Strategi Komunikasi Persuasi Marketing Dalam Menawarkan Pinjaman Dana Pada Nasabah Perusahaan Jasa Keuangan Di Kabupaten Bogor

Choirullah Syawaludin

Abstract


Abstract.

The economic crisis in Indonesia since 2020, BPS reported the decline from all sectors such as MSMEs to large companies, resulting in mass layoffs. Persuasive communication strategy is a combination of persuasive communication planning with communication management, therefore in order to achieve the desired goals, the strategy made must reflect operational tactics. The steps in the components of a persuasive communication strategy will affect the achievement of the expected goals such as knowing the target audience, Current technological developments make it possible to communicate without limitations of space and time, one of which is using social media. In reality, currently social media can be a place to communicate and also increase income. This study aims to explain and describe what and how the persuasive communication strategy is and the obstacles experienced by the marketing team. This study uses the Relational Control Theory and Computer Mediated Communication theories with a constructivist paradigm in a qualitative approach. The results of the first study, the choice of persuasive communication strategy for the marketing team in offering loans to customers of financial services companies in Bogor Regency, namely building relationships such as relationship development models and approach techniques that influence communication intimacy, communication stages that influence changes in target attitudes through determining the audience, compiling message content or content containing promotions, determining the methods and communication media to be used.

Keywords: Persuasive Communication Strategy, Marketing, Communication Media

 

Abstrak.

Krisis ekonomi di Indonesia sejak 2020, BPS menyampaikan penurunan tersebut dari semua sektor seperti tingkat UMKM hingga perusahaan besar, sehingga menimbulkan PHK massal. Strategi komunikasi persuasif merupakan perpaduan antara perencanaan komunikasi persuasif dengan manajemen komunikasi, oleh karen itu agar mencapai tujuan yang diinginkan maka dalam strategi yang dibuat, harus mencerminkan operasional taktis. Langkah-langkah dalam komponen strategi komunikasi persuasif akan mempengaruhi tercapainya tujuan yang diharapkan seperti mengenal sasaran khalayak, Perkembangan teknologi saat ini memungkinkan untuk berkomunikasi tanpa batasan ruang dan waktu, salah satunya menggunakan media sosial. Kenyataannya, saat ini media sosial dapat menjadi wadah untuk berkomunikasi dan juga menambah penghasilan. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan menggambarkan apa dan bagaimana strategi komunikasi persuasi serta hambatan yang dialami tim marketing. Penelitian ini menggunakan teori Relational Control Theory dan Computer Mediated Communication dengan paradigma konstruktivis pada pendekatan kualitatif. Hasil penelitian satu, pilihan strategi komunikasi persuasi tim marketing dalam menawarkan pinjaman dana pada nasabah perusahaan jasa keuangan di Kabupaten Bogor yaitu membangun hubungan seperti model relationship development serta teknik pendekatan yang mempengaruhi keintiman komunikasi, tahapan komunikasi yang mempengaruhi perubahan sikap sasaran melalui penentuan khalayak, menyusun isi pesan atau konten yang berisikan promosi, menentukan metode dan media komunikasi yang akan digunakan.

Kata kunci: Strategi Komunikasi Persuasif, Marketing, Media Komunikasi


Full Text:

PDF

References


BPMI, S. W. (2024, July 11). Targetkan Penurunan Angka Kemiskinan 7,5 persen di 2024, Wapres Minta K/L. Retrieved from BPMI - Sekretariat Wakil Presiden: https://www.wapresri.go.id/targetkan-penurunan-angka-kemiskinan-75-persen-di-2024-wapres-minta-k-l-terkait-optimalkan-program-dan-anggaran/

Dispatch. (2017). ‘The Love’…Idol member’s hand gestures to make ‘Heart shape’. Dipetik Maret 14, 2018, dari https://www.koreadispatch.com/2017/09/21/the-love-idol-members-hand-gestures-to-make-heart-shape/

Limanseto, H. (2022, Oct 01). Perkembangan UMKM sebagai Critical Engine Perekonomian Nasional Terus Mendapatkan Dukungan Pemerintah. Retrieved from Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi, dan Persidangan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian: https://www.ekon.go.id/publikasi/detail/4593/perkembangan-umkm-sebagai-critical-engine-perekonomian-nasional-terus-mendapatkan-dukungan-pemerintah).

Nurhanisah, Y. (2020, Jun 03). Angka Kemiskinan di Indonesia Turun Lagi. Retrieved from Indonesiabaik.id: https://indonesiabaik.id/infografis/angka-kemiskinan-di-indonesia-turun-lagi

Rugoyah, F. N. (2021). STRATEGI BRANDING BANDUNG GIRI GAHANA GOLF SEBELUM DAN SAAT PANDEMI COVID-19. JURNAL PURNAMA BERAZAM UNIVERSITAS KARIMUN, VOL. 2, NO 2, 153. doi:https://doi.org/10.51742/ilkom.v2i2.342

Yulian, E. (2022, July 28). Inilah Para Peraih 18th Infobank Multifinance Awards 2022. Retrieved from Infobanknews: https://infobanknews.com/inilah-para-peraih-18th-infobank-multifinance-awards-2022/

Aryana Pratiwi, Desna, Dunan, Amri. (2021). “Communication Strategy Of Government Public Relations Depok City In Managing Covid-19 Information During Pandemic On Instagram”. International Journal of Educational Research & Social Scie ISSN: 2774-5406. VOL. 2 NO. 4 (2021): AUGUST 2021. https://ijersc.org/index.php/go/article/view/90

Batubara, Juliana. (2017). Paradigma Penelitian Kualitatif dan Filsafat Ilmu Pengetahuan dalam Konseling. Jurnal Fokus Konseling, Volume 3, No. 2, 95-107. https://core.ac.uk/download/pdf/229583626.pdf

DeVito, J. A. (2016). The Interpersonal Communication Book (14th ed.). Essex, England: Pearson Education Limited.

