Dampak Kecerdasan Emosional terhadap Perilaku Cyberbullying pada Siswa SMP X

Fagih Al Barru, Fatma Nuraqmarina

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah memprediksi pengaruh kecerdasan emosional terhadap perilaku cyberbullying pada siswa. Kecerdasan emosional yang dimiliki para siswa dinilai memiliki peran penting terhadap terjadinya perilaku cyberbullying, Cyberbullying adalah salah satu faktor yang mempengaruhi kecerdasan emosional. Penelitian ini merupakan penelitian kuantiatif dengan jenis penelitian korelasional dan menggunakan teknik sampling jenuh. Sebanyak 177 siswa yang bersekolah di SMP X menjadi responden penelitian. Alat ukur yang digunakan untuk untuk mengukur perilaku cyberbullying adalah skala perilaku cyberbullying yang mengacu pada aspek-aspek perilaku cyberbullying Willard (2007) yang dikembangkan oleh Larasati dan Fitria (2016), dan alat ukur kecerdasan emosional adalah skala Goleman’s refinement model of emotional intelligence dari Goleman (2001) yang dikembangkan oleh  Khaili (2011). Hasil analisis regresi sederhana menunjukkan adanya pengaruh  kecerdasan emosional terhadap perilaku cyberbullying, dimana kecerdasan emosional menurunkan perilaku cyberbullying. Disimpulkan bahwa semakin tinggi kecerdasan emosional yang dimiliki maka akan semakin rendah juga perilaku cyberbullying yang terjadi, dan begitupun sebaliknya.

Keywords


Kecerdasan emosional, Perilaku Cyberbullying, Siswa

Full Text:

PDF

References


Adawiyah, S. R. (2019, November). Faktor-faktor yang mempengaruhi cyberbullying pada remaja. In Prosiding Seminar Nasional Magister Psikologi Universitas Ahmad Dahlan (pp. 398-403).

Alkatiri, N., & Ambarini, T. K. (2017). Jurnal Psikologi Klinis dan Kesehatan Mental. Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Perilaku Cyberbullying Pada Remaja Madya Di Surabaya, 6, 67-69. http://journal.unair.ac.id/download-fullpapers-jpkk4aab6a41cffull.pdf

Arianty, R. (2018). Pengaruh konformitas dan regulasi emosi terhadap perilaku cyberbullying. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 6(4). http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v6i4

Baroncelli, A., & Ciucci, E. (2014). Unique effects of different components of trait emotional intelligence in traditional bullying and cyberbullying. Journal of adolescence, 37(6), 807-815..

Brackett, M. A., Rivers, S. E., & Salovey, P. (2011). Emotional intelligence: Implications for personal, social, academic, and workplace success. Social and Personality Psychology Compass. 5(1), 88-103. doi:10.1111/j.17519004.2010.00334.x

Budi, A. S., & Nusantoro, E. (2022). The Influence of Emotional Intelligence and Self-Control of Cyberbullying in Students at MTs Ma’arif Temanggung. FOCUS, 3(1), 59–63. https://doi.org/10.37010/fcs.v3i1.599

Desiningrum, D. R., Indriana, Y., & Siswati, S. (2017). Intensi penggunaan gadget dan kecerdasan emosional pada remaja awal. Prosiding Temu Ilmiah Nasional X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia, 1.

Fitri, N. F., & Adelya, B. (2017). Kematangan emosi remaja dalam pengentasan masalah. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 2(2), 30-39.

Fletcher, A., Fitzgerald-Yau, N., Jones, R., Allen, E., Viner, R. M., & Bonell, C. (2014). Brief report: Cyberbullying perpetration and its associations with socio-demographics, aggressive behaviour at school, and mental health outcomes. Journal of Adolescence, 37(8), 1393–1398. doi:10.1016/j.adolescence.2014.10.005

Goleman, D. (2001). An EI-based theory of performance. In C. Cherniss & D. Goleman (Eds.), The Emotionally Intelligent Workplace. San Francisco: Jossey-Bass.

Goleman, D. (2007). Working with Emotional Intelligence. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Goleman, D. (2009). Emotional Intelligence: Why It can matter more than IQ. Battam Books.

Hastuti, R. Y., & Baiti, E. N. (2019). Hubungan kecerdasan emosional dengan tingkat stress pada remaja. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 8(2), 84-93.

Hurlock. (1999). Psikologi perkembangan: Suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan. Jakarta: Erlangga.

Irfan, I. (2022). Cyberbullying: Varian Perundungan terhadap Anak Berbasis Digital. Jurnal Litigasi Amsir, 10(1), 112-117.

Jati, G. W., & Yoenanto, N. H. (2013). Kecerdasan Emosional Siswa Sekolah Menengah Pertama Ditinjau dari Faktor Demografi. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan, 2(2), 109-123.

Khairunnisa, R., & Alfaruqy, M. Z. (2022). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Cyberbullying Di Media Sosial Twitter Pada Siswa Sman 26 Jakarta. Jurnal Empati, 11(4), 260-268.

Khalili, A. (2011). Examining the relevance of emotional intelligence and organizational commitment among employees of small and medium enterprise in private sector. International Journal of Business and Management, 6(12), 180.

Kowalski, R. M., Limber, S. P., & McCord, A. (2019). A developmental approach to cyberbullying: Prevalence and protective factors. Aggression and Violent Behavior, 45, 20-32.

Larasati, A., & Fitria, M. (2016). Kecenderungan Perilaku Cyerbullying Ditinjau dari Traits dalam Pendekatan Bigfive Personality pada Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri di Kota Yogyakarta. Jurnal psikologi integratif, 4(2), 161-182.

MalihahZ., & AlfiasariA. (2018). Perilaku Cyberbullying pada Remaja dan Kaitannya dengan Kontrol Diri dan Komunikasi Orang Tua. Jurnal Ilmu Keluarga & Konsumen, 11(2), 145-156. https://doi.org/10.24156/jikk.2018.11.2.145

Pinar, S. E., Cesur, B., Koca, M., Sayin, N., & Sancak, F. (2017). Emotional Intelligence Levels and Cyberbullying Sensibility among Turkish University Students. International Online Journal of Educational Sciences, 9(3).

Samodra, P. B., Noviekeyati, I . G. A. A., & Rina, A. P. Sukma (2022). Kecenderungan perilaku Cyberbullying pada remaja pengguna media sosial: bagaimana peran regulasi emosi ?. Jurnal Penelitian Psikologi, 3(2) 122 – 131. DOI: https://doi.org/10.30996/sukma.v3i2.7842

Tokunaga, R. S. (2010). Following you home from school: A critical review and synthesis of research on cyberbullying victimization. Computers in human behavior, 26(3), 277-287.

Willard, N. (2007). Cyberbullying and cyberthreats. Washingthon: U.S. Department of Education.




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/merpsy.v15i2.20119

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Merpsy Journal

Tim Editorial Office

Merpsy Journal
Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana
(Kampus-A Meruya) Gedung E Lantai 1
Jalan Meruya Selatan No. 1, Kembangan, Jakarta Barat
Telepon : 081234880285
Jakarta
Email ([email protected])
Website (http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/merpsy)