Strategi Promosi Cleveland CycleWerks Melalui Media Sosial Instagram Dalam Meningkatkan Brand awareness Dan Penjualan Selama Masa Pandemi Covid-19
Abstract
Di awal tahun 2020, Indonesia mulai terjangkit virus Covid-19. Dampak dari pandemi Covid-19 dirasakan berbagai pihak. Bisnis menjadi salah satu sector yang terdampak cukup besar, bahkan mengalami krisis di tengah pandemi ini. Dalam waktu yang cukup singkat, pola pemasaran pun berubah. Dari offline menjadi. Selama masa Pandemi ini, media sosial menjadi salah satu bentuk komunikasi yang paling efektif. Dapat dilihat bahwa fenomena penggunaan media sosial, salah satunya Instagram, saat ini dapat dirasakan sekali kegunaannya, terutama bagi dunia komunikasi pemasaran di saat pandemi Covid-19 ini. Cleveland CycleWerks berusaha menggunakan media sosial Instagram untuk tetap mempertahankan bisnisnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi Promosi Cleveland Cyclewerks melalui sosial media Instagram untuk meningkatkan brand awareness dan penjualan selama Pandemi Covid-19 dengan suatu studi aktifitas Instagram Cleveland selama masa pandemi Covid-19 yaitu dari bulan Maret 2020 - September 2020. Teori yang digunakan yaitu Marketing Mix 4P dari Kotler & Keller dan Piramida Brand Awareness dari Aaker dengan metode penelitian studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan penjualan Cleveland selama masa Pandemi menurun. Hal ini disebabkan karena keterbatasan Cleveland dalam mempromosikan produknya. Pandemi juga mempengaruhi perekonomian, sehingga konsumen lebih memilih untuk tidak melakukan banyak pengeluaran.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aaker, David. 1997. Manajemen Ekuitas Merek. Spektrum : Jakarta.
Agus, Hermawan. 2012. Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Alma, Buchari. 2003. Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa. Edisi Kedua. Alfabeta: Bandung.
Alo, Liliweri. 2011. Komunikasi Antar Personal. Remaja Rosdakarya: Jakarta.
Basu Swastha. 2002. Manajemen Pemasaran Edisi Kedua. Cetakan Kedelapan. Penerbit Liberty: Jakarta.
Brigham, Eugene.F dan Joel F. Houston. 2001. Manajemen Keuangan. Edisi Kedelapan Buku 2. Erlangga : Jakarta.
Durianto, Darmadi. 2004. Strategi Menaklukkan Pasar melalui Riset Ekuisitas dan Perilaku Merek. Gramedia : Jakarta.
Griffin, Ricky,W. & Ronald J.Ebert. 2007. Bisnis, edisi kedelapan jilid satu. Terjemahan. Erlangga: Jakarta.
Kasali, Rhenald. (2006). Pop Marketing Dalam Konteks Pemasaran Indonesia. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
Kotler dan Keller .(2009). Manajemen Pemasaran 1.Edisi ketiga belas. Erlangga: Jakarta.
Kotler, Philip. Amstrong, Garry. (2004). Prinsip-prinsip Pemasaran. Erlangga, Jakarta.
Kotler, Philip. Amstrong, Garry. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid 1. Erlangga, Jakarta.
Kriyantono, Rahmat. 2006. Teknik Praktis Riset Komunikasi. PT. Kencana Perdana : Jakarta.
Kriyantono, Rachmat. (2008). PR Writing: Media Public Relations Membangun Citra Korporat, Kencana : Jakarta.
Levy, Pierre, 2001, Cyberculture, Electronik Mediations, V. 4, Minneapolis,Minn: London university of Minnesota Press.
Littlejohn, Stephen W & Karen A. Foss.2009. Teori Komunikasi, edisi 9. Salemba Humanika : Jakarta.
McQuail, Dennis. 2011. Teori Komunikasi Massa. Salemba Humanika : Jakarta.
Moekijat. 2000. Manajemen Pemasaran. Mandar maju : Bandung.
Moleong Lexy J. 2001. Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosda Karya: Bandung.
Mulyana, Deddy.2002 Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya: Bandung.
Mulyana, Deddy. 2007. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Moleong Lexy J. 2001. Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosda Karya: Bandung.
Moleong, L.J. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. PT. Remaja Rosdakarya: Bandung.
Puntoadi, Danis, 2011. Menciptakan Penjualan Melalui Social Media. PT Elex Komputindo : Jakarta.
Raco, J. R. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Grasindo : Jakarta.
Rangkuti, Freddy. ((2009). Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. PT. Gramedia Pustaka Utama : Jakarta.
Strauss and J. Corbin. 1990. Qualitative Research; Grounded Theory Procedure and Techniques. Sage Publication: London.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta: Bandung
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta: Bandung.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Alfabeta: Bandung
Tandjung. 2004. Marketing Management : Pendekatan Pada Nilai-Nilai Pelanggan, Edisi Kedua. Penerbit Bayumedia : Malang.
Tjiptono dan Chandra, G. (2012). Pemasaran Strategik. Edisi Kedua. ANDI : Yogyakarta.
Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran Edisi 3, ANDI: Yogyakarta.
Wenats, Ag Eka, Kurniawaty Yusuf, dkk. 2012. Integrated Marketing Communications, Komunikasi Pemasaran di Indonesia.. PT Gramedia Pustaka Utama: Jakarta.
Winardi, 2002. Motivasi dan Pemotivasian dalam Manajeman. PT.Grafindo Persada: Jakarta.
Yin, Robert K. 2011. Qualitative Research from Start to Finish. The Guilford Press : New York.
JURNAL
ElAydi, H. O. (2018a). The effect of social media marketing on brand awareness through Facebook: An individual-based perspective of mobile services sector in Egypt. Open Access Library Journal, 5(10), 1–5.
ElAydi, H. O. (2018b). The Effect of Social Media Marketing on Brand Awareness through Facebook: An Individual-Based Perspective of Mobile Services Sector in Egypt. OALib, 05(10), 1–5. https://doi.org/10.4236/oalib.1104977
Handika, M. R., Maradona, A. F., & Dharma, G. S. (2018). Strategi Pemasaran Bisnis Kuliner Menggunakan Influencer Melalui Media Sosial Instagram. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Undiknas.
Hidayati, F. N. (2016). Analisis strategi promosi pada butik online Miulan di CV Miulan. UIN Walisongo.
Insania, R., & Mutiaz, I. R. (2013). Brand Awareness Strategy for Fashion Urban Youth Local Brand" Pinx Project". Indonesian Journal of Business Administration, 2(18), 68750.
Kitsa, M., & Mudra, I. (2018). Social media tools for TV programmes promotion. Communication Today, 9(2), 56–73.
Latif, W. B., Islam, M. A., & Noor, I. M. (2014). Building Brand Awareness in the Modern Marketing Environment: A Conceptual Model. IJBT, 4, 69–82.
Mahardhika, W. B., & Sunariani, N. N. (2019). Strategi Pemasaran Produk Makanan Catering Melalui Media Sosial Instagram. Jurnal Manajemen Bisnis, 16(1), 13–27.
Melzendhy, A., & Yuningsih, A. (2016). StrategiPromosi PT. Matoa Indonesia Digdaya. Prosiding HubunganMasyarakat ISSN, 2460, 6510.
Nihayah, J. (2016). Strategi Komunikasi Penggalangan Dana Sosial Sedekah Rombongan Melalui Instagram. Skripsi S1 Fakultas Dakwah Dan Komunikasi, Program Studi Komunikasi Dan Penyiaran Islam, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Oktavia, E. (n.d.). STRATEGI YANG DIGUNAKAN INDO MARKETING SOLUTION UNTUK MENCIPTAKAN BRAND AWARENESS MAJALAH LAHAP.
RASOOL, H. (2019). STRATEGI PROMOSI CLICK CORNER MUSIC CAF? MELALUI SOCIAL MEDIA INSTAGRAM UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS DI TAHUN 2018. Universitas Mercu Buana Jakarta.
Sa’diya, L. (2017). Strategi Promosi di Media Sosial Instagram Terhadap Kesadaran Merek Di Era Generasi Z. Competence: Journal of Management Studies, 11(2).
Tsimonis, G., & Dimitriadis, S. (2014a). Brand strategies in social media. Marketing Intelligence & Planning.
Tsimonis, G., & Dimitriadis, S. (2014b). Brand strategies in social media. Marketing Intelligence and Planning, 32(3), 328–344. https://doi.org/10.1108/MIP-04-2013-0056
Untari, D., & Fajariana, D. E. (2018). Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram (Studi Deskriptif Pada Akun@ Subur_Batik). Widya Cipta: Jurnal Sekretari Dan Manajemen, 2(2), 271–278.
DOI: http://dx.doi.org/10.22441/mediakom.v10i2.12627
Refbacks
- There are currently no refbacks.
MEDIAKOM Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi
Magister Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax: +62215871335
p-ISSN: 1979-0139
e-ISSN: 2597-4793
http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/mediakom
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
The Journal is Indexed and Journal List Title by: