SOSIALISASI PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS APLIKASI NEARPOD
Abstract
Semenjak maraknya wabah virus COVID-19 di Indonesia, pemerintah mengeluarkan kebijakan dalam bidang pembelajaran secara daring hal ini di lakukan untuk mengupayakan agar penyebaran virus dapat di minimalisirkan. Pembelajaran daring sendiri merupakan suatu sistem pembelajaran yang tergolong baru, sehingga banyak tenaga kependidikan yang belum sepenuhnya memahami pola pembelajaran dari sistem secara daring. Akibat dari hal itu muncullah berbagai polemik pada saat pelaksanaan pembelajaran daring di lapangan, seperti penyampaian materi pembelajaran yang kurang maksimal terutama pada mata pelajaran yang harus di jelaskan oleh guru di depan kelas. Tujuan dari pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk memberikan alternatif cara dalam mengatasi masalah pembelajaran secara daring, yakni dengan menggunakan media video pembelajaran interaktif berbasis aplikasi nearpod. Langkah pembuatan media ini terdiri dari: pengajar harus membuat video pembelajaran yang menarik terlebih dahulu, kemudian video tersebut diunggah pada aplikasi youtube, setelah itu pengajar mempersiapkan ruang kelas virtual pada aplikasi nearpod serta menyisipkan beberapa pertanyaan/topik diskusi. Kelebihan dari penggunaan media ini adalah dapat diakses dengan mudah melalui berbagai perangkat elektronik dan dapat membuat siswa terlibat aktif dalam pembelajaran.
Full Text:
PDFReferences
Biassari, I., Putri, K. E., & Kholifah, S. 2021. Peningkatan Hasil Belajar Matematika pada Materi Kecepatan Menggunakan Media Video Pembelajaran Interaktif di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2322–2329.
E. Nugroho, “Prinsip-prinsip Menyusun Kuesioner”. Cetakan Pertama: Universitas rawijaya Press, 2018.
Muchlis, Christian, A., & Sari, M.P., "Kuesioner Online Sebagai Media Feedback Terhadap Pelayanan Akademik pada STMIK Prabumulih". Jurnal Eksplora Informatika, Vol. 8, No. 2, pp. 149-157, 2019.
Sadikin, A., & Hamidah, A. 2020. Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik:Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(2), 214–224. DOI: https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759
Sukur, Halim,M.,Kurniadi, B., Haris, & Faradillahisari, R. 2020. Penanganan Pelayanan Kesehatan di Masa Pandemi Covid-19 dalam Perspektif Hukum Kesehatan. Journal Inicio Legis, 1(1), 1–17. https://journal.trunojoyo.ac.id/iniciolegis/article/download/8822/4912
Yuliana. 2020. Corona Virus Diseases (COVID-19); Sebuah Tinjauan Literatur. Wellness and Healthy Magazine, 2(1), 187–192. DOI: https://doi.org/10.2307/j.ctvzxxb18.12.
DOI: http://dx.doi.org/10.22441/pemanas.v2i2.16605
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
The Journal is Indexed and Journal List Title by: