Aktivitas Humas PT. Jasa Marga Dalam Sosialisasi Kartu Pembayaran Elektronik Pada Gerbang Tol Otomatis (GTO) Meruya, Jakarta Barat
Abstract
Kemacetan menjadi salah satu masalah terbesar di Indonesia saat ini, sebab kemacetan menimbulkan kerugian dan menjadi ketakutan terbesar bagi para pengguna jalan karena volume kendaraan yang terus bertambah setiap harinya. Pemerintah telah melakukan berbagai macam upaya untuk mengatasi kemacetan, salah satunya membangun infrastruktur jalan tol sebagai penunjang sarana transportasi, serta dengan berkembangnya teknologi, pemerintah menggunakan e-toll sebagai upaya kemudahan bertransaksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas humas Jasa Marga dalam mensosialisasikan penggunaan kartu elektronik pada gerbang tol otomatis (GTO). Hasil penelitian menunjukkan bahwa humas Jasa Marga menciptakan program dan kegiatan sosialisasi e-toll melalui peran humas sebagai fasilitator komunikasi untuk membangun kesepahaman dan pengertian antara perusahaan dan masayarakat.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akbar, Roni Awaludin dan Meirinawati (2018). Analisis Kesiapan Pelayanan Pembayaran Tol Elektronik (e-toll) di PT. Jasa Marga (Persero) Tbk. Cabang Surabaya. Jurnal Online Program Studi Ilmu Administrasi Negara – Fakultas Ilmu Sosial UNESA Vol 6, No 5
Basrowi (2008). Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Cultip, M. Scott., Center, H. Allen., Broom, M. Glen (2007). Effective Public Relations, Edisi 9. Jakarta : Kencana.
Jefkins, Frank (2003). Public Relations. Jakarta: Erlangga.
Moleong, Lexy J. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakary
Panjaitan, Andry M., Rudy Vernando Silalahi dan Jonathan Andrew. (2014). Analysis of E-Toll Usage at Pondok Ranji Tollgate. 2nd International Conference on Information and Communication Technology (ICoICT)
Pareno, Sam Abede (2002). Kuliah Komunikasi:Pengantar dan Praktek. Surabaya: Papyrus.
Prayidyaningrum, Shabrina dan MD Djamludin. (2016). Theory of Planned Behavior to Analyze the Intention to Use the Electronic Money. Journal of Consumer Sciences, Vol. 01, No. 02, 1-12.
Rabilzani, Syahzehan (2013). Strategi Humas dalam Sosialisasi Keselematan dan Kesehatan Kerja (K3) Bagi Karyawan Area Generator Turbin Gas Unit III PT. Menmas Mitra Energi di Desa Tanjung Batu Kecamatan Tenggarong Sebrang. ejournal Ilmu Komunikasi. Vol. 1, Nomor 1.
Rakhmat, Jalaludin (2002). Metode Penelitian Komunikasi, Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Ruslan, Rusady (2007). Manajemen Public Relations & Media Komunikasi Konsepsi dan Aplikasi. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Setyawan, Rachmawan Primadya (2014). Humas dalam Pengelolaan Media Komunikasi (Studi Deskriptif Aktivitas Humas PT Kereta Api Indonesia dalam Pengelolaan Media Sosial sebagai Media Komunikasi Perusahaan).
Shimp, Terence A. (2003). Periklanan Promosi Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta : Erlangga.
Soerjono, Soekanto (2003). Sosiologi Suatu Pengantar, Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.
Venus, Antar. Manajemen Kampanye, Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
DOI: http://dx.doi.org/10.22441/marcommers.v12i2.15144
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Marcommers : Jurnal Marketing Communication and Advertising
Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana
Gedung C Lt. 2, Jalan Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta Barat 11650
Telepon: 021-5840816 Ext. 5411/5400 Faksimil : 021-5670341
p-ISSN: 2086-5619
e-ISSN : 2714-5255
http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/marcommers
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.