Komodifikasi Privasi Dalam Media Massa Perspektif Ekonomi Politik Media

Olivia Chintya Dewi

Abstract


Di Indonesia, bentuk komodifikasi juga kentara terutama jika dilihat dari banyaknya acara yang disebut infotainment di Indonesia. Di satu sisi, pembangunan pasar infotainment pemirsa juga didasarkan pada proses dialektika. Realitas objektif awal dari kemunculan infotainment adalah tuntutan dari peraturan pemerintah akan adanya suatu program dalam negeri/lokal untuk mengimbangi kesan impor pada industri televisi Indonesia. Di sisi lain, program infotainment juga muncul sebagai tuntutan pemilik modal untuk mendapat untung. Masalahnya, terkadang bahkan pelaksanaan dan penayangan acara infotainment tersebut juga meleset dari tema yang seharusnya ia usung. Sebagai contoh, dalam tulisan ini diangkat bagaimana Ini Talkshow yang ditayangkan di NET, beralih dari suatu program yang seharusnya mengangkat persoalan yang terjadi di masyarakat dengan penyampaian yang ringan, menjadi suatu acara yang melakukan komodifikasi terhadap pembawa acara utamanya, yaitu Sule dan Andre Taulany. Metodologi penelitian deskriptif kualitatif digunakan dalam penelitian ini, berdasarkan pengamatan, wawancara atau penelaahan dokumen. Dalam tulisan ini akan dilakukan analisis yang lebih mendalam mengenai proses komodifikasi tersebut, terutama ditinjau dari konsep komodifikasi dari Vincent Mosco.


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Amalia, A. A., Gafar, A., & Sonni, A. F. (2017). Tanggapan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Hasanuddin Terhadap Tayangan “Ini Talkshow” Di Net (News and Entertainment). KAREBA: Jurnal Ilmu Komunikasi 5.2, 246-258.

Christy, M., Alfatih, A., & Wulantari, R. A. (2018). Komodifikasi Privasi Di Media Massa: Studi Pada Program Rumpi No Secret Trans Tv 16 September 2016. Skripsi Sriwijaya.

Handoyo, A. I. (2019). Pengungkapan dan Komodifikasi Privasi Selebriti Indonesia Melalui Vlog (Studi Analisis pada Kanal YouTube RANS Entertainment). Skripsi Universitas Airlangga.

Haryono, C. G. (2018). Commodification of Labor and the Morphogenesis of Exploitative Structures in Television Program Production. International Conference on Media and Communication Studies (ICOMACS 2018).

Ibrahim, I. S., & Akhmad, B. A. (2014). Komunikasi dan komodifikasi: Mengkaji media dan budaya dalam dinamika globalisasi. Yogyakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Mosco, V. (2009). The political economy of communication. Sage Publications.

Ouellette, L. (2016). A companion to reality television. John Wiley & Sons.

Putra, A. M., & Tamaela, A. H. (2002). Komodifikasi Wayang Di Televisi (Kajian Ekonomi Politik Program Bukan Sekedar Wayang Di NET TV). Editor, 263.

Syas, M. (2010). Political Economy, Television Industry, and Media Ethics: Case Commodification and structurization in Infotainment Programs in Indonesian Television. Indonesian Journal of Communication Studies 3.1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


MEDIAKOM Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi
Magister Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax: +62215871335
p-ISSN: 1979-0139
e-ISSN: 2597-4793
http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/mediakom



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats

 

The Journal is Indexed and Journal List Title by: