Influencer di Era Digital : Efek Arief Muhammad terhadap Pembelian Preppstudio

Berliani Ardha

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh influencer marketing yang dilakukan oleh Arief Muhammad terhadap keputusan pembelian produk fashion Preppstudio. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode survei dan menggunakan kuesioner sebagai instrumen utama. Sampel sebanyak 100 responden diambil dari followers akun Instagram @ariefmuhammad yang juga mengikuti akun @preppstudio. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara influencer marketing dan keputusan pembelian, terutama pada dimensi visibility dan credibility. Analisis regresi linier sederhana menunjukkan kontribusi influencer marketing sebesar 34,5% terhadap keputusan pembelian. Temuan ini menunjukkan bahwa kepercayaan, kedekatan emosional, dan gaya komunikasi influencer menjadi elemen penting dalam membentuk keputusan konsumen di era digital. Strategi pemasaran berbasis individu seperti ini terbukti efektif dalam menjangkau audiens muda dan membangun loyalitas merek.

References


Alma, B. (2014). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung : Alfabeta

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Harishchandra Singh Rathod, Indra Meghrajani, J. V. (n.d.). Influencer Marketing: A New Marketing Communication Trend. Shodhsamhita, VIII(12 (II)), 155–167. https://www.researchgate.net/publication/374117259_Influencer_Marketing_A_New_Marketing_Communication_Trend

Kerpen, D. (2011). Likeable Social Media. New York : McGraw-Hill.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing Management (14th ed.). Pearson Education.

Leung, F. F., Gu, F. F., & Palmatier, R. W. (2022). Influencer marketing effectiveness: A meta-analytic review. , 50(2), 226-246. Journal of the Academy of Marketing Science, 50(2), 226–246.

Libai, B., Rosario, A. B., Beichert, M., Donkers, B., Haenlein, M., Hofstetter, Reto Kannan, P. K., Lans, R. van der, ·, Andreas Lanz H. Alice Li Dina Mayzlin Eitan Muller, D. S., & Zhang, Jeremy Yang, L. (2025). Influencer marketing unlocked: Understanding the value chains driving the creator economy. Journal of Tha Academy of Marketing Science, 53, 4–28. https://link.springer.com/article/10.1007/s11747-024-01073-2

Neuman, W. L. (2014). Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approaches (7th ed.). Pearson Education Limited.

Nugraheni, R. (2018). Metodologi Penelitian Kuantitatif untuk Ilmu Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Putri, A. D. (2022). Pengaruh Kredibilitas Influencer terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Marcommers, 4(1), 45-52. Jurnal Marcommers, 4(1), 45–52.

Rossiter, J. R., & Percy, L. (1997). Advertising Communications and Promotion Management. New York: McGraw-Hill.

Sari, & Hidayat, A. M. (2021). Manajemen Komunikasi Pemasaran. Rajawali Pers.

Siregar, S. (2017). Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi dengan Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17. Bumi Aksara.

Soewarno, N., & Isnalita. (2019). Digital Influence on Consumer Decision Making. Jurnal Bisnis dan Akuntansi, 21(2), 121–132.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/marcommers.v14i1.33521

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Marcommers : Jurnal Marketing Communication and Advertising
Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana
Gedung C Lt. 2, Jalan Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta Barat 11650
Telepon: 021-5840816 Ext. 5411/5400 Faksimil : 021-5670341
p-ISSN: 2086-5619
e-ISSN : 2714-5255

http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/marcommers

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats

The Journal is Indexed and Journal List Title by: