PENGARUH TAYANGAN PROMOSI FOOD VLOGGER CHANEL YOUTUBE MGDALENAF TERHADAP MINAT BELI PRODUK KULINER

Deni Prasetio

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh tayangan promosi food vlogger chanel youtube mgdalenaf terhadap minat beli produk kuliner. Penelitian ini menggunakan teori SOR yaitu stimulus, organism, dan respon. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian survey. Penelitian survey di gunakan untuk menggambarkan atau menjelaskan sikap, pendapat, pikiran, dan prilaku terkini yang yang melingkupi suatu isu atau peristiwa tertentu dengan melibatkan sejumlah orang.Survey adalah metode riset dengan mengunakan kuesioner sebagai instrument pengumpulan datanya. Tujuanya untuk memperoleh informasi tentang sejumlah responden yang dianggap mewakili populasi tertentu. Dalam survey proses pengumpulan data dana analisis data sosial bersifat sangat terstruktur dan mendetail melalui kuesioner sebagai instrument utama untuk mendapatkan informasi dari sejumlah responden yang diasumsiakn mewakili populasi secara spesifik.  Apabila Mahasiswa/i Mercu Buana Jurusan Advertising & Marcomm Angkatan 2016-2017 tidak memiliki kebutuhan mengkonsumsi produk kuliner, maka tayangan promosi food vlogger chanel youtube Mgdalenaf tidak akan berpengaruh terhadap minat beli produk kuliner Mahasiswa/i Mercu Buana

Keywords


Tayangan Promosi; Teori SOR; Survey; Minat beli; Food vlogger; Youtube

Full Text:

PDF

References


Agus Purwanto dan Dyah. (2007).Metode Penelitian Kuantitatif Untuk Administrasi Publik Dan Masalah Masalah Sosial. Yogyakarta : Gaya Media

Abdullah dan Francis. (2013).Manajemen Pemasaran. Jakarta:Rajawali Press

Ardhariksa Z. (2013). Digital Marcomm. Jakarta : Modul Perkuliahan

Ardial. (2014). Paradigma dan Model: Penlitian Komunikasi. Jakarta: Bumi Aksara

Arikunto. (2002). Prosedur penelitian suatu pendekatam praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Kennedy dan Soemanegara.(2006). MarketingCommunication:Taktik dan Strategi. Jakarta:PT.Bhuana Ilmu Populer

Kotler Philip.(2000).Manajemen Pemasaran Edisi Milenium.Jakarta: Prehallindo

Kotler Philip.(2007).Manajemen Pemasaran Jilid 2 Edisi 12.New jersey: PT

Indeks Kelompok Gramedia

Kotler, Phillip. (2002). Managemen Pemasaran edisi Milenium 2. Jakarta:Prehalindo

Kriyantono Rahmat. (2010).Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana

Monle dan Johnson.(2007).Prinsip-Prinsip Periklanan Dalam

Perspektif Global. Diterjemahkan oleh Haris Munandar dan Dudi Priatna.Jakarta: Kencana Prenada Media

Masri, Singarimbun & Effendy. (1984). Metode penelitian survey

Mohammad Adib.(2011).Filsafat Ilmu Ontologi, Epistemologi, Aksiologi dan

Logika Ilmu Pengetahuan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Morrisan. (2016). Statistik sosial. Jakarta: Kencana

Priyatno Duwi. (2005).Paham Analisa Statistik Data dengan SPSS, Yogyakarta; Mediakom. 2010 Grafindo

Shimp Terence A. (2003). Periklanan Promosi dan Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu,Edisi ke-5, Jilid 1. Jakarta: Erlangga

Sugiyono.(2013). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta

Sugiyono.(2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatifdan R&D). Bandung: CV Alfabeta

Sutrisna Hadi. 2010. Statistik II. Yogyakarta: Andi Offset.

Jurnal :

Astuti, Imelda Fauzi. “Pengaruh Iklan Online Zalora di Youtube Advertiser Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Pakaian Lki-laki (Survey Terhadap Karyawan PT Pancamagran Wisesa Pada Tahun 2017)” S1 Thesis, Universitas Mercu Buana. 2018.

Sariany, Dewi. “Pengaruh Penggunaan Celebrity Endorser Raisa Andriana Di Youtube Terhadap Minat Beli Produk OPPO F3 Plus Di Kalangan Penggemar Raisa YouRaisa”. S1 Thesis, Universitas Mercu Buana. 2018.

Hasyim, Guruh Sofyan. “Pengaruh Iklan AXE Apollo Di Web Terhadap Minat Beli Mahasiswa Universitas Mercu Buana”S1 Thesis, Universitas Mercu Buana. 2015.

Yani, Puspita Agge. “Pengaruh Promosi Charles & Keith Di Media Online Terhadap Minat Beli Konsumen (Survey Terhadap Pengguna Charles & Keith)”.S1 Thesis, Universitas Mercu Buana. 2015.

Mubramsyah, Hadid. “Pengaruh Terpaan Iklan TVC Sprite Versi Nyatanya Nyegerin Terhadap Minat Beli Konsumen(Survey Terhadap Mahasiswa/i Universitas Mercubuana Jurusan Advertising & Marketing Communication Angkatan 2012-2014)”. S1 Thesis, Universitas Mercu Buana. 2017

Sumber Online:

Tentang pengertian youtube. (2019, 20 september). Diakses pada 20 september 2019 dari http://pengertianyoutube.blogspot.co.id/2012/09/v-behaviorurldefaultvmlo.html?m=1.pengertianyoutube

Tentang youtube sebagai media promosi. (2019, 20 september). Diakses pada 20 september 2019 dari https://bisnisukm.com/youtube-sebagai-media-promosi-produk.html

Tentang digital marketing. (2019, 20 september). Diakses pada 20 september 2019 dari https://www.seputarmarketing.com/ind/pengertian-dan-jenis-digital-marketing/

Tentang Influencers Marketing. (2019, 14 september). Diakses pada 14 september 2019 darihttps://kumparan.com/sociabuzz-influencer-marketing-platform/apa-itu-influencer-marketing




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/marcommers.v15i2.15468

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Marcommers : Jurnal Marketing Communication and Advertising
Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana
Gedung C Lt. 2, Jalan Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta Barat 11650
Telepon: 021-5840816 Ext. 5411/5400 Faksimil : 021-5670341
p-ISSN: 2086-5619
e-ISSN : 2714-5255

http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/marcommers

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats

The Journal is Indexed and Journal List Title by: