Motivasi Berprestasi Mahasiswa Ditinjau dari Dukungan Sosial dan Harga Diri

Syafira Nur Fatimah, Merly Erlina

Abstract


Abstrak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dukungan sosial dan harga diri terhadap motivasi berprestasi pada mahasiswa. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Y Universitas X dengan jumlah responden yang didapatkan sebanyak 300 responden.  Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan teknik pengambilan sampling , yaitu accident sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, Skala Dukungan Sosial, Skala Harga Diri dan Skala Motivasi Berprestasi. Analisi data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda dengan bantuan SPSS 21.00. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara dukungan sosial terhadap motivasi berprestasi mahasiswa. Semakin tinggi dukungan sosial yang didapatkan individu maka semakin tinggi pula motivasi berprestasi, begitu juga sebaliknya. Ada pengaruh yang signifikan antara harga diri terhadap motivasi berprestasi mahasiswa fakultas Y universitas X. Semakin tinggi harga diri seseorang maka semakin tinggi pula motivasi berprestasi, begitu juga sebaliknya.  Ada pengaruh yang signifikan secara bersama-sama antara dukungan sosial dan harga diri terhadap motivasi berprestasi mahasiswa fakultas Y universitas X yang ditunjukkan oleh hasil uji F dimana nilai sig 0,000 < 0,05 yang berarti signifikan. Maka bisa ditarik kesimpulan jika kedua variabel independen memiliki pengaruh terhadap motivasi berprestasi sebagai variabel dependen. Semakin tinggi dukungan sosial yang didapatkan mahasiswa dan semakin tinggi harga diri mahasiswa maka semakin tinggi pula motivasi berprestasi mahasiswa, begitu juga sebaliknya.

 

Kata kunci : dukungan sosial, harga diri, motivasi berprestasi


Keywords


dukungan sosial, harga diri, motivasi berprestasi

Full Text:

PDF

References


Akhrima, H., & Rinaldi. (2019). Hubungan Antara Harga Diri Dengan Motivasi Berprestasi Pada Anak Panti Asuhan. Jurnal Riset Psikologi, 2019(3).

Amseke, F. V. (2018). Pengaruh Dukungan Sosial Orang Tua Terhadap Motivasi Berprestasi. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 1(1). http://ejournal.upg45ntt.ac.id/index.php/ciencias/index

Damanik, R. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Berprestasi Mahasiswa. Jurnal Serunai Ilmu Pendidikan, 6(1).

Dianto, M. (2018). Kontribusi Dukungan Sosial Terhadap Motivasi Berprestasi Siswa Di

Hikmah, Nurul. (2014). Hubungan Antara Self Esteem Dengan Motivasi Berprestasi Pada Mahasiswa Penerima Beasiswa Bidikmisi UIN Sunan Ampel Surabaya. Skripsi. Surabaya: FPK Universitas Islam Negeri Sunan Ampel.

Lang, J. W. B., & Fries, S. (2006). A revised 10-item version of the Achievement Motives Scale: Psychometric properties in German-speaking samples. European Journal of Psychological Assessment, 22, 216-224.

Rahayu, D. M. (2017). Hubungan Antara Harga Diri Dengan Motivasi Berprestasi Siswa Kelas XI Di SMA Negeri 1 Salatiga. Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana.

Sinaga, R. D. (2022). Hubungan Dukungan Sosial Dengan Motivasi Belajar Mahasiswa Baru Angkatan 2021 Di Masa Pandemi Covid-19, 10(1).

Sulastri, N. K. R. W., Rapi, N. K., & Rachmawati, D. O. (2020). Hubungan Antara Harga Diri Dan Motivasi Berprestasi Dengan Prestasi Belajar Fisika Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, 10(1).

Syanti, W. R. (2019). Pelatihan Self-Esteem Pada Remaja Di Panti Asuhan “X” Surabaya. Jurnal Psikologi Ilmiah, 10–20. http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/INTUISI

Toding, W. R. B., David, L., & Pali, C. (2015). Hubungan Dukungan Sosial Dengan Motivasi Berprestasi Pada Mahasiwa Angkatan 2013 Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi. Jurnal e-Biomedik (eBm), 3(1).

Wahyuni, J. (2014). Pengaruh Harga Diri, Academic Locus of Control, dan Dukungan Sosial terhadap Penyesuaian Perguruan Tinggi (Collage Adjustment) pada Mahasiswa Tahun Pertama UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/merpsy.v15i1.19331

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Merpsy Journal

Tim Editorial Office

Merpsy Journal
Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana
(Kampus-A Meruya) Gedung E Lantai 1
Jalan Meruya Selatan No. 1, Kembangan, Jakarta Barat
Telepon : 081234880285
Jakarta
Email ([email protected])
Website (http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/merpsy)