Komunikasi Antar Pribadi Orang Tua dan Anak Dalam Perilaku Belanja Online di e-Commerce

Denis Julian

Abstract


Survei terbaru lembaga riset snapcart di januari 2018 mengungkapkan bahwa generasi milenial dan generasi Z usia (15-34 tahun) menjadi pembelanja terbanyak di bidang E-Commerce mencapai sekitar 80%. Perilaku konsumtif terhadap barang - barang bermerk tumbuh pada remaja bukan hanya di kota – kota besar, dengan adanya beberapa dampak negatif yang di timbulkan akibat perilaku konsuntif maka perlu adanya bimbingan antara orang tua dengan anak dalam rangka menanggulangi perilaku konsumtif. Salah satu bimbingan yang paling mendasar adalah dengan cara komunikasi antar pribadi orang tua dengan anak. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data dengan cara wawancara kepada responden dan teknik pengumpulan data skunder dengan cara Observasi non partisipan. Hasil dari penelitian ini dapat di sederhanakan bahwa pola komunikasi yang digunakan para orang tua kepada anak dalam perilaku belanja online di e-commerce yaitu Pola komunikasi antarpribadi Bapak kepada anak menerapkan pola komunikasi permisif sedangkan Ibu menerapkan pola komunikasi demokrasi. Terdapat efektivitas komunikasi interpesonal orang tua dan anak dengan adanya sikap keterbukan, rasa empaty, dukungan dan rasa positif antara orang tua dan anak. Faktor yang mempengaruhi belanja online pada anak diperolah dari kebiasaan orang tua yang suka belanja online dan adanya pengaruh sosial dari lingkungan mereka. Dari hasil penelitian ini narsumber menggunakan e-commerce seperti shopee, tokopedia dan lazada dalam melakukan belanja online.


Keywords


Perilaku Konsumen, E-commerce, Pola Komunikasi

Full Text:

PDF

References


Ambo Aco, Andi Hutami Endang. (2013). Analisis Bisnis E-Commerce pada Mahasiswa Universitas Islam. Information System and Processing , Vol2.

Daryono. (2017). Komunikasi Antar Pribadi Pustakawan dengan Pemustaka dalam memberikan Layanan Jasa di Perpustakaan. Jurnal Kepustakawan dan Masyarakat Membaca , Vol. 33.

Dedy Ansari Harahap, Dita Amanah. (2018). Perilaku Belanja Online di Indonesia : Studi Kasus. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI) , Vol.9 No. 2.

Devito, Joseph.A. (2011). Komunikasi Antar Manusia. Tanggerang Selatan: Karisma Publising Group.

Komariah, Neneng. (2009). Keterampilan Komunikasi Interpersonal Bagi Pustakawan: (Karya Tulis). Bandung. Fakultas Komunikasi Universitas Padjajaran.

Septiani, Maya Nadia. (2018). Pengaruh Bimbingan dan Konseling Individu Terhadap Perilaku Konsumtif Remaja Penelitian pada Siswa dan Siswi kelas XI Madrasah Aliah Negeri 2 Bandung Kabupaten Bandung; (Tesis). UIN Sunan Gunung djati Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/marcommers.v12i2.15152

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Marcommers : Jurnal Marketing Communication and Advertising
Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana
Gedung C Lt. 2, Jalan Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta Barat 11650
Telepon: 021-5840816 Ext. 5411/5400 Faksimil : 021-5670341
p-ISSN: 2086-5619
e-ISSN : 2714-5255

http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/marcommers

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats

The Journal is Indexed and Journal List Title by: