Analisis Pengendalian Kualitas Limbah Cair Pabrik Susu Dengan Metode Failure Mode Effect Analysis (FMEA)

Dhaha Yudha Bintara, Uly Amrina

Abstract


Pengolahan limbah cair merupakan proses yang sangat penting untuk menjaga kelestarian lingkungan. Salah satu bentuk kualitas yang belum optimal adalah belum terkendalinya kadar Chemical Oxygen Demand (COD) pada industri susu, hal ini ditunjukkan dengan nilai kadar COD yang melebihi standar perusahaan sedangkan COD merupakan parameter kritis dalam mengetahui kualitas air bersih hasil pengolahan limbah pabrik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah pengolahan limbah cair terkendali, kemudian menganalisis faktor-faktor penyebab nilai COD di luar standar, memberikan usulan perbaikan dan mengetahui penurunan nilai COD dari hasil perbaikan. Pengambilan data dilakukan dengan melakukan pengujian secara langsung pada parameter COD. Selain itu, dilakukan brainstorming untuk membuat diagram fishbone dan FMEA sehingga didapatkan akar permasalahan yaitu kandungan limbah yang ekstrim dengan RPN sebesar 450. Oleh karena itu diperlukan adanya perbaikan dengan menggunakan konsep 5Why Analysis yang kemudian didapatkan usulan membuat suatu kondisi / area untuk menetralisir atau mengurangi konsentrasi limbah keluaran produksi dengan melakukan pengecekan dan netralisasi suhu dan pH di Bak Tampungan sebelum dilakukan pengolahan pertama di pre-treatment, dan membuat jadwal pencucian mesin.


Keywords


Limbah, Susu, WWTP, COD, Fishbone, FMEA, 5Why Analysis

Full Text:

PDF

References


Assauri, S. (2004). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Press.

Chrysler, C. (1995). Potential Failure and Effects Analysis (FMEA) Reference Manual 2 nd Edition. Ford Motor Company.

Iswanto, A., M. Rambe, A., & Ginting, E. (2013). Aplikasi Metode Taguchi Analysis Dan Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) Untuk Perbaikan Kualitas Produk Di Pt. Xyz. Jurnal Teknik Industri USU, 2(2), 13–18.

Nahak, R. J., Khotimah, S., & Turnip, M. (2014). Aspek Mikrobiologi Susu Sapi Murni Dengan Penambahan Sari Rimpang Bangle (Zingiber Cassumunar Roxb). Universitas Tanjungpura, 3(3), 69–74.

Nastiti, H. (2018). Analisis Pengendalian Kualitas Produk Dengan Metode Statistical Quality Control. Manajemen Fakultas Ekonomi UPN, 1, 43.

Pergub DKI Jakarta. (2013). Peraturan Gubernur Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Jakarta : PERGUB DKI JAKARTA.

Roger, D. L. (1995). Reliability Analysis for Engineer. Oxford: Oxford University Press.

Scarvada, A. ., Tatiana, B.-C., Susan, M. G., & Julie, M. H. (2004). A Review of the Causal Mapping Practice and Research Literature. Second World Conference on POM and 15th Annual POM Conference. Cancun: Mexico.

Suprijanto. (2009). Pendidikan Orang Dewasa. Jakarta: PT. Bumi Aksara. Tri, D., Rakhmanita, A., & Anggraini, A. (2019). Implementasi Kaizen Dalam

Meningkatkan Kinerja Pada Perusahaan Manufaktur Di Tangerang. Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Bisnis, 3(2), 198–206.

Widi, Y. (2016). Analisis Pengendalian Kualitas Limbah Cair Industri Farmasi dengan Metode Six Sigma. Universitas Pancasila, Jakarata.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Proceeding Mercu Buana Conference on Industrial Engineering

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Journal ISSN:

Portal ISSNe-ISSN
2988-4284

Tim Editorial Office
Proceeding Mercu Buana Conference on Industrial Engineering

Program Studi Magister Teknik Industri Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Meruya Selatan No. 1 Kembangan Jakarta Barat
Email: [[email protected]]
Website: https://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/mbcie/

The Journal is Indexed and Journal List Title by:

 

 

in Collaboration with: