Pengaruh Endorser Arief Muhammad Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Cakekinian

Maylia Ajeng Prismadini

Abstract


Kemajuan teknologi saat ini memudahkan para produsen dalam mengiklankan produknya salah satunya menggunakan media sosial. Strategi yang dilakukan oleh perusahaan dalam meningkatkan nilai penjualan produk melalui elemen iklan, salah satunya ditentukan oleh Endorser. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Endorser Arief Muhammad Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Cakekinian.Pada konsep Selebriti Endorser menurut Terence A. Shimp terdapat 5 dimensi yang dikenal dengan TEARS. Dan pada konsep minat beli yang digunakan pada penelitian ini adalah teori model AIDA yang digagas oleh Kotler & Keller.¬Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Teknik pengumpulan datanya memakai teknik non probability sampling. Respondennya adalah followers aktif dari akun instagram @cakekinian.official. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kredibilitas endorser memberikan kontribusi sebesar 63.1% pengaruhnya terhadap minat beli yang berarti pengaruh kuat dan sisanya 36,9% di pengaruhi faktor lain diluar faktor yang diteliti. Penelitian ini menyimpulkan bahwa ada pengaruh endorser terhadap minat beli konsumen.


Keywords


Media Sosial; Endorser; AIDA; Minat Beli

Full Text:

PDF

References


Bungin, Burhan. (2005). Metodologi Penelitian Kuantitatif Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik Serta Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya, Edisi Pertama. Jakarta: Prenada Media.

Cangara, Hafied. (2008). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Kotler dan Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga.

Rakhmat, Jalaludin. (2004). Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Schiffman dan Krauk. (2008). Perilaku Konsumen Edisi 7. Jakarta:Indeks.

Shimp, Terence A. (2002). Advertising Promotion and Supplement Aspect of Integrated Marketing Communication. Fifth Edition; Alih Bahasa: Periklanan Promosi dan Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Edisi Kelima. Terjemahan: Reyvani Syahrial. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. (2005). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Sutisna. (2003). Perilaku Konsumen & Komunikasi Pemasaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Swastha, Basu dan Irawan. (2005). Asas-asas Marketing. Yogyakarta: Liberty.




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/marcommers.v10i1.15467

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Marcommers : Jurnal Marketing Communication and Advertising
Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana
Gedung C Lt. 2, Jalan Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta Barat 11650
Telepon: 021-5840816 Ext. 5411/5400 Faksimil : 021-5670341
p-ISSN: 2086-5619
e-ISSN : 2714-5255

http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/marcommers

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats

The Journal is Indexed and Journal List Title by: