Pengaruh Gaya Komunikasi Melalui Customer Orientation of Service Employee Melalui Dedicational Behaviour (Studi Pada Swiss-Belhotel Pondok Indah)

Muhammad Syarif

Abstract


Industri perhotelan adalah industri jasa yang memadukan antara produk dan layanan. Sedangkan layanan yang dijual adalah keramah-tamahan dan keterampilan karyawan hotel dalam melayani pelanggannya. Dalam industri perhotelan interaksi langsung paling sering terjadi antara pelanggan atau tamu dengan resepsionis. Interaksi antara tamu dengan resepsionis merupakan impresi pertama dan menghasilkan kesan tertentu bagi tamu serta berpengaruh kepada kepuasan tamu hotel. Dalam penelitian ini gaya komunikasi yang memprediksi berdasarkan hasil penelitian daya tarik seorang komunikator yang terdiri dari 3 (tiga) gaya komunikasi terbaik berdasarkan hasil penelitian, adapun ketiganya yakni attentive, friendly, and relax. Paradigma ilmu sosial positivisme menjadi landasan penelitian ini. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini bersifat kuantitatif. Berdasarkan tujuan, penelitian ini termasuk ke dalam penelitian deskriptif. Penelitian ini melibatkan seluruh pelanggan atau tamu Swiss-Belhotel Pondok Indah. Teknik penarikan sampel menggunakan teknik nonprobability sampling dengan jenis purposive random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan metode Structural Equation Method (SEM). Hasil uji hipotesis keterikatan antar gaya komunikasi menujukkan ketiganya saling berpengaruh. Uji dilakukan dimulai dengan attentive memiliki pengaruh terhadap friendly dan sebaliknya artinya dugaan tersebut diterima. Demikian pula dengan friendly dan relax, sehingga hipotesis friendly memiliki pengaruh terhadap relax dan sebaliknya diterima dan juga hipotesis attentive memiliki pengaruh terhadap relax dan sebaliknya. Kesimpulannya gaya komunikasi attentive memiliki pengaruh yang paling besar terhadap COSE dan COSE memiliki pengaruh terhadap dedicational behaviour. Implikasinya terdapat pengaruh gaya komunikasi melalui customer orientation of service employee terhadap dedicational behaviour di Swiss-Belhotel Pondok Indah.

Keywords


communication style, customer orientation of service employee, dedicational behavior. structural equation method

Full Text:

PDF

References


Bruža, B., & Rudančić, A. (2018). Influence of information-communication trends on business communication in hotel industry. Interdiscplinary Management Research XIII, June.

Gilmore, S. K. & Fraleigh, P. W. (1993). Style profile for communication at work. Oregon. Friendly Press

Kang, J., & Hyun, S. S. (2012). Effective communication styles for the customer-oriented service employee: Inducing dedicational behaviors in luxury restaurant patrons. International Journal of Hospitality Management, 31(3), 772–785. https://doi.org/10.1016/j.ijhm.2011.09.014

Khan, S., Yan, X., Muhammad Shah, A., Zhai, L., & Asad Ali Shah, S. (2018). Impact of Mobile Electronic Word of Mouth ( EWOM ) on Consumers Purchase Intentions in the Fast-Causal Restaurant Industry in Indonesia Impact of Mobile Electronic Word of Mouth ( EWOM ) on Consumers Purchase Intentions in the Fast-Causal Restaurant Indus. Hawaii International Conference on System Sciences, September. Kim, H. S., Clabo, L. M. L., Burbank, P. M., Leveillee, M., & Martins, D. (2010). Handbook of Reflection and Reflective Inquiry. In Handbook of Reflection and Reflective Inquiry (Issue October 2018). https://doi.org/10.1007/978-0-387-85744-2https://doi.org/10.24251/HICSS.2018.479

Littlejohn, Stephen W. dan Foss, Karen A. (2018). Teori Komunikasi Theories of Human Communication. Edisi 9. Jakarta: Salemba Humanika.

Lupiyoadi, Rambat. (2001). Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi Pertama. Salemba Empat: Jakarta.

Neuman, W. Lawrence. 2013. Metodologi Penelitian Sosial Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif Edisi 7. Jakarta: Indeks

Norton, R.W., (1977). Teacher effectiveness as a function of communicator style. In: Ruben, B.D. (Ed.), Communication Yearbook. Transaction Books, New Brunswick, NJ, pp. 524–542.

R. Wayne, Pace, and Faules Don F. (2013). Komunikasi Organisasi: Strategi Meningkatkan Kinerja Perusahaan. edited by M. Deddy. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabeta.

Suryadi, Israwati. 2010. Teori Konvergensi Simbolik. Jurnal Academia Fisip Untad. Volume 2, Nomor 2. Edisi Oktober 2010, Palu.

Yim, C.K., Tse, D.K., Chan, K.W., (2008). Strengthening customer loyalty through intimacy and passion: roles of customer–firm affection and in services. Journal of Marketing Research 45 (6), 741–756.




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/mediakom.v10i2.11447

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


MEDIAKOM Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi
Magister Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax: +62215871335
p-ISSN: 1979-0139
e-ISSN: 2597-4793
http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/mediakom



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats

 

The Journal is Indexed and Journal List Title by: