Hubungan antara Perfeksionisme dengan Orientasi Motivasi pada Mahasiswa Universitas X

Riefka Anggraini Riefani, Karisma Riskinanti

Abstract


Motivasi merupakan suatu dorongan untuk melaksanakan aktivitas. Setiap mahasiswa penting untuk memiliki motivasi dalam menjalankan kegiatan perkuliahan baik akademik maupun non akademik. Setiap mahasiswa juga memiliki standar-standar tertentu untuk mencapai suatu tujuan dalam perkuliahan. Penetapan standar yang tinggi untuk meraih suatu tujuan merupakan sikap perfeksionisme. Perfeksionisme salah satunya ditandai dengan mahasiswa yang memiliki motivasi dalam mengikuti berbagai jenis kegiatan non akademik di kampus untuk mengembangkan potensi, sekaligus mengejar prestasi akademik. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah terdapat hubungan antara perfeksionisme dengan orientasi motivasi serta melihat hubungan antar aspek dari perfeksionisme dengan aspek dari orientasi motivasi pada mahasiswa sarjana Universitas X. Subjek penelitian ini berjumlah 300 responden yang dipilih dengan teknik accidental sampling. Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan uji korelasi product moment Pearson. Hasil analisis data menunjukkan bahwa hipotesis penelitian diterima, yaitu terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara perfeksionisme dengan orientasi motivasi pada mahasiswa sarjana Universitas X.

Keywords


orientasi motivasi; perfeksionisme; mahasiswa

Full Text:

PDF

References


Al-Rawwad, T.M., Alwan, F.A., & Mahasneh, A.M. (2019). The Level of Multidimensional Perfectionism and Motivational Orientation among Undergraduate Students. Psychology in Russia, vol.12, Iss. 2, 94-114. Doi: 10.11621/pir.2019.0208

Arnett, J.J. (2000). Emerging Adulthood. A Theory Development from The Late Teens through Twenties. American Psychological Asociation, 55(5), 469-480

Azwar, Saifuddin. (2005). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Belajar Azwar, Saifuddin. (2017). Metode Penelitian Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Brewster, C., & Fager, J. (2000). Increasing Student Engagement and Motivation: from

time-on-task to homework. Northwest Regional Educational Laboratory. Retrieved October

, 2019. From http://www.nwrel.org/request/oct00/textonly.html

Chang, E., Lee, A., Byeon, E., & Lee, S.M. (2015). The role of motivation in the relation between perfectionism and academic burnout in Korean Students. Personality and Individual Differences, 82, 221-226. http://dx.doi.org/10.1016/j.paid.2015.03.027

Cheng, S.K. (2001). Life Stress, Problem Solving, Perfectionism, and Depressive Symptoms in Chinese. Journal Cognitive Therapy and Research, 25 (3)

Danim, S. (2013). Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Alfabeta Deci, E.L. (1975). Intrinsic Motivation. New York: Plenum

Deci, E.L., & Ryan, R.M. (1985). Intrinsic Motivation and Self-Determination in Human Behavior. New York: Prenum

Deci, E.L, & Ryan, R.M. (2000). Intrinsic and Extrinsic Motivations: Classic Definitions and New Directions. Contemporary Educational Psychology 25, 54–67. Doi: 10.1006/ceps.1999.1020

Djibran, R.M., & Hulukati, W. (2018). Analisis Tugas Perkembangan Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Jurnal Bikotetik vol. 102, no. 01, 73-114

Dunkley, David., M, Kirk., R. Blankstein., Jennifer, Halsall, Meredith, Williams, & Gary Winkworth. (2000). The relation between perfectionism and distress: daily stress, coping, and perceived social support as mediators and moderators. Journal of Counseling Psychology. 47, 437-453. Doi: 10.1037/0022-0167.47.4.437

Felicia, F., Elvinawaty, R., & Hartini, S. (2014). Kecenderungan Pembelian Kompulsif: Peran Perfeksionisme dan Gaya Hidup Hedonisme. Psikologia, 9(3), 103-112

Gordon, L. Flett., Paul, L. Hewitt., & Tessa De Rosa. (1996). Dimensions of Perfectionism, Psychosocial Adjustment, and Social Skills. Personality Individual Differences. 20, 143-150

Hanchon, T.A. (2010). The relations between perfectionism and achievement goals. Personality and Individual Differences, 49 (8), 885-890. Doi: 10.1016/j.paid.2010.07.023

Hariyaningrum, D.D. (2017). Cognitive Behavior Therapy (CBT) Islami pada Seorang Gading yang Menderita Insomnia di Dirgorejo Gresik. (Undergraduate Thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya). Retrieved, October 14, 2019 from: http://digilib.uinsby.ac.id/14954

Hartaji, A.D. (2012). Motivasi Berprestasi pada Mahasiswa yang Berkuliah dengan Jurusan Pilihan Orang Tua. Jurnal Psikologi Universitas Gunadarma

Huliselan, N., & Papilaya, O.J. (2016). Identifikasi Gaya Belajar Mahasiswa. Jurnal Psikologi Universitas Diponegoro vol. 15 no. 1, April 2016, 56-23

Hurlock, Elizabeth. B. (2009). Psikologi Perkembangan: suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan. Jakarta: Erlangga

Jonathan, Sarwono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta:Graha Ilmu

Kasjono, H.S., & Yasril. (2009). Teknik Sampling Penelitian Kesehatan. Edisi pertama.

