Analisis Dampak Terjadinya Selisih Stock Pada Proses Picking Dan Shipping Dengan Metode Full Time Equivalent (FTE) Pada PT. X (Sektor Industri)

May Rose Indah Pratiwi Tedjo

Abstract


PT. X ini merupakan perusahaan dibidang sektor pertanian yang melakukan budidaya tanaman jagung yang berdiri sejak tahun 2002. Permasalahan pada bagian picking dan shipping pada PT.X adalah terjadinya selisih stock barang yang berada warehouse. Tujuan dari Penelitian ini adalah mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan besarnya beban kerja di warehouse pada divisi picking dan shipping. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Full Time Equivalent (FTE) untuk mengetahui beban kerja waktu. Hasil yang diperoleh dari perhitungan nilai FTE yang dilakukan dengan membagi antara total waktu baku dan total jam kerja efektif, dapat diketahui bahwa 13 orang pekerja masuk dalam kategori overload (FTE index > 1,28), satu pekerja termasuk dalam kategori underload, dan satu pekerja termasuk dalam kategori normal. Dari hasil analisis beban kerja tersebut maka pertimbangan yang dapat dilakukan perusahaan adalah pengurangan beban kerja pada karyawan dikarenakan Allowance yang diberikan masih terlalu besar. Hal tersebut masih dapat dikurangi misalnya dengan melakukan penambahan jumlah tenaga kerja, melakukan pembagian jobdesk secara merata, dan memperbaiki keadaan lingkungan seperti membersihkan ventilasi udara yang lebih baik lagi agar keadaan temperatur tempat kerja dapat nyaman bagi para pekerja


Keywords


Full Time Equivalent; Gudang; Beban Kerja

Full Text:

PDF

References


Amanda, & Titia. (2018). Analisis Beban Kerja Terhadap Tenaga Kerja Analis Kimia Dengan Metode Full Time Equivalent di Divisi Technology Development Departemen R&D-Analytical Development PT XYZ. Jurnal PASTI Volume XII No. 2, 154-168.

Ayudina, Y., Sudirman, S., & Nurjanah, N. (2021). Analysis Of Job Burden Using Method of FTE (Full Time Equivalent) at Puskesmas Pantoloan. International Journal of Health, Economics, and Social Sciences (IJHESS), 3(3), 214–220.

Bakhtiar, B., & Muhammad, M. (2021). Analisis Jumlah Kebutuhan Tenaga Kerja Dengan Metode FTE (Full Time Equivalent) Di BUMG Malaka. Sisfo: Jurnal Ilmiah Sistem Informasi, 5(1).

Bakhtiar, B., Syarifuddin, S., & Putri, M. P. (2021). Pengukuran Beban Kerja dengan Metode Full Time Equivalent dan Penentuan Jumlah Tenaga Kerja Efektif Menggunakan Workload Analysis. Journal of Industrial Engineering and Operation Management, 4(1).

Candra, W., & Kholid, A. (2020). Analisis Beban Kerja Dengan Metode Full Time Equivalent (FTE) Untuk Menentukan Kebutuhan Operator Proses Pengemasan Kosmetik PT. XYZ. Prosiding IENACO.

Elvan, Hindianthoro, & Yahya. (2019). Upaya Meningkatkan Kepuasan Pengguna Jasa Terhadap Pelayanan Keagenan PT. Pelayaran Ekanuri Indra Pratama Di Tanjung Priok Jakarta. Jurnal Sains Teknologi Transportasi Maritim, 1(1), 37–45.

Jay Heizer, & Barry Render. (2005). Operations Management. Jakarta: Edisi ke Tujuh, Salemba Empat.Ari, S. M., & Susanto, N. (2022). Analisis Beban Kerja dengan Full Time Equivalent dan NASA-TLX untuk Mengoptimalkan Jumlah Operator Tenun PT ABC.

Kabul, E. R., & Febrianto, M. N. (2022). Implementasi Metode Full Time Equivalent (FTE) Dalam Analisis Kebutuhan Tenaga Kerja. Ikraith-Ekonomika, 5(1), 162–168.

Laynar, I., Budiharti, N., & Kiswandono, K. (2020). Pengukuran Beban Kerja Karyawan Dengan Full Time Equivalent Untuk Meningkatkan Produktivitas Di CV. Gandrial Lestari, Makassar. Jurnal Valtech, 3(2), 62–65.

Matiro, M. A. D., Mau, R. S., Rasyid, A., & Rauf, F. A. (2021). Pengukuran Beban Kerja Menggunakan Metode Full Time Equivalent (FTE) Pada Divisi Proses PT. Delta Subur Permai. Jambura Industrial Review (JIREV), 1(1), 30–39.

Meokijat. (2000). Manajemen Operasional. Jakarta: cetakan keempat.

Moh Alyafi, Raman, Rasyid, A., & Abdul, F. (2021). Pengukuran Beban Kerja Menggunakan Metode Full Time Equivalent (FTE) Pada Divisi Proses PT. Delta Subur Permai. Jambura Industrial Review.

Mukhlisin, & Lien. (2018). Perbaikan Produktivitas Picking Order Dengan Metode Routing Heuristic di Gudang Pusat Suku Cadang Otomotif. Jurnal Operations Excellent, Vol. 10, No 2, 164-174.

Mustika, S., & Susanto, N. (2022). Analisis Beban Kerja dengan Full Time Equivalent dan NASA-TLX untuk Mengoptimalkan Jumlah Operator Tenun PT ABC. Seminar dan Konferensi Nasional IDEC.

Sukirman, Mashabai, I., & Adiasa, I. (2021). Analisis Beban Kerja Pekerja Pada Gedung 1 Departemen Produksi PT. Sunthi Sepuri Menggunakan Metode Full Time Equivalen (FTE). Performa: Media Ilmiah Teknik Industri, 20(1), 21–28.

Widodo, T., Fardiansyah, I., & ludfita Sari, S. (2022). Analisis Beban Kerja Dengan Metode Full Time Equivalent Untuk Mengoptimalkan Kinerja Karyawan Cell 31 D1 (Studi Kasus PT Panarub Industry). Journal Industrial Manufacturing, 7(1), 35–40.

Wicaksono, S., & Fadlillah, A. M. (2021). Implementation of Full Time Equivalent Method in Determining the Workload Analysis of Logistics Admin Employees of PT X in Jakarta, Indonesia. European Journal of Business and Management Research, 6(5), 159–162.

Yanuar, A., & Rahmatulah, M. (2019). Analisa Dan Perancangan Warehouse Management System (WMS) Pada UKM Online. Jurnal Logistik Bisnis, Vol. 09, No.2.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Proceeding Mercu Buana Conference on Industrial Engineering

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Journal ISSN:

Portal ISSNe-ISSN
2988-4284

Tim Editorial Office
Proceeding Mercu Buana Conference on Industrial Engineering

Program Studi Magister Teknik Industri Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Meruya Selatan No. 1 Kembangan Jakarta Barat
Email: [[email protected]]
Website: https://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/mbcie/

The Journal is Indexed and Journal List Title by: