Pengaruh Promosi Online dan Visualisasi Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Followers Instagram IM DONUTS
Abstract
Promosi online mencakup berbagai strategi pemasaran yang dilakukan melalui platform internet untuk mempromosikan produk atau layanan. Disamping itu, visualisasi produk melibatkan penggunaan elemen visual, seperti gambar, video, atau presentasi grafis, untuk menampilkan produk atau layanan dengan cara yang menarik dan informatif. IM DONUTS merupakan sebuah umkm yang berasal dari Tanggamus, Lampung. Untuk meningkatkan penjualan produk, IM DONUTS memanfaatkan social media marketing sebagai bentuk komunikasi pemasaran produk-produknya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh promosi online dan visualisasi produk terhadap minat beli konsumen followers instagram IM DONUTS. Adapun metode yang yang digunakan adalah analisis kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuisioner melalui google form. Analisis data dilakukan dengan cara metode analisis regresi linier berganda menggunakan bantuan aplikasi SPSS 29.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui teori S-O-R yang digunakan, diketahui bahwa stimulus (S) dalam penelitian ini adalah pesan yang disampaikan dalam bentuk promosi online dan visualisasi produk, kemudian organismenya (O) adalah konsumen followers instagram IM DONUTS, dan respon (R) yang diberikan berupa minat beli konsumen IM DONUTS. Pada model ACM, advertisment (A) yang terwujud dalam bentuk prmosi online IM DONUTS yang berisi message dalam bentuk visualisasi produk. Media mix dalam penelitian ini adalah instagram IM DONUTS dengan jumlah followers 132 ribu per tanggal 18 Juni 2024, dan receivernya adalah konsumen followers instagram IM DONUTS. Dari model tersebut diharapkan menghasilkan feedback berupa minat beli konsumen IM DONUTS. Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa terbukti promosi online dan visualisasi produk memberikan pengaruh terhadap minat beli konsumen followers instagram IM DONUTS dengan nilai R sebesar 0.932 dan nilai sig. < 0.001.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.22441/mediakom.v14i2.29546
Refbacks
- There are currently no refbacks.
MEDIAKOM Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi
Magister Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax: +62215871335
p-ISSN: 1979-0139
e-ISSN: 2597-4793
http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/mediakom
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
The Journal is Indexed and Journal List Title by: