Pemanfaatan Instagram @Bejijongku Sebagai Media Promosi Digital Desa Wisara Majapahit di Era Digital
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektifnya promosi wisata di daerah Trowulan Jawa timur pada media sosial Youtube. Karena pada saat ini kanal youtube telah banyak diminati oleh sebagian besar warga Indonesia. Dalam bab metodologi peneliti menggunakan beberapa kajian teori antara lain teori media baru, teori Youtube, serta eksistensi nya didunia maya, dalam penelitian ini bentuk pada media sosial Youtube, yang dikuatkan dengan penelitian terdahulu. Sumber data penelitian adalah para UMKM yang berada disekitar daerah Desa Wisata tepatnya di desa Bejijong, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Provinsi Jawa Timur. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara mendalam, dan studi pustaka.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alex, Sobur. 2013. Filsafat Ilmu Komunikasi, Tradisi dan Metode Fenomenologi, Bandung:PT. Remaja Rosdakarya.
Ali Mohammad, dkk. 2008. Psikologi Remaja. Jakarta: Bumi Aksara
Bungin Burhan. 2008. Konstruksi Sosial Media Massa. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Dan, Frommer. 2011. Here’s How To Use Instagram. Business Insider. David, Holmes. 2005. Communicatin Theory: Media, Technology and Society.
Deddy, Mulyana, 2003. Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.
Bandung
Deirde Breakenridge dan Solis, Brian. 2009. Putting the Public Back in Public Relations; How Social Media is Reinventing the Aging Business of PR. New Jersey: FT Press
Effendi, Onong Ychjana. 2006. Ilmu Komunikasi, Teori dan Praktek. Bandung: Engkus Kuswarno. 2008. Etnografi Komunikasi. Bandung: Widya Padjadjaran, Eric, Loew. 2005. The Media and Political Process. London: SAGE Publications.
Soelaeman, M. Munandar. 1992. Ilmu Sosial Dasar Teori dan Konsep Ilmu Sosial,Edisi Revisi. Bandung: PT. Eresco.
Firsan, Nova. 2009. Crisis Public Relations; Bagaimana PR Menangani Krisis Perusahaan. Jakarta : Grasindo.
Hafied, Cangara. 2006. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Kampanye Sehat, Hemat, dan Bermartabat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. Karen A. Foss dan Littlejohn, Stephen W.. 2009. Teori Komunikasi. Jakarta: Knibbs, Kate. 2014. Instagram is growing faster than Twitter, Facebook, and
Pinterest combined. London: SAGE Publications.
Luckman, Thomas Peter. L. & Berger, 1990. Tafsir Sosial Atas Kenyataan Risalah Tentang Sosiologi Pengetahuan. LP3ES. Jakarta.
M.Hikmat, Mahi. 2011. Metode Penelitian Dalam Perspektif Ilmu Komunikasi danSastra. Yogyakarta : Graha Ilmu.
Moleong, Lexy J. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya
Nindito, Stefanus. 2005. Fenomenologi Alfred Schutz : Studi tentang Konstruksi Makna dan Realitas dalam Ilmu Sosial, Yogyakarta. Jurnal Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Atma Jaya.
Rachmat, Kriyantono. 2010. Teknik praktis riset komunikasi: disertai contoh praktis riset media, public relation, advertising, komunikasi organisasi, komunikasi pemasaran. Jakarta: Kencana
Raco J.R.. 2010. Metode Penelitian Kualitatif Jenis, Karakteristik danKeunggulannya. PT. Grasindo
Rakhmat, Jalaluddin. 2004. Psikologi Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya. Remaja Rosdakarya.
Riswandi. 2009. Ilmu Komunikasi. Yogyakarta: Graha Ilmu
Saebeni, Beni Ahmad. 2012. Pengantar Antropologi. Bandung:Pustaka Setia. Safko, Lon. 2010. The Social Media Bible: Tactics, Tools & Strategies forBusiness
Success. John Wiley & Sons.
Sudikin dan Baswari, 2002 Metode Penelitian Kualitatif Perspektif Mikro. EDISI, Cet.1. Penerbitan, Surabaya : Insan Cendekia.
Wardhani, Diah, Afdal Makkuraga Putra. 2012. The Repotition of Communicationin The Dynamic of Convergence: Reposisi Komunikasi dalam Dinamika Konvergensi. Jakarta: Kencana.
Wibowo, Indiawan Seto Wahyu. 2013. Semiotika Komunikasi. Jakarta: Mitra Wacana Media
DOI: http://dx.doi.org/10.22441/marcommers.v13i1.25277
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Marcommers : Jurnal Marketing Communication and Advertising
Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana
Gedung C Lt. 2, Jalan Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta Barat 11650
Telepon: 021-5840816 Ext. 5411/5400 Faksimil : 021-5670341
p-ISSN: 2086-5619
e-ISSN : 2714-5255
http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/marcommers
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.