Fungsi dasar Public Relations dalam Pemerintah adalah membantu menjabarkan serta tercapainya tujuan program Pemerintah, meningkatkan sikap responsif pemerintah, serta memberi publik informasi yang cukup untuk dapat melakukan pengaturan diri sendiri (Lattimore 2010). Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) pada tahun 2021 berhasil mendapat predikat baik pada survei kepuasan masyarakat elektronik yang diselenggarakan oleh Pusat Pengelolaan Transportasi Berkelanjutan (PPTB) Kementerian Perhubungan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskrisikan strategi komunikasi yang digunakan Humas BPTJ dalam membentuk citra positif. Penelitian ini menggunakan teori strategi komunikasi menurut Onong Uchjana Efendy. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Humas BPTJ dalam menjalankan strategi komunikasi menggunakan metotede penyampaian informasi dengan komunikasi dua arah. Humas BPTJ dalam penyampaian informasinya membagi menjadi 3 cara melalui below the line, above the line, dan new media. Kegiatan komunikasi yang menjadi strategi dan diimplementasi oleh Humas BPTJ seperti kampanye jalan hijau, diskusi isu dengan pakar transportasi, presbackground, press tour, pameran dan jumpa pers akhir tahun. Dengan implementasi strategi komunikasi yang diterapkan BPTJ berhasil mendapatkan predikat sangat baik pada survei kepuasan masyarakat di tahun 2022, ini mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya. Ini menunjukan bahwa BPTJ mendapatkan citra positif melalui kegiatan komunikasi yang telah diterapkan Humas BPTJ.
Alhadid, Anas Y., and Batool Ahmmad Qaddomi. 2016. “The Role of Public Relations on Company Image: Social Media as a Moderating Variable: A Case Study at the Applied Science Private University at Jordan.” International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences 6(4):310–17. doi: 10.6007/ijarbss/v6-i4/2109.
BPTJ, Humas. 2021a. “Hasil Polling Kepuasan Pemohon Informasi CC 151 & Medsos BPTJ.” Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek. Retrieved October 13, 2021 (http://bptj.dephub.go.id/hasil-polling-kepuasan-pemohon-informasi-bptj).
BPTJ, Humas. 2021b. “Hasil Survei Kepuasan Masyarakat BPTJ.” Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek. Retrieved October 13, 2021 (https://bptj.dephub.go.id/post/read/hasil-survei-kepuasan-masyarakat-tahun-2021).
Dunan, Amri, and Bambang Mudjiyanto. 2020. “The Republic of Indonesia Government Public Relations Communication Strategy in the Era of the Industrial Revolution 4.0.” Journal of Southeast Asian Studies 25(1):58–78. doi: 10.22452/jati.vol25no1.4.
Effendy, Onong Uchjana. 2005. Ilmu Komunikasi Teori Dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Effendy, Onong Uchjana. 2009. ILMU KOMUNIKASI Teori Dan Praktek. 22nd ed. edited by T. Surjarman. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Lattimore. 2010. Public Relation: Profesi Dan Praktek. Jakarta: Salemba Humanika.
Putra, Ardylas Y. 2014. “Strategi Komunikasi BNN (Badan Narkotika Nasional) Kota Samarinda Dalam Mensosialisasikan Bahaya Narkoba.” EJournal Ilmu Komunikasi 2(2):78–88.
Tasente, Tănase. 2019. “Social Media Communication in the European Administration. Case Study: European Commission.” Acta Universitatis Danubius. Communicatio 13(2):57–68.
MEDIAKOM Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Magister Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta 11650 Tlp./Fax: +62215871335 p-ISSN: 1979-0139 e-ISSN: 2597-4793 http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/mediakom