WEBSITE UNTUK SUPPLY DEMAND KEDELAI PRODUKSI DALAM NEGERI GUNA MENJAGA KESTABILAN PERSEDIAAN KEDELAI
Abstract
Selama ini koperasi ngudi makmur 2 menggunakan metode konvensional dalam menjalankan pemasaran produk hasil tani terutama produk kedelai. Anggota melakukan transaksi jual beli menggunakan telpon atau secara langsung kepada pembeli. Metode konvensional ini membutuhkan waktu dan tenaga yang besar serta hasil dari pemasaran yang diharapkan tidak efektif. Penelitian ini untuk mengatasi permasalahan dalam ketahanan pangan kedelai yaitu aksesibilitas dengan memetahkan alur supplay demand, kemudian membuat aplikasi sehingga transaksi dilakukan dengan cara on line, Untuk mewujudkan ketersediaan kedelai dengan mencukupi kebutuhan dan harga yang stabil. Selanjutnya untuk mempermudah pengguna yang terkait dengan kegiatan investasi dan transaksi jual beli kedelai produksi dalam negeri. Dengan menerapkan sistem penjualan online berbasis teknologi diharapkan akan terjadi saling terintegrasi dan dapat saling berkordinasi serta berbagi informasi antar penyedia dan pengguna kedelai. Dari penelitian ini dihasilkan kelompok tani yang dapat menggunakan transaksi/Supply Demand Secara Online.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustina Shinta, (2011). Manajemen Pemasaran, Universitas Brawijaya Press, Malang, Indonesia
BPS, (2019) Kerangka Sampel Area
BPS, (2021) Laporan Statistik Pertanian.
Efendi, F. S., Nugroho, B. A., & Andhika, D. F. (2015). Aplikasi Tempat Kos di Kota Kediri Berbasis Web Gis dan CSS Bootstrap. Jurnal Informatika dan Multimedia, 7(1), 29-35.
Fathansyah, (2001). Basis Data, Bandung : C.V. Informatika
Felicia W., Andy, Vincent, Steven, dan Rahmat A. H., (2019). Pengaruh Saluran Distribusi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Alat Kesehatam Merk Omron pada PT. Sumber Medika Indonesia Medan (Distributor Alat Kesehatan)
Gunadi, I.M dan Lirva32, (2007). Joomla Website Magic:dengan Joomla Bikin Website Semudah Memasak Mie Instan, Jakarta : Jasakom
Jauhari, J., (2010). Upaya Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dengan Memanfaatkan E-Commerce, Jurnal Sistem Informasi, 2(1),159-168.
Jinling, C., Tong, S., Chunan, L., and Tao, S., (2009). Modeling E-Commerce Website Quality with Quality Function Deployment, IEEE
Kendall, K.E. dan Kendall, J E., (2003). Analisis dan Perancangan Sistem, Edisi terjemahan, Jakarta: PT. Intan Sejati.
M.Arfa A. Candra dan Ika A. Wulandari, (2021). Sistem Informasi Berprestasi Berbasis Web Pada SMP Negeri 7 Kota Metro
https://onlinelearning.binus.ac.id, diakses pada tanggal 24 September 2021
McLeod, R., (2004). Sistem Informasi Manajemen, Edisi terjemahan, Jakarta : Prenhallindo.
Nugrahani, D.S., (2011). E-Commerce untuk Pemasaran Produk Usaha Kecil dan Menengah, SEGMEN Jurnal Manajemen dan Bisnis, 1, 1-16
Quaddus, M. and Xu, J, (2008). Adoption of eCommerce: A Decision Theoretic Framework
and an Illustrative Application, 10th International Conference on Computer and Information Technology
Supardi, J., (2009). Rancang Bangun Collaborative Sistem Pemasaran Hotel Secara On-line dengan Pendekatan Mediator Based, Jurnal Sistem Informasi, 1(2).
Syafrizal, M., (2005). Pengantar Jaringan Komputer,Yogyakarta : Andi Offset.
Vidyantina H. A dan A. D., (2018). Analisis Peran Strategis Teknologi Informasi di PerusahaanPenyelenggara Pos, Junal Penelitian Pos dan Informatika, Vol.8, No.1
DOI: http://dx.doi.org/10.22441/pasti.2022.v16i2.009
Refbacks
Jurnal PASTI (Penelitian dan Aplikasi Sistem dan Teknik Industri)
Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Mercu Buana
Jl. Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta Barat 11650
Tlp./Fax: +62215871335
p-ISSN: 2085-5869 / e-ISSN: 2598-4853
http://journal.mercubuana.ac.id/index.php/pasti/
This journal is indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.