Binge-watching terhadap Stres Akademik pada Mahasiswa yang Sedang Menyusun Skripsi Pada Masa pandemi Covid-19

Yelda Aryadila Pasay, Iriani Indri Hapsari, Santi Yudhistira

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh binge-watching terhadap stres akademik pada mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi di masa pandemi COVID-19. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 508 mahasiswa di JABODETABEK yang sedang menyusun skripsi dan dalam kurun waktu 6 bulan terakhir. Alat ukur yang digunakan adalah Student-life Stress Inventory (SSI) dan Binge-watching Engagement and Symptom Questionnaire (BWESQ). Uji statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linier sederhana. Hasil analisis pada penelitian ini menunjukkan bahwa nilai signifikansi = 0,000 < 0,05, dengan nilai R square sebesar 0,505. Sehingga dapat dikatakan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara binge watchin terhadap stres akademik sebesar 50,5% dengan arah positif, sehingga tingkat stres akademik juga lebih tinggi pada mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi di masa pandemi COVID-19.

Keywords


Stres akademik, binge-watching, mahasiswa yang sedang menulis skripsi, covid-19

Full Text:

PDF

References


Arityana, A. (2020). Hubungan perilaku bingewatching dengan Academic Stress pada remaja penggemar k-pop. Brawijaya Knowledge Garden.

Azizah, J. N. dan Yohana W. S. (2021). Hubungan antara hardiness dengan stres akademik pada mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi selama pandemi covid-19. Character: Jurnal Penelitian Psikologi UNES, 8(1), 212-223.

Barseli, M. dan Ifdil, F. (2017). Konsep stress akademik siswa. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 5(3), 143-148. https://doi.org/10.29210/119800 Creswell, J. W. (2014). Research design: qualitative, quantitative and mixed methods approaches, 4 Edition. London: Sage

Fauziyyah, R., Awinda, R. C., dan Bersal. (2021). Dampak pembelajaran jarak jauh terhadap tingkat stres dan kecemasan mahasiswa selama pandemi covid-19. Bikfokes, 1(2)

Flayelle, M., Canale, N., Vögele, C., Karila, L., Maurage, P., & Billieux, J. (2019). Assessing binge-watching behaviors: development and validation of the watching tv series motives and bingewatching engagement and symptoms questionnaires. Computers in Human Behavior, 90, 26–36. https://doi.org/10.1016/j.chb.2018.08.022

Gadzella, Bernadette M. (1994). Student-life stress inventory-identification of and reactions to stressors. Psychological Reports, 74(2). Pp.395-402 [doi 10.2466_pr0.1994.74.2.395]

Hanifah, Neza., dkk. (2020). Strategi coping stress saat kuliah daring pada mahasiswa psikologi angkatan 2019 universitas andalas. Jurnal Lsikologi Tabularasa Universitas Andalas, (April), 29-43

KumparanTECH (2020). Jumlah pengguna internet indonesia tahun 2020 capai 196,7 juta, naik karena wfh. Kumparan.com. Diambil dari : https://kumparan.com/ kumparantech/jumlah-pengguna-internetindonesia-tahun-2020-capai-196-7-jutanaik-karena-wfh-1uYnJ729dTL

LIPI Press (2021). Sirkulasi film platform streaming di indonesia. Lipipress.lipi.go.id. Diambil dari : https://lipipress.lipi.go.id/ detailpost/sirkulasi-film-platformstreaming-di-indonesia

Merril, K & Rubenking, B (2019). Go Long or Go often : Influences on Binge Watching Frequency and Durationamong College Students. Social sciences. (1):10. DOI:10.3390/socsci8010010

Nst, M. Solih; Purwoningsih, Emni; Gultom, D.P; Fujiati, IstiI. (2018). Pengaruh penulisan skripsi terhadap simtom depresi dan simtom kecemasan pada mahasiswa fakultas kedokteran universitas muhammadiyah sumatera utara angkatan 2014. Jurnal Ibnu Sina Biomedika, 151(2), 10–17.

Pragholapati, Andria., dkk. (2021). Indonesian adaptation of student-life inventory: psychometric properties and factor structure. Nursing Departement, Fakultas Pendidikan Olah Raga Kesehatan, Universitas Pendidikan Indonesia.

Primanovanti, Mazaya Azzahra. (2021). Hubungan antara Self-Control dengan BingeWatching pada Dewasa Awal di Jakarta Selama Pandemi COVID-19. Universitas Negri Jakarta

Ramanda, P., Sagita, D., D. (2020). Stres akademik mahasiswa dalam menyusun skripsi dimasa pandemi covid-19. Jurnal KOPASTA, 7(2), 94-100.

Raza, S. H., dkk. (2021). Investigating bingewatching adverse mental health outcomes during covid-19 pandemic: moderating role of screen time for web series using online streaming. Dove Medical Press Limited,1(14), 1615-1629. https://doi.org/10.2147/PRBM.S328416

Santrock, John W. (2009). Perkembangan Anak. Edisi 11. Jakarta. Erlangga

Sarafino, E. P. (2006). Health psychology: Biopsychosocial interactions 5th edition. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.

Steiner, E., & Xu, K. (2018). Binge-watching motivates change: uses and gratifications of streaming video viewers challenge traditional tv research. SAGE Journal, 26(1), 82–101. https://doi.org/10.1177/1354856517750365

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Vaterlaus, J. M., Spruance, L. A., Frantz, K., & Kruger, J. S. (2018). College student television binge-watching: conceptualization, gratifications, and perceived consequences. Social Science Journal, 56(4), 470–479. https://doi.org/10.1016/j.soscij.2018.10.004

WHO. (2020). Covid-19 situation report. World Health Organization, 31(2), 61–66.




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/merpsy.v15i2.20498

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Merpsy Journal

Tim Editorial Office

Merpsy Journal
Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana
(Kampus-A Meruya) Gedung E Lantai 1
Jalan Meruya Selatan No. 1, Kembangan, Jakarta Barat
Telepon : 081234880285
Jakarta
Email ([email protected])
Website (http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/merpsy)