FAHMI, T. A. (2015). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN BISNIS JASA PENGIRIMAN BARANG (Analisis Kampanye Roadshow Mandiri Sejahtera Sdn-Bhd Malaysia) (Doctoral dissertation, Universitas Mercu Buana).

Hilderiah P, Rosmawaty. Rustika Dewi, Ika. (2020). Kreativitas Komunikasi Guru Produktif Otomotif Pada Murid SMK dalam Masa Pandemi Covid=19. LLTC 2020: Language Learning in the New Era. https://www.researchgate.net/profile/Rosmawaty-Hilderiah-Pandjaitan/publication/369506156_KREATIVITAS_KOMUNIKASI_GURU_PRODUKTIF_OTOMOTIF_PADA_MURID_SMK_DALAM_MASA_PANDEMI_COVID_19/links/641ea67666f8522c38d13559/KREATIVITAS-KOMUNIKASI-GURU-PRODUKTIF-OTOMOTIF-PADA-MURID-SMK-DALAM-MASA-PANDEMI-COVID-19.pdf

Kriyantono, Rachmat. (2014). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Laili Khoirun, Fatma. (2014). Persuasi Dalam Media Komunikasi Massa. AT-TABSYIR, Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam. Volume 2, Nomor 2, Juli – Desember 2014 https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/komunikasi/article/download/502/490

Littlejohn, Stephen W & Karen, A Foss. (2016). Ensiklopedia Teori Komunikasi. Jakarta. Kencana

McGuinness, D., & Simon, A. (2018). Information disclosure, privacy behaviours, and attitudes regarding employer surveillance of social networking sites. IFLA Journal, 44(3): 203–222

Mirawati, Ira. (2021). Pemanfaatan Teori Komunikasi Persiasif pada Penelitian E-Commerce di Era Digital. Medium. Volume 9 Nomer 1 ISSN: 2303-0194E-ISNN: 2615-1308. https://journal.air.ac.id/index.php/Medium/article/download/7443/3519/

Morissan. 2014. Teori Komunikasi Individu Hingga Massa. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Rina Apriliani, Siti. (2020). “Computer-Mediated Communication sebagai Sarana Presentasi Diri Guru PAUD”. Jurnal Ilmu Komunikasi dan Humaniora ISSN: 2614-5537 - Vol. 02, No. 02 (2020), pp. 80-94. https://journal.moestopo.ac.id/index.php/Humaniora/article/download/1029/582

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sumirat & Suryana , Soleh & Asep, 2014. Komunikasi Persuasif, Banten: Universitas Terbuka

Syamsurizal. (2016). Strategi Komunikasi Persuasif Dalam Aktivitas Pemasaran. Jurnal Lentera Bisnis Vol. 5 No. 2. https://plj.ac.id/ojs/index.php/jrlab/

Tamara Dwi Lestari Heny Wahyu, Dimyati Dindin, Shihab Mohammad. (2017). Strategic Communications and Corporate Branding: A Study of Jebsen & Jessen Indonesia Group. MediaTor, Vol 10 (1), Juni 2017, 37-52. https://www.neliti.com/id/publications/156665/strategic-communications-and-corporate-branding-a-study-of-jebsen-jessen-indones

Wibowo Adityo, Saktisyahputra, Dedi Susanto Rofian. (2021). Strategi Komunikasi Korporat Dalam Upaya Peningkatan Komunikasi Internal Dan Citra Perusahaan. Jurnal Lugas Institut Ilmu Sosial dan Manajemen Stiami. P-ISSN 2580-8338. E-ISSN 2621-1564 Vol. 5, No. 2, Desember 2021, pp. 125-132. https://ojs.stiami.ac.id/index.php/lugas/article/download/1871/pdf

Yin, Robert K. (2015). Studi Kasus Desain & Metode. Jakarta. Raja Grafindo Persada.

Susilo, A., Rumende, C. M., Pitoyo, C. W., Santoso, W. D., Yulianti, M., Herikurniawan, H., ... & Yunihastuti, E. (2020). Coronavirus disease 2019: Tinjauan literatur terkini. Jurnal penyakit dalam Indonesia, 7(1).

Pratiwi, D. A., & Dunan, A. (2021). Communication Strategy Of Government Public Relations Depok City In Managing Covid-19 Information During Pandemic On Instagram. International Journal of Educational Research & Social Sciences, 2(4), 891-898.

Yohana, Angel. Saifulloh, Muhammad. (2019). Interaksi Simbolik Dalam Membangun Komunikasi Antara Atasan Dan Bawahan Di Perusahaan. Wacana, Volume 18 No. 1, Juni 2019, hlm. 122 – 130. https://journal.moestopo.ac.id/index.php/wacana/article/view/720/464




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/mediakom.v14i2.29911

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


MEDIAKOM Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi
Magister Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana
Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta 11650
Tlp./Fax: +62215871335
p-ISSN: 1979-0139
e-ISSN: 2597-4793
http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/mediakom



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats

 

The Journal is Indexed and Journal List Title by: