Analisis Potensi Kecelakaan Kerja Pada Proses Produksi Spray Dryer Di Perusahaan Bahan Baku Bumbu Instan Dengan Metode Hazard Identification And Risk Assessment (HIRA)

Muhammad Rafi Fadhillah, Uly Amrina

Abstract


Proses produksi yang dilakukan di area perusahaan bahan baku bumbu instan, khususnya pada departemen spray dryer memiliki potensi kecelakaan kerja. Namun tingkat kesadaran pekerja dan fasilitas pendukung dalam bekerja yang belum memadai mengakibatkan meningkatnya resiko kecelakaan kerja pada proses produksi tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis potensi kecelakaan kerja dan menilai tingkat potensi kecelakaan kerja serta memberikan usulan perbaikan untuk mengurangi resiko kecelakaan kerja. Metode yang digunakan pada penelitian yaitu Hazard Identification and Risk Assessment (HIRA). Metode HIRA digunakan untuk mengidentifikasi potensi bahaya serta memberikan penilaian terhadap resiko berdasarkan tingkat kemungkinan terjadi dan tingkat keparahan resiko. Berdasarkan hasil penelitian terdapat 8 potensi bahaya di departemen spray dryer dengan tingkat resiko rendah pada aktivitas menggosok tangki dan menurunkan produk pada silo penampung dan medium pada aktivitas menuang bahan baku dan flavor ke tangki, Setup valve pemanas tangki, menuangkan bahan kimia dan angkat bahan baku ke tangki. Perbaikan kerja yang diusulkan meliputi membuat corong, membuat set up valve otomatis, membuat hammer otomatis, membuat posisi mesin dengan operator, membuat alat inject otomatis dan membuat katrol perbaikan serta perbaikan secara administrasi meliputi penggunaan APD, membuat visual display, memberikan SOP yang jelas, pengadaan pelatihan K3, memasang rambu peringatan serta menghimbau pekerja untuk memakai APD.


Keywords


Potensi Bahaya, Identifikasi Bahaya, Penilaian Resiko, HIRA

Full Text:

PDF

References


Alauddin, M. R., Denny, H. M., & Jayanti, S. (2015). Analisis Hira (Hazard Identification and Risk Assessment) Pada Industri Tahu Serasi Bandungan Baru Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal), 3(2), 158-167.

Anton, T. J. 1989. Occupational safety and health management.Singapore: McGraw-Hill Book.Co.

Aristy, Y., Abdul, R. T. 2016. Hazard identification and Risk Assesment (HIRA) pada Proses Fabrikan Plate Tanki 42 T-501A PT Pertamina (PERSERO) RU VI Balongan, Jurnal Keselamatan dan kesehatan kerja indonesia vol. 5 (2), 192-203

Darmawan, R., Ummi, N., & Umiyati, A. (2018). Identifikasi Risiko Kecelakaan Kerja Dengan Metode Hazard Identification And Risk Assessment (HIRA) Di Area Batching Plant PT XYZ. Jurnal Teknik Industri Untirta, (1).

Danial, A., Hasyim, M. H., & Unas, S. E. (2017). Analisis Risiko Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3) Dengan Metode Hazard Analysis Dan Consequence– Likelihood Analysis (Studi Kasus Pada Proyek Pembangunan Gedung Baru Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya). Jurnal Mahasiswa Jurusan Teknik Sipil, 1(1), pp-403.

Efendi, A., Yusuf, M., & Oesman, T. I. (2018). IDENTIFIKASI BAHAYA KERJA MENGGUNAKAN HAZARD IDENTIFICATION AND RISK ASSESMENT (HIRA) DAN POSTUR KERJA UNTUKMENGURANGI KECELAKAAN KERJA PADA DEPARTEMEN PRODUKSI DENGAN RAPID UPPER

LIMB ASSESMENT (RULA) Studi Kasus Pada: PT. Medari Karya Mulia. Jurnal Rekavasi, 6(2), 82-90.

Elsa, A., R. M. 2014. Analysis Of Safety Risk In The Design Of Multistorey Buildings, International journal of scientific engineering and research, ISSN: 2347-3878.

Glanz, K., Rimer, B. K., & Viswanath, K. 2008. Health Behavior and Health Education:Theory, Research and Practice. San Francisco: Jossey-Bass..

Hasbullah, H., Kholil, M., & Santoso, D. A. (2017). Analisis Kegagalan Proses Insulasi Pada Produksi Automotive Wires (Aw) Dengan Metode Failure Mode and Effect Analysis (Fmea) Pada PT Jlc. Sinergi, 21(3), 193-203.

Hou, Z. Q., & Zeng, Y. M. (2016). Research on risk assessment technology of the major hazard in harbor engineering. Procedia engineering, 137, 843-848.

Mechhoud, E. A., Rouainia, M., & Rodriguez, M. (2016). A new tool for risk analysis and assessment in petrochemical plants. Alexandria Engineering Journal, 55(3), 2919-2931.

Prayitno, S., & Hanum, B. (2018). Analisa Postur Kerja Dengan Metode Rula Pada Operator Proses Masking FR Dan RR D30D Di PT SC Plant 2. Penelitian dan Aplikasi Sistem dan Teknik Industri, 12(1), 328408.

Sari, D. F., & Suryani, F. (2018). Manajemen Risiko Kesehatan dan Keselamatan Kerja Pelaksanaan Kontruksi Oil dan Gas dengan Metode Hazard Identification. IKRA-ITH TEKNOLOGI: Jurnal Sains & Teknologi, 2(1).

Suryanti, F., & Mulyono, M. (2017). Hazard Identification Dan Risk Assessement (HIRA) Pada pengoperasian Forklift Di PT Bangun Sarana Baja Gresik. Jurnal Ilmiah Kesehatan Media Husada, 6(2), 205-214.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Proceeding Mercu Buana Conference on Industrial Engineering

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Journal ISSN:

Portal ISSNe-ISSN
2988-4284

Tim Editorial Office
Proceeding Mercu Buana Conference on Industrial Engineering

Program Studi Magister Teknik Industri Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Meruya Selatan No. 1 Kembangan Jakarta Barat
Email: [[email protected]]
Website: https://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/mbcie/

The Journal is Indexed and Journal List Title by: