Penggunaan Video On Demand (VOD) Brand Netflix Sebagai Media Hiburan Alternatif Selama Pandemi 2020
Abstract
Pandemi Covid-19 memang membawa perubahan yang sangat signifikan disegala aspek kehidupan masyarakat. Tidak hanya dalam aspek ekonomi, aspek kesehatan, aspek politik, aspek sosial, hingga merubah gaya hidup masyarakat. Gaya hidup yang paling banyak berubah adalah cara berinteraksi dan mobilisasi masyarakat yang harus melakukan semua kegiatan sehari-hari di rumah. Akibatnya, terjadi kejenuhan tinggi yang menyebabkan masyarakat mulai mencari media-media hiburan alternatif untuk menghindari kejenuhan di rumah.Selain memanfaatkan media elektronik seperti televisi dan radio ataupun media komunikasi seperti smartphone, saat ini masyarakat Indonesia sedang marak menggunakan Video on Demand (VoD) sebagai media hiburan alternatif untuk menghilangkan kejenuhan beraktivitas di rumah. Salah satu VoD yang sangat populer saat ini di Indonesia adalah Netflix.
Peneliti menilai bahwa perlu adanya penelitian yang menggambarkan penggunaan Video on Demand (VoD) Neflix ini sebagai media hiburan alternatif selama pandemi 2020. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan Kualitatif. Adapun yang menjadi subjek penelitian ini adalah pengguna aktif Netflix yang menjadikan Netfliz sebagai media hiburan alternatif selama Pandemi. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat dipublikasikan dalam jurnal nasional terakreditasi Sinta 5, yaitu Jurnal Visi Komunikasi. Sebagai penelitian dasar, maka penelitian ini dapat dikategorikan dalam tingkat kesiapterapan teknologi (TKT) level 3, yaitu sebagai pembuktian konsep fungsi dan/atau karakteristik penting secara analitis dan eksperimental.
Hasil penelitian ini menunjukkan Preferensi khalayak pada konten media digital dibanding konten yang disajikan oleh media konvensional dikarenakan adanya kemudahaan dan nilai efisien yang ditawarkan oleh media digital sehingga khalayak dapat menikmati konten siaran dimanapun dan kapanpun walaupun hanya dengan menggunakan smartphone, varian siaran yang terbatas dan monoton, serta kualitas isi siaran yang kurang kreatif dan tidak lagi mendidik masyarakat untuk menjadi penonton yang cerdas.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Basrowi. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT. Rineka Cipta Hidayat, Deddy. Paradigma dan Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta. – Herdiansyah, Haris. 2010. Metode Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.
McQuail, Denis. 2011. Teori Komunikasi Massa. Jakarta: Salemba Humanika
Moleong, J. Lexy, 2013. Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Poerwadarminta, WJS. 2015. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai
Pustaka.
Sobur, Alex. 2014. Ensiklopedia Komunikasi P-Z. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Suryabrata,Sumadi. 2004. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. Raja Grafindo. Tika, Moh. Pabundu. 2006. Metodologi Riset Bisnis. Jakarta: PT. BumiAksara.
Yin K. Robert. 2015. Studi Kasus: Desain & Metode. Penerjemah: M. Djauzi Mudzakir. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
https://news.detik.com/berita/d-4956764/penyebab-asal-mula-dan-pencegahan-virus- corona-di-indonesia tentang Penyebab Asal Mula dan Pencegahan Virus Corona di Indonesia yang diakses pada 15 November 2020 Pukul 10.28 Wib
https://www.alodokter.com/virus- corona#:~:text=Virus%20Corona%20atau%20severe%20acute,paru%20yang%20be rat%2C%20hingga%20kematian. Tentang Penjelasan mengenai Virus Covid-19 yang diakses pada 15 November 2020 Pukul 12.10 Wib
https://www.merdeka.com/peristiwa/data-terkini-korban-covid-19-di-indonesia- november-2020.html tentang data terkini korban covid-19 di Indonesia diakses pada 1 Desember 2020 Pukul 12.00 Wib
https://www.cnbcindonesia.com/tech/20200107142603-37-128272/ramai-dibicarakan-apa-itu-netflix-original diakses pada 10 Maret 2021 Pukul 21.08 Wib
https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/04/24/pelanggan-netflix-naik-158-juta-di-tengah-pandemi-covid-19 diakses pada 10 Maret 2021 Pukul 23.00 Wib
https://www.idntimes.com/science/discovery/nena-zakiah-1/apa-itu-binge-watching-dan-dampaknya diakses pada 12 Maret 2021 Pukul 10.58 Wib
https://cms.dailysocial.id/wpcontent/uploads/2017/10/2a2ac0f397d53f55b56f402436e48f07_Hasil-Survei-VoD-1.png diakses pada 27 November 2020 Pukul 20.20 Wib
https://katadata.co.id/ekarina/digital/5e9fedcf4c955/netflix-raih-tambahan-158-juta- pengguna-di-tengah-pandemi-corona diakses pada tanggal 2 Desember 2020 Pukul 15.40 Wib
https://jalantikus.com/tips/membuat-akun-netflix-tanpa-kartu-kredit/ diakses pada 12 Maret 2021 Pukul 13.05 Wib
DOI: http://dx.doi.org/10.22441/marcommers.v12i1.11489
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Marcommers : Jurnal Marketing Communication and Advertising
Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana
Gedung C Lt. 2, Jalan Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta Barat 11650
Telepon: 021-5840816 Ext. 5411/5400 Faksimil : 021-5670341
p-ISSN: 2086-5619
e-ISSN : 2714-5255
http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/marcommers
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.