Yogyakarta: Graha Ilmu

Mahasiswa Baru UMB Meningkat 10 Persen. (2019, Agustus). Radar Bekasi. Retrieved from http://radarbekasi.id/2019/08/30/mahasiswa-baru-umb-meningkat-10-persen/

Mayseless, O., & Keren, E. (2013). Finding a Meaningful Life as a Developmental Task in

Emerging Adulthood. Emerging Adulthood, 2(1),63-73. Doi:10.1177/2167696813515446

Monks, et all. (2004). Psikologi Perkembangan: Pengantar Dalam Berbagai Bagiannya.

Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Nursalam. (2016). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan: pendekatan praktis. Ed. 4.

Jakarta: Salemba Medika

Palupi, Dyah Retno., & Wrastari, Aryani Tri. (2013). Hubungan Antara Motivasi Berprestasi dan Persepsi Terhadap Pola Asuh Orangtua Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Psikologi Angkatan 2010 Universitas Airlangga Surabaya. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan, vol.2 no 01.

Parker, W.D. (2000). Healthy Perfectionism in the Gifted. Journal of Secondary Gifted Education, 11 (4), 173-182. Doi: 10.4219/jsge-2000-632

Paul, L. Hewitt., Gordon, L. Flett., Wendy, Turnbull Donovan., & Samuel, F. Mikail. (1991). The Multidimensional Perfectionism Scale: Reliability validity, and psychometric properties in psychiatric samples. Journal of Consulting Clinical Psychology, 3, 464-468

Perguruan Tinggi Swasta Giat Jaring Mahasiswa. (2015, Januari). Kompas. Retrieved from https://edukasi.kompas.com/read/2015/01/22/02330031/Perguruan.Tinggi.Swasta. Giat.Jaring.Mahasiswa

Periantalo, Jelpa. (2015). Penyusunan Skala Psikologi Asyik, Mudah & Bermanfaat.

Yogyakarta: Pustaka Belajar

Peringkat Universitas Mercu Buana semakin membaik. (2019, Agustus). Antaranews. Retrieved from https://megapolitan.antaranews.com/berita/66988/peringkat- universitas-mercu-buana-semakin-membaik

Pranungsari, Dessy. (2010). Kecenderungan dan Perfeksionisme pada Anak Gifted di Kelas Akselerasi Humanitas: Jurnal Psikologi Indonesia 7(1)

Prokop, P., & Zoldosova, K. (2006). Analysis of Motivational Orientations in Science Education. International Journal of Science and Mathematics Education. Doi: 10.1007/s10763-005-9019-2

Purwanto, Ngalim. 2006. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Santoso, Agung. (2010). Statistika untuk Psikologi. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma

Santrock, J. (1995). Perkembangan Masa Hidup (ed. Ke 2). Jakarta: Erlangga

Schunk, D.H., Pintrich, P.R., & Meece, J.L. (2008). Motivation in Education: Theory, research, and applications (3rd ed). Upper Saddle River, NJ: Pearson Education

Sekaran, U. (1992). Research Methods for Business: A skill-building approach (2nd ed.) New York: John Wiley & Sons, Inc.

Siswoyo, D. (2007). Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY pers

Stahlberg, S.J. (2015). The relationships between perfectionism, achievement goal orientation, and goal setting (Tesis tidak diterbitkan, Fakultas Sains dan Perilaku). Diunduh dari https://helda.helsinski.fi/bitstream/handle/10138/159881/perfectionism,%20achiev ement%20goal%20orientations%20and%20goal%20setting%20%20Sta%CC%8A hlberg%20J.S..pdf?sequence=2

Stoeber, J., & Eismann, U. (2007). Perfectionism in young musicians: Relation with motivation, effort, achievement, and distress. Personality and Individual Differences, 43(8), 2182-2192. http://dx.doi.org/10.1016/j.paid.2007.06036

Stoeber, J., & Stoeber, F. S. (2009). Domains of perfectionism: Prevalence and relationships with perfectionism, gender, age, and satisfaction with life. Personality and Individual Differences, 46(4), 530–535. doi: 10.1016/j.paid.2008.12.006

Stoeber, J., Feast, A. R., & Hayward, J.A. (2009). Self-oriented and socially prescribed perfectionism: Differential relationships with intrinsic and extrinsic motivation and test anxiety. Personality and Individual Differences, 47, 423-428. http://dx.doi.org/10.106/j.paid.2007.06.036

Sugiyono. (2005). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta

Universitas Mercu Buana Kranggan Dorong Generasi Milenial Tingkatkan Branding Diri. (2019, Juni). JPNN news. Retrieved from https://www.jpnn.com/news/universitas-mercu-buana-kranggan-dorong-generasi- milenial-tingkatkan-branding-diri

Young, H., & Stoeber, J. (2012). The Physical Appearance Perfectionism Scale: Development and Preliminary Validation. Journal Psychopathological Behavior Assessment, 34 (1)

Yusuf, S. (2012). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Remaja Rosda Karya




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/merpsy.v13i1.15596

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Merpsy Journal

Tim Editorial Office

Merpsy Journal
Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana
(Kampus-A Meruya) Gedung E Lantai 1
Jalan Meruya Selatan No. 1, Kembangan, Jakarta Barat
Telepon : 081234880285
Jakarta
Email ([email protected])
Website (http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/merpsy)