU.

Susano, Dwi, Agustinus ; Azwir, Hamdi, Hery. 2018 “Perencanaan perawatan pada unit Kompresor type screw dengan metode RCM di Indusrtri Otomotif.

Supandi, 1999, p25.”Perawatan/ Maintenance adalah suatu konsepsi dari semua aktivitas yang diperlukan untuk menjaga atau mempertahankan kualitas peralatan agar dapat berfungsi dengan baik seperti dalam kondisi sebelumnya”.

Wirawan Krisnandi, Juliandi ; Soemadi, Kusmaningrum ; Herni Mustofa, Fifi, 201 ”Optimasi penggantian komponen pada lokomotif DE CC 201 seri 99 menggunakan metode age replacement” di PT. KAI, ITENAS Bandung. (2014).

Yosua, Purnama, Jaka ; Putra, Anggara; Kalamollah, Moch. “perhitungan perawatan terencana, Metode Age Replacement digunakan untuk menentukan interval waktu perawatan mesin pada armada bus Jurusan Teknik Industri Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya 2015, 117-118.




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/jtm.v11i1.9804

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Teknik Mesin

Jurnal Teknik Mesin (JTM)
Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Mercu Buana
Jl. Meruya Selatan No. 01, Kembangan, Jakarta Barat 11650, Indonesia
Email: [email protected]
Telp.: 021-5840815/ 021-5840816 (Hunting)
Fax.: 021-5871335

JTM is indexed by the following abstracting and indexing services:

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats