PENERAPAN 7C DALAM MENSOSIALISASIKAN PAHAM ANTI RADIKALISME DI UNIVERSITAS MERCU BUANA

Amirullah Munawir, Irmulansati Tomohardjo

Abstract


Penelitian ini membahas mengenai penerapan 7C dalam mensosialisasikan paham anti radikalisme. Penelitian ini bertujuan untuk memahami proses dan strategi komunikasi dengan 7C di lingkup Universitas Mercu Buana dalam mensosialisasikan paham anti radikalisme.. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif dengan Teknik pengumpulan data berupa wawancara secara mendalam dengan para narasumber ahli. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik Miles & Huberman serta teknik pemeriksaan kepercayaan menggunakan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini, menunjukan bahwa sosialisasi sesuai dengan strategi komunikasi 7c oleh Cutlip & Center yang terdiri dari kredibilitas, dengan menyebarkan informasi dari sumber terpercaya sesuai konteks yaitu apa yang dikatakan saat sosialisasi integrasi dan pluralism bangsa di lingkungan Universitas Mercu Buana. Selain itu menjelaskan konten yang digunakan, media yang digunakan dan isi pesan yang disampaikan. Salah satu program yang dibuat oleh pihak Universitas Mercu Buana adalah Bela Negara dan Seminar Kebangsaan.

Keywords


Strategi Komunikasi, Universitas Mercu Buana, 7 C Cutlip & Center, Integrasi dan Pluralisme Bangsa

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.22441/mediakom.v11i1.17948

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


MEDIAKOM Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi
Magister Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax: +62215871335
p-ISSN: 1979-0139
e-ISSN: 2597-4793
http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/mediakom



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats

 

The Journal is Indexed and Journal List Title by: