Peningkatan Komunikasi Diadik Dalam Membangun Pentingnya Pola Hidup Sehat Di Cilincing Jakarta Utara

Vania Utamie Subiakto

Abstract


Pada umumnya masyarakat di Indonesia khususnya di Ibukota DKI Jakarta melakukan komunikasi baik melalui orang tua, anak, organisasi masyarakat maupun di dalam dunia kerja. Komunikasi selalu hadir dimana saja dan selalu ada pada setiap kesempatan. Pentingnya penguasaan dalam kemampuan komunikasi bagi manusia harus memiliki kecerdasaan itu sendiri. Salah satu dengan cara memperoleh kecerdasan melalui pendidikan. Pendidikan merupakan metode atau cara mendidik seorang anak menjadi memiliki karakter di dalam masyarakat. Dengan pendidikan berbagai metode literasi dalam komunikasi mampu memberikan informasi dari berbagai aspek, khususnya aspek menjaga pola kesehatan dari berbagai macam polusi. Di Wilayah Cilincing, Jakarta Utara, banyak sekali permasalahan yang ditemui disana mulai dari besarnya kecelakaan lalu lintas, polusi udara dan lain lainnya. Polusi tersebut berasal dari perusahaan batubara yang berdiri diwilayah Jakarta Utara. Selain polusi udara terdapat bau yang tidak sedap dari pantai yang bermuara di daerah Jakarta Utara. Oleh karena itu, dengan adanya kegiatan pengabdian masyarakat ini, diharapkan mampu memberikan pemahaman mengenai pentingnya Lingkungan Sehat Dari Polusi Udara yang banyak di wilayah Jakarta Utara ini. Dengan adanya proses Komunikasi Diadik seyogyanya mampu memberikan komunikasi dua arah antara orang tua kepada anak, mapun komunikasi dengan tetangga sekitar lingkungan rumah mengenai Lingkungan sehat dari polusi udara batubara yang terjadi di wilayah Jakarta Utara.

Full Text:

PDF

References


Akbar Adhitya, diakses di http://statistik.jakarta.go.id/kualitas-udara-dki-jakarta-di-2019/ pada tanggal 20 Januari 2020.

Ester Krisnawati,Yovita Priska Hanasih, (2016), Proses Komunikasi Diadik Antara Guru Dengan siswa Tunagrahita Ringan (Studi Kasus Di Smp Negeri 10 Pekalongan, Jurnal Ilmiah komunikasi 5(2), 95.

Firmansyah M Julnis, 2019, diakses di https://fokus.tempo.co/read/1228955/polusi-debu-batu-bara-ancam-paru-paru-warga-marunda-cilincing/full&view=ok pada tanggal 25 November 2019.

Fajarta Roy Carlos, 2017, diakses di https://www.beritasatu.com/jakarta/460534/anies-baswedan-masalah-jakarta-utara-paling-rumit, pada tanggal 25 November 2019.

Makdori Yopi, (2019), diakses di https://www.liputan6.com/news/read/4008140/headline-jakarta-masuk-daftar-kota-dengan-polusi-udara-terburuk-dunia-solusinya#, pada tanggal 20 Januari 2020.

Pemerintahan Kota Administrasi Jakarta Utara, (2019), diakses di https://utara.jakarta.go.id/srv-5/news/2019/06/Sejarah-Jakarta-Utara

Subiakto Utamie Vania, (2020), Peningkatan Kapasitas Pola Komunikasi Pengolahan Sampah Berbasis Karang Taruna Di Wilayah Kembangan, Jakarta Barat, Abdi Moestopo Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat 3(2), 56.




DOI: http://dx.doi.org/10.22441/pemanas.v3i1.20183

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

View My Stats

 

The Journal is Indexed and Journal List Title by: