Pelatihan Strategi Pemasaran berbasis Digital Produk UMKM Kampung Tematik Drum Bujana Tigaraksa, Tangerang

Miyv Fayzhall, Winanti Winanti, Sri Lestari, Francisca Sestri Goestjahjati, Sucipto Basuki, Novan Kariyadi, Badriyatul Lael, Adi Prasetyo Nugroho, Rosi Mulyani, Niken Yulia Rahmandani, Adellia Rosita Aulia

Abstract


Kegiatan dilaksanakan selama tujuh bulan dan salah satu kegiatan yang dilakukan adalah pelatihan strategi pemasaran berbasis digital untuk produk UMKM yang ada di kampung tematik Drum Bujana.  Para pelaku usaha yang ada di kampung tematik Drum Bujana terdiri dari kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan), para pelaku industri kreatif dan para pelaku usaha makanan kue dan olahan serta kursi dari drum. Topik dipilih dari beberapa masukan dari beberapa pelaku UMKM di Drum Bujana bahwa mereka terkendala dengan pemasaran yang masih dalam lingkup yang masih relative sedikit. Tujuan pelatihan ini memberikan pemahaman kepada para pelaku UMKM Drum Bujana dalam hal strategi pemasaran secara digital dan diikuti oleh para pelaku UMKM di kampung tematik Drum Bujana sebanyak41 peserta. Setelah narasumber menjelaskan secara detail, para peserta secara interaktif sehingga suasana pelatihan menjadi hidup dan maksimal terbukti dengan peserta yang langsung bertanya seputar produk yang dimiliki dan bagaimana memasarkan secara online di media social.


Full Text:

PDF

References


Analisis Strategi Pemasaran Online. (2020). Al-Sharf: Jurnal Ekonomi Islam. https://doi.org/10.56114/al-sharf.v1i3.98

Herudiansyah, G., Sahri, Y., Hasanah, T., Andayani, M., & Nugraha, R. (2021). Pedampingan Manajemen Tata Kelola Bumdes Dan UMKM Di Desa Payo Kecamatan Merapi Barat Kabupaten Lahat.Suluh Abdi, 3(2). https://doi.org/10.32502/suluhabdi.v3i2.3976

Kusuma, J. W., Maliki, B. I., & Fatoni, M. (2020). Peran Pendidikan Dalam Menyiapkan Bisnis Tradisional Memasuki Era Digital. EDUSAINTEK : Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi,7(1). https://doi.org/10.47668/edusaintek.v7i1.57

Leksono, B. B., & Putra, R. (2022). Strategi Pengembangan Usaha Produk Dangkrik di Dusun Kulubanyu, Kabupaten Mojokerto. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 2(1). https://doi.org/10.54082/jamsi.224

Pemkabtangerang. (2022). Pelepasan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat STMIK dan STIE Insan Pembangunan. Pemkabtangerang.

Pradiani, T. (2018). Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 11(2). https://doi.org/10.32812/jibeka.v11i2.45

Repost Profil Kampung Tematik Drum Bujana - STIE & STMIK Insan Pembangunan - YouTube. (2022).

RI, K. K. dan U. (2008). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha, Mikro, Kecil, dan Menengah.

Suhesti, E. (2018). Analisis Efisiensi Dan Keuntungan Usaha Tani Tebu Metode Konvensional Dan Single Bud Planting (Studi Kasus Di Kecamatan Panji Kabupaten Situbondo). CERMIN: Jurnal Penelitian, 2(2). https://doi.org/10.36841/cermin_unars.v2i2.238

Surenggono, S., Erdiana, A., & Djamilah, S. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Strategi UMKM Dalam Meningkatkan Penjualan Di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 4(1). https://doi.org/10.32493/j.pdl.v4i1.13178




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/pemanas.v2i2.17453

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.22441/pemanas.v2i2.17453.g6442

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

View My Stats

 

The Journal is Indexed and Journal List Title by: