PELATIHAN KARYA TULIS ILMIAH BAGI MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA STKIP HERMON TIMIKA
Abstract
Karya ilmiah sebagai salah satu elemen penting dalam proses perkuliahan terkadang masih dianggap momok oleh sebagian mahasiswa. Hal tersebut terjadi karena banyaknya elemen-elemen penting yang harus diperhatikan mahasiswa. Adapun karya ilmiah yang dimaksud adalah makalah, laporan penelitian, skripsi, dan lain sebagainya. Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah: (1) meningkatkan wawasan pengetahuan bagi mahasiswa tentang pentingnya menulis karya tulis ilmiah; (2) meningkatkan wawasan kemampuan bagi mahasiswa tentang teknik dan tatacara menulis karya ilmiah; (3) memberikan wawasan pengetahuan bagi mahasiswa tentang pentingnya peningkatan kualitas dan kuantitas karya ilmiah; (4) meningkatkan wawasan pengetahuan bagi mahasiswa tentang aplikasi parafrase dan aplikasi plagiat karya tulis ilmiah; (5) meningkatkan pengetahuan bagaimana mendapatkan situs-situs yang bisa digunakan untukan untuk mendownload buku secara gratis. Kegiatan penyusunan artikel ilmiah dilakukan selama 3 bulan dengan 12 kali pertemuan secara online melalui WA Group untuk diskusi dan presentasi dilaksanakan dengan menggunakan google meet dengan jumlah peserta sebanyak 20 mahasiswa. Keberhasilan ini juga ditunjukkan dengan dihasilkannya 15 naskah proposal yang sudah disesuaikan dengan template skripsi STKIP Hermon Timika.
Full Text:
PDFReferences
Aisyah, S., Noviyanti, E., & Triyanto. (2020). Bahan Ajar Sebagai Bagian dalam Kajian Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Salaka, 2, hlm. 62-65.
Aina, M., Bambang, H., Retni, S. B., Afreni, H., & Sadikin, A. (2015). Pelatihan penulisan karya tulis ilmiah bagi guru guru SMA 8 Kota Jambi. Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 30(3).
Arif Widodo, Abdul Kadir Jaelani, Setiani Novitasari, Deni Sutisna, M. E. (2020) ‘Analisis Kemampuan Menulis Makalah Mahasiswa Baru PGSD Universitas Mataram’, Didika: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1).
Dalman. 2015. Keterampilan Menulis. Depok: Rajawali Pers.
Nirwana & Ruspa, Abd. Rahim (2020). Kemampuan Menulis Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Prodi Informatika Universitas Cokroaminoto Palopo. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa dan Sastra (PBSI) FKIP Universitas Cokroaminoto Palopo, 6 (1), 557-566.
Persadha, D. A. K. (2016) ‘Studi Kompetensi Kemampuan Menulis di Kalangan Mahasiswaa’, MUADDIB, 6(1).
Saman, S. & Bakhtiar, M. I. (2018). Karya Tulis Ilmiah Bagi Mahasiswa Stkip Andi Matappa Kabupaten Pangkep. Jurnal Terapan Abdimas, Vol.3, No.1, hlm. 39- 43
Susanto, A. (2013) Teori Belajar dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Siregar, N. A. dan A. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Literasi Membaca Bahasa Indonesia Yang Berkemajuan, Prosiding Pekan Seminar Nasional (Pesona).
Tarigan, Hendry Guntur. 2013. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Wahyuni, E. S. (2016). Pengaruh kemampuan berpikir kritis, pemahaman bacaan, dan pengaturan diri terhadap kemampuan menulis ilmiah. Ranah, 4 (1), 120-132.
DOI: http://dx.doi.org/10.22441/pemanas.v2i1.15256
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
The Journal is Indexed and Journal List Title by: