Strategi Branding Young On Top Melalui Pemberdayaan Komunitas (Studi Kasus pada Event PT YOT Inspirasi Nusantara Jakarta Tahun 2019)

Reizaldy Muhamad Ramadhan

Abstract


Teknik digital marketing saat ini terlihat memasuki era. Namun bagi sebagian orang Kondisi lingkungan bisnis saat ini bisa dikatakan kompetitif. Perusahaan berlomba-lomba untuk terus meningkatkan pelayanan dan hubungan baik dengan konsumen, salah satunya melalui masyarakat. Salah satu sektor jasa yang masih menggunakan pemberdayaan masyarakat sebagai Strategi Branding adalah Young On Top. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi branding yang dilakukan oleh Young On Top. Penelitian ini juga menjelaskan tentang strategi branding yang digunakan oleh Young On Top baik melalui media online maupun offline untuk berkontribusi dalam pelaksanaan pemberdayaan masyarakat untuk mencapai kegiatan strategi branding Young On Top. Konsep penelitian ini mengacu pada tahapan kegiatan strategi branding Rimsky K. Judisuseno, yaitu: identitas merek (logo atau tagline), komunikasi pemasaran dan kegiatan layanan pelanggan. Dan tinjauan pustaka yang digunakan dalam penelitian ini adalah komunikasi pemasaran, komunikasi pemasaran terpadu, strategi branding, brand community, dan community empowerment. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivis dengan pendekatan kualitatif dan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara mendalam dengan informan. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dengan cara observasi partisipan atau peneliti terlibat langsung pada saat observasi yaitu dengan menggunakan 4 (empat) informan yang berbeda untuk memperoleh keabsahan data. Hasil penelitian ini menjelaskan strategi branding yang digunakan oleh Young On Top melalui pemberdayaan komunitas melalui media online (aset digital dan media sosial) dan offline (event).


Keywords


Branding; Empowerment Community; Brand Community; Young On Top.

Full Text:

PDF

References


Aaker, David A. 2013. Manajemen Pemasaran Strategi. Edisi kedelapan. Salemba Empat. Jakarta.

Chang, H. et al. 2008. The Antecedents and Consequences of Brand Equity ini Service Makrkets. Asia Pasific Management Review.

Grimm, Carly. 2011. Community Empowerment Manual, Partners for Livable Communities. Washington: Livable.

Kotler, Phillip; Keller. 2007. Managemen Pemasaran, Jilid I, Edisi Kedua Belas, Jakarta: PT Indeks.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2016. Principles of Marketing 16th Edition. USA: Prearson Education.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. 2016. Marketing Management 15th Edition. New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc.

Mulyana, Dedy. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif: Paradigma Baru Ilmu Komunikasi Dan Ilmu Sosial Lainnya. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.

Moleong, Lexy J. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya

Rangkuti, Freddy. 2010. Analisis SWOT Teknik Membedah Jakarta: PT Gramedia. Pustaka Utama.

Rimsky, K. Judisseno. 2019. Branding Destinasi dan Promosi Pariwisata. Jakarta: Gramedia.

Sadan, Elisheva. 2004. Empowerment and Community Planning : Theory and Practice of People-Focused Social Solutions. Tel Aviv: Hakibbutz Hameuchad Publishers.

Olson, Jerry Corie. 2010. Consumer Behaviour and Marketing Strategy. Mc Graw: Hill Irwin)

Swastha, Basu dan T. Hani Handoko. 2008. Manajemen Pemasaran, Analisa Perilaku Konsumen, edisi 1 cetakan keempat. Yogyakarta: BPFE

Shiffman, L dan Kanuk, L. L. 2007. Perilaku Konsumen Edisi 7th. New Jersey: Pentice Consumers behavior. New Jersey: Pentice Hall.

Sugiyono. 2010, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. CV Alfabeta: Bandung.

Sumarwan, Ujang. 2014. Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Ghalia Indonesia: Bogor.

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. CV Andi Offset: Yogyakarta.

Yin, Robert K. 1994. CASE STUDY RESEARCH. Thousand Oaks, London, New Delhi: SAGE Publications.




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/marcommers.v12i2.15166

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Marcommers : Jurnal Marketing Communication and Advertising
Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana
Gedung C Lt. 2, Jalan Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta Barat 11650
Telepon: 021-5840816 Ext. 5411/5400 Faksimil : 021-5670341
p-ISSN: 2086-5619
e-ISSN : 2714-5255

http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/marcommers

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats

The Journal is Indexed and Journal List Title by: