Pengembangan Produk dengan Mempertimbangkan Preferensi Konsumen

Faradila Litazary, Anita Oktaviana Trisna Devi, Erna Indriastiningsih

Abstract


Pengembangan produk adalah hal yang dilakukan oleh perusahaan untuk melengkapi produk yang dimiliki dengan tujuan memenuhi kebutuhan konsumen yang berbeda beda. Melakukan inovasi produk adalah salah satu cara yang jitu untuk menghadapi berbagai persaingan yang ada. Desssert box adalah salah satu inovasi produk yang dimiliki oleh Atifa Kitchen. Produk ini hanya memiliki satu ukuran dan satu varian rasa. Awal diciptakan dessert box ini sangat disambut hangat oleh konsumen. Tetapi seiring berjalan nya waktu penjualan dessert box ini mengalami penurunan yang cukup signigfikan. Oleh karena itu perlu dilakukan pengembangan produk. Pegembangan dessert box ini dilakukan dengan mengetahui hal yang disukai konsumen. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui usulan pengembangan produk dessert box dengan mempertimbangkan preferensi konsumen. Pengembangan produk dalam penelitian ini menggunakan metode Conjoint Analysis bertujuan memperoleh stimulus yang disukai oleh konsumen, memperoleh nilai kepentingan masing-masing atribut, dan memperoleh usulan pengembangan produk. Didapatkan empat atribut dengan nilai tertinggi pada dessert box sesuai dengan keinginan konsumen, yaitu rasa, visual, harga, serta packaging. Empat level dari atribut rasa yaitu dark choco, vanilla cheese, lotus, dan tiramisu. Atribut visual memiliki tiga level yaitu minimalis, elegan, colorfull. Atribut harga memiliki tiga level yaitu 20.000-30.000 (150ml), 30.000-40.000 (350ml), dan 40.000-50.000 (450ml). Atribut packaging memiliki tiga level yaitu praktis, aman, dan estetika (menarik). Berdasarkan preferensi konsumen, terdapat 16 kombinasi atribut dessert box. Kombinasi produk terbaik yaitu dessert box rasa dark choco dengan visual elegan dan harga 20.000-30.000 (150 ml) serta packaging estetika.

Keywords


Produk; Conjoint Analysis; Preferensi Konsumen

Full Text:

PDF

References


Aini, A. L. (2024). Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Produk Best Seller Brownies Cinta Studi Kasus : Brownies Cinta Karanganyar. 2(1), 1–8.

Al Basya, M. F. Y. (2018). Analisis Preferensi Konsumen terhadap Keputusan Menggunakan Jasa Kursus Bahasa Inggris (Studi Pada Pelanggan Lembaga Kursus Bahasa Inggris di Kampung Inggris Pare). Repository Universitas Brawijaya, i–xvi, 1–167.

Devi, A. O. T., & Primasanti, Y. (2020). Model Pemasaran Batu Bata Ramah Lingkungan Berdasarkan Persepsi Konsumen. J@ti Undip : Jurnal Teknik Industri, 15(3), 153–161. https://doi.org/10.14710/jati.15.3.153-161

Dwi Santoso, A. (2016). Analisis konjoin terhadap preferensi pengguna layanan perpustakaan universitas negeri semarang. Skripsi, 1(1), 44–47.

J., Oktipianti, E., Afriani, S., & Rahman Febliansa, M. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Promosi, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Toko Fashion Citra Merek Bengkulu Selatan). Jurnal Ekombis Review, 11(2), 1427–1436. https://jurnal.unived.ac.id/index.php/er/indexDOI:https://doi.org/10.37676/ekombis.v11i12

Fithri, P., Hayuzikra, A., Hasan, A., & Muluk, A. (2023). Pengembangan Produk Roti Sorgum Vla Dadih Dengan Mempertimbangkan Preferensi Konsumen. Jurnal Teknik Industri: Jurnal Hasil Penelitian Dan Karya Ilmiah Dalam Bidang Teknik Industri, 9(2), 436. https://doi.org/10.24014/jti.v9i2.22557

Hardhiansyah. (2018). Pengaruh Pengendalian Intern Bidang Akuntansi,Pengembangan Mutu Karyawan Dan Komitmen Organisasi Terhadap Pencegahan Kecurangan AkuntansI (Studi Pada Bank BRI di Kota Pekanbaru). Skripsi, 53(1), 59–65. http://dx.doi.org/10.1016/j.encep.2012.03.001

Harsono, A. H. B. (2019). Preferensi Konsumen terhadap Kerupuk Jagung Produksi Home Industri Anggun di Desa Manding Timur Kecamatan Manding Kabupaten Sumenep. Seminar Nasional Optimalisasi Sumberdaya Lokal Di Era Revolusi Industri 4.0, 342–349. https://www.ejournalwiraraja.com/index.php/PROSD/article/view/848/770

Hasdiana, U. (2018). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. Analytical Biochemistry, 11(1), 1–5. http://link.springer.com/10.1007/978-3-319-59379-1%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/B978-0-12-420070-8.00002-7%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.ab.2015.03.024%0Ahttps://doi.org/10.1080/07352689.2018.1441103%0Ahttp://www.chile.bmw-motorrad.cl/sync/showroom/lam/es/

Irvan, M. (2011). Jurnal Ilmiah Faktor Exacta Fase Pengembangan Konsep Produk Dalam Kegiatan Perancangan Dan Pengembangan Produk Program Studi Teknik Industri , Fakultas Teknik , Matematika dan IPA Universitas Indraprasta PGRI Jurnal Ilmiah Faktor Exacta. 4(3), 261–274.

Kojo, C., Rogi, M. H., & Lintong, D. C. (2018). Pkm Pengembangan Inovasi Produk Makanan Dan Minuman Yang Dijual Di Seputaran Kampus Unsrat Bahu. Jurnal Lppm Bidang Ekososbudkum, 4(2), 68–76.

Lestyorini Deny. (2016). Model Analisis Pengembangan Produk Baru Obat Herbal di Indonesia dengan Mempertimbangkan Preferensi Konsumen. 4, 1–23.

Naibaho, T. T. (2019). Analisis Perbedaan Tingkat Pendapatan Terhadap Hasil komoditi perkebunan yang memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi di antara tanaman perkebunan lainnya dan berperan penting sebagai sumber devisa negara salah satunya adalah kopi ( coffea spp ). Kopi t. Penelitian Pendidikan Sosial Humaniora, 4(1), 505–513.

Putri, N. T., & Sukma, M. (2021). Development of Chocolate Beverage Products by Considering Consumer Preferences. Proceedings of the Second Asia Pacific International Conference on Industrial Engineering and Operations Management, 1782–1793.

Suess, C., & Mody, M. (2017). Hospitality healthscapes: A conjoint analysis approach to understanding patient responses to hotel-like hospital rooms. International Journal of Hospitality Management, 61(14), 59–72. https://doi.org/10.1016/j.ijhm.2016.11.004

Syahnas, N. F., Suhendra, A. A., Wulandari, S., Prodi, S., Industri, T., Industri, F. R., & Telkom, U. (2020). Design of Cotton.Go Shirt Product based On Consumer. 7(2), 6039–6047.

Wijayanto, H. (2007). Analisis Konjoin: Metode Full Profile Dan Cbc Untuk Menelaah Persepsi Mahasiswa Terhadap Pilihan Pekerjaan. Forum Statistika Dan Komputasi, 12(1), 8–17.




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/MBCIE.2024.018

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Proceeding Mercu Buana Conference on Industrial Engineering

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Journal ISSN:

Portal ISSNe-ISSN
2988-4284

Tim Editorial Office
Proceeding Mercu Buana Conference on Industrial Engineering

Program Studi Magister Teknik Industri Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Meruya Selatan No. 1 Kembangan Jakarta Barat
Email: [[email protected]]
Website: https://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/mbcie/

The Journal is Indexed and Journal List Title by:

 

 

in Collaboration with: