PELATIHAN CARA MEMBUAT VIDEO PEMBELAJARAN YANG INTERAKTIF DAN KONSTRUKTIF UNTUK GURU MATEMATIKA SMP YAPIS TIMIKA

Subhanudin Subhanudin, A. Rasul, Habibi Sutirta, Ruben Sonda, Densemina Yunita Wabdaron

Abstract


Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk melatih guru-guru matematika SMP Yapis Timika, agar dapat membuat dan mengembangkan video pembelajaran matematika yang interaktif dan konstruktif. Tim pengabdian mengajak kerja sama guru-guru Matematika di SMP Yapis Timika, untuk melaksanakan kegiatan ini. Berdasarkan hasil suvei awal diperoleh bahwa masih sedikit guru matematika yang belum memanfaatkan dan mengembangkan video pembelajaran sebagai media pembelajaran yang interaktif dan konstruktif.  Metode yang digunakan pada kegiatan pengabdian ini adalah pelatihan yang dilaksanakan secara tatap muka dan secara online melalui aplikasi Google Meet. Pertemuan I dilaksanakan secara tatap muka pada tanggal 12 Januari 2021 di SMP Yapis Timik. Pertemuan II, III dan IV dilaksanakan secara online pada 15, 18 dan 29 Januari 2021. Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah guru mampu membuat dan mengembangkan media pembelajaran matematika dengan menggunakan salah satu aplikasi Ms. Power Point, merekam media pembelajaran tersebut dengan menggunakan aplikasi, menambahkan intro video pembelajaran dengan menggunakan aplikasi Intro Maker, dan menggabungkannya dengan menggunakan aplikasi Bandi Cut sehingga menjadi salah satu video pembalajaran matematika yang interaktif dan konstruktif. Kesimpulan dari kegiatan pelatihan ini adalah guru dapat membuat dan mengembangkan video pembelajaran matematika yang interaktif dan konstruktif dengan baik.


Full Text:

PDF

References


Afrida, A., Harizon, H., Bakar, A., & Sanova, A. 2018. Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Multimedia Sebagai Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesionalisme dan Kreativitas Guru-Guru SMA Muaro Jambi. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 2(1), 15–22. https://doi.org/10.22437/jkam.v2i1.5426

Ekawati, R., Manuharawati, M., Palupi, E. L. W., & Fardah, D. K. 2016. Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Matematika Melalui Video-Based Stud. Jurnal ABDI, 1(2), 134. https://doi.org/10.26740/ja.v1n2.p130-134

Krisna, F. P. P., & Marga, M. H. P. 2018. Pemanfaatan Video Untuk Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah Kontekstual Pada Topik Aljabar | Krisna | Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia, 400–405. http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/etnomatnesia/article/view/2354

Mertha, I. G., Rahayu, S., & Lestari, N. 2019. Workshop Teknik Pembuatan Video Pembelajaran Pada Guru-Guru SMP N 1 Gunungsari Lombok Barat. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 2(1), 1–5. http://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JPPM/article/view/990

Saman, S., Ma’rufi, M., & Tiro, A. 2019. Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Dalam Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Persamaan Linear Dua Variabel. Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika. PEDAGOGY, 4(1), 1–12. http://www.journal.uncp.ac.id/index.php/Pedagogy/article/view/1426

Suryansah, T., & Suwarjo, S. 2016. Pengembangan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas IV SD. Jurnal Prima Edukasia, 4(2), 221. https://doi.org/10.21831/jpe.v4i2.8393




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/pemanas.v2i1.15378

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

View My Stats

 

The Journal is Indexed and Journal List Title by: