Analisis Penerapan ISO 9001:2015 di MUI Provinsi DKI Jakarta

Hendri Hendri

Abstract


ISO 9001:2015 dapat diterapkan di semua organisasi. Standar sistem manajemen ISO 9001 ini  berfokus pada pelanggan, Sistem ISO 9001 ini membahas bagaimana sistem kontrol proses organisasi untuk terus meningkatkan pelayanan demi mencapai kepuasan pelanggan. Dengan ISO 9001 organisasi dapat mengukur kinerja organisasi dan mudah dalam melakukan perbaikan yang berkesinambungan. ISO 9001 menyediakan sistem manajemen dasar bagi setiap organisasi untuk digunakan sebagai titik awal (pondasi yang kokoh) untuk meningkatkan kinerja organisasi. Organisasi MUI Provinsi DKI Jakarta dengan pengurus sekitar 100 orang yang berasal dari 11 organisasi dan berbagai profesi serta memiliki struktur organiasi sampai kedaerah. MUI Provinsi DKI Jakarta perlu melaksanakan rencana program kerja yang berkualitas, implementatif, optimal dan terkendali dengan pengawasan yang efektif untuk mencapai sasaran visi dan misi MUI.  Saat ini  organisasi MUI Provinsi DKI Jakarta telah memperoleh sertifikasi ISO 9001:2015 dengan  telah memiliki syarat-syarat dokumen wajib ISO 9001:2015 seperti ruang lingkup sistem manajemen mutu, kebijakan mutu, sasaran mutu dan peta proses. Untuk memenuhi harapan di atas maka perlu dilakukan perbaikan organisais melalui penelitian dengan tahapan mulai dari Analisis SIPOC (Supplier-Input-Process-Output-Customer), Analisis PDCA (Plan-Do-Check-Act), Gap Analisis dengan persyaratan ISO 9001:2015. Penelitian ini telah menghasilkan rancangan visual urutan proses SIPOC, analisis aktifitas PDCA, desain Value Chain serta usulan pelatihan organisasi, ketegasan pemimpin tentang kebijakan mutu, sosialisasi sasaran mutu dan perencanaan pencapaian, dokumen elektronik, perbaikan perencanaan dan kontrol operasional, peningkatan monitor, pengukuran, analisis dan evaluasi organisasi dan manajemen risiko.


Full Text:

PDF

References


Eisner, A.B. dan Ketchen, D.J.J. (2009). Strategy : 2008-2009, New York: McGraw-Hill.

Hitt, M. A., Hoskisson, R. E. dan Ireland, D. R. (2005). Startegic Management: Competitveness & Globalization (Consepts & Cases) 6th edition, American, Thomson Corporation.

ISO 9001 Quality Management Systems – Requirements.

Itay Abuhav(2017) ISO 9001_ 2015 A Complete Guide to Quality Management Systems-CRC Press

Krishnamoorthi, K. S. ; Krishnamoorthi, V. Ram & Pennathur, Arunkumar (2019) A First Course in Quality Engineering Integrating Statistical and Management Methods of Quality 3rd Edition, Francis, CRC Press

Nasution, M. N.. 2005. Manajemen Mutu Terpadu. Bogor : Ghalia Indonesia.

Parasuraman, Valarie A., Zeithmal, Leonard L Berry. (1990). Delivering Quality Service, Balancing Customer Perception and Expectations. New York: Free Press.

Persyaratan Sistem Manajemen ISO 9001:2015

Russell, R. and Taylor, B.W. (2011). Operations Management: Creating Value Along the Supply Chain, 9th Edition New York: John Wiley & Sons


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Prosiding Seminar Nasional Mercu Buana Conference on Industrial Engineering



Journal ISSN:

Portal ISSNe-ISSN
2988-4284

Tim Editorial Office
Proceeding Mercu Buana Conference on Industrial Engineering

Program Studi Magister Teknik Industri Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Meruya Selatan No. 1 Kembangan Jakarta Barat
Email: [[email protected]]
Website: https://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/mbcie/

The Journal is Indexed and Journal List Title by: