SOSIALISASI PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS APLIKASI NEARPOD

Eliyani Eliyani, Saruni Dwiasnati, Wawan Gunawan, Yudo Devianto

Abstract


Semenjak maraknya wabah virus COVID-19 di Indonesia, pemerintah mengeluarkan kebijakan dalam bidang pembelajaran secara daring  hal ini di lakukan untuk mengupayakan agar penyebaran  virus dapat di minimalisirkan. Pembelajaran  daring  sendiri  merupakan  suatu  sistem  pembelajaran yang tergolong  baru,  sehingga  banyak  tenaga  kependidikan  yang  belum  sepenuhnya memahami pola pembelajaran dari sistem secara daring. Akibat dari hal itu muncullah berbagai polemik pada saat pelaksanaan pembelajaran daring di lapangan, seperti penyampaian materi  pembelajaran  yang  kurang  maksimal  terutama  pada  mata pelajaran yang harus di jelaskan oleh guru di depan kelas. Tujuan  dari pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk memberikan  alternatif cara dalam mengatasi masalah pembelajaran secara daring, yakni dengan menggunakan media video pembelajaran interaktif berbasis aplikasi nearpod. Langkah pembuatan media ini terdiri dari: pengajar harus membuat video pembelajaran yang menarik terlebih dahulu, kemudian video tersebut diunggah pada aplikasi youtube, setelah itu pengajar mempersiapkan ruang kelas virtual pada  aplikasi  nearpod  serta  menyisipkan  beberapa  pertanyaan/topik  diskusi. Kelebihan  dari  penggunaan  media  ini  adalah  dapat  diakses  dengan  mudah melalui berbagai perangkat elektronik dan dapat membuat siswa terlibat  aktif dalam pembelajaran.


Full Text:

PDF

References


Biassari, I., Putri, K. E., & Kholifah, S. 2021. Peningkatan Hasil Belajar Matematika pada Materi Kecepatan Menggunakan Media Video Pembelajaran Interaktif di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2322–2329.

E. Nugroho, “Prinsip-prinsip Menyusun Kuesioner”. Cetakan Pertama: Universitas rawijaya Press, 2018.

Muchlis, Christian, A., & Sari, M.P., "Kuesioner Online Sebagai Media Feedback Terhadap Pelayanan Akademik pada STMIK Prabumulih". Jurnal Eksplora Informatika, Vol. 8, No. 2, pp. 149-157, 2019.

Sadikin, A., & Hamidah, A. 2020. Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik:Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(2), 214–224. DOI: https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759

Sukur, Halim,M.,Kurniadi, B., Haris, & Faradillahisari, R. 2020. Penanganan Pelayanan Kesehatan di Masa Pandemi Covid-19 dalam Perspektif Hukum Kesehatan. Journal Inicio Legis, 1(1), 1–17. https://journal.trunojoyo.ac.id/iniciolegis/article/download/8822/4912

Yuliana. 2020. Corona Virus Diseases (COVID-19); Sebuah Tinjauan Literatur. Wellness and Healthy Magazine, 2(1), 187–192. DOI: https://doi.org/10.2307/j.ctvzxxb18.12.




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/pemanas.v2i2.16605

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.22441/pemanas.v2i2.16605.g6479

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

View My Stats

 

The Journal is Indexed and Journal List Title